Jenis Suara Vocal Pria atau Laki-Laki

KelasMusik.Com -Bagi orang yang suka bernyanyi, selain mempelajari teknik vocal, penting bagi anda untuk mengetahui jenis suara vocal anda. Dengan demikian, anda akan membantu musisi atau pemain music untuk memperlancar proses latihan. Selain itu, jika anda mengetahui jenis suara anda, tentu akan sangat menguntungkan anda saat anda harus bernyani dengan vocal grup atau paduan suara karena anda bisa langsung menentukan nada apa yang akan anda bawakan. Jenis suara vocal terbagi antara jenis suara vocal laki-laki dan perempuan.

Laki-laki memiliki jenis suara satu oktaf lebih rendah daripada perempuan. Setiap suara tentu memiliki ciri khas atau karakteristik masing-masing. Maka dari itu, perlu dilakukan klasifiksi suara agar bisa mengetahui jenis suara anda. Klasifikasi tersebut bisa terbagi berdasarkan berat suara, timbre suara, dan titik transisi vocal. Dengan adanya klasifiksi tentu anda bias menggolongkan suara anda berdasarkan jenisnya. Jenis suara vocal pria atau laki-laki terbagi menjadi 4 jenis, yaitu Countertenor, Tenor, Bariton, dan juga Bas. Berikut 4 jenis suara vocal pria atau laki-laki yang perlu anda ketahui:

  1. Countertenor

Tak hanya pria atau laki-laki saja yang biasanya memiliki jenis suara countertenor ini, sebagian besar wanita juga termasuk memiliki jenis suara ini. Cakupan jenis suara vocal ini adalah sekitar 5 oktan, dengan nada yang paling rendah mulai dari G1 hingga nada yang paling tinggi mencapai G6.

  1. Tenor

Menurut istilah, kata Tenor berasal dari bahasa latin “Tenere” yang berarti menahan. Tenor merupakan jenis suara vocal dengan nada tinggi bagi laki-laki. Cakupan jenis suara vocal ini adalah nada rendah mulai dari C3 hingga A4. Jika penyanyi solo biasanya menggunakan nada C5. Beberapa penyanyi dengan jenis suara vocal ini memiliki nada hingga batas terendah Bb2 hingga nada C5. Biasanya penyanyi dengan jenis suara vocal ini bernyanyi diiringi oleh beberapa alat music seperti saksofon.

Nada tenor terendah di setiap tempat tampil berbeda-beda. Missal di opera, nada tenor terendah adalah hingga nada A2. Sedangkan di teater musical, nada tenor terendah adalah Bb2 dan Ab4. Berdasarkan rentang, warna suara atau timbre, berat suara dan ketangkasan suara, jenis suara vocal tenor terbagi menjadi 7 jenis yaitu tenore contraltal, leggero tenor, tenor lyric, tenor spint, tenor dramatis, egangan dan baritenor.

  1. Bariton

Bariton merupakan jenis suara vocal yang umumnya dimiliki para pria. Nada yang dihasilkan antara suara bas dan tenor. Menurut istilah, kata Bariton berasal dari bahasa yunani yang berarti suara dalam. Cakupan jenis suara vocal ini adalah A2 hingga A4. Berdasarkan rentang, warna suara atau timbre, berat suara dan ketangkasan suara, jenis vocal ini terbagi menjadi 9 jenis yaitu baritone Martin, Bariton Lyric, Coloratura Bariton, Kavalierbariton, heldenbaritone, Bariton Verdi, Bariton Dramatis, Bariton noble, dan bas baritone.

  1. Bass

Bas merupakan jenis suara vocal yang paling rendah. Cakupan jenis suara vocal ini adalah antara E2 hingga E4. Sedangkan nada terendah dari jenis suara vocal ini adalah C2 hingga G4. Jenis suara vocal bas terbagi menjadi 4 jenis yaitu bas profondo, bas cantante, bas buffo, dan bas baritone. Bas profondo akan menghasilkan suara yang energik dan bertenaga. Bas cantante akan menghasilkan suara yang ringan. Bas buffo biasanya digunakan di opera komik. Sedangkan bas barirone menghasilkan suara yang kuat.

Kata kunci pencarian:

nada tinggi suara asli laki laki, cara menyanyi yang benar buat pemula, 
Share this article!

Speak Your Mind

*