Jenis Suara Vocal Wanita atau Perempuan

KelasMusik.Com -Suara adalah sebuah getaran yang keluar dari rmulut melalui rongga tenggorokan. Suara juga sudah digunakan sedari kecil untuk berbicara, berkomunikasi, maupun menyampaikan maksud atau pesan kepada orang lain. Suara terbagi menjadi dua, mulai dari suara yang berkualitas atau enak didengar, maupun suara yang kurang berkualitas atau kurang enak didengar. Saat bernyanyi, terdapat beberapa jenis vocal dan setiap pria maupun wanita memiliki ciri khas suara masing-masing.

Tahukah anda bahwa pria dan wanita memiliki perbedaan dalam bersuara? Jenis suara dibedakan berdasarkan klasifikasi suara. Dengan mengenali jenis suara, seorang penyanyi akan lebih mudah saat berlatih bernyanyi dan memilih lagu yang sesuai dengan jenis suaranya. Jenis suara vocal wanita atau perempuan terbagi menjadi suara sopran untuk suara nada tinggi, suara mezzo sopran untuk suara nada sedang, dan suara contralto atau alto untuk jenis suara rendah. Setiap jenis suara tentunya memiliki ciri khas masing-masing, seperti yang dijelaskan berikut:

  1. Sopran

Menurut istilah, kata sopran berasal dari bahasa italia “Sopra” yang berarti melampaui dan juga bahasa latin “supra” yang berarti super. Degan kata lain, dapat diartikan Sopran merupakan jenis suara dengan nada paling tinggi. Nada yang dihasilkan berupa nada tinggi antara C4 hingga C6. Sedangkan batas terendah nada sopran adalah A3. Tak banyak orang yang bisa bernyanyi menggunakan nada sopran, namun jika anda rutin latihan, anda tentu bisa memproduksi nada yang lebih tinggi.

Berdasarkan sejarah, zaman dahulu, hanya para pria yang boleh bernyanyi dengan jenis suara Sopran ini, namun seiring perkembangan zaman, diberbagai gereja ataupun di opera saat orang-orang beragama Kristen rotestan, wanita juga dituntut untuk bisa membawakan lagu dengan nada Sopran tersebut.

Dalam suatu pementasan, nada sopran biasanya dibawakan dengan banyak improvisasi atau variasi nada tergantung pada lagu yang dibawakan. Jenis suara vocal ini juga terbagi berdasarkan warna vocal atau timbre, berat suara, dan ketangkasan suara. Pembagiannya meliputi 5 kategori, Sopran Coloratura, Soubrette, Sopran Lyric, Spinto Sopran dan Sopran Dramatis. SopranDramastis akan menghasilkan suara yang energik dan bertenaga sedangkan Sopran Lyric akan menghasilkan suara yang lebih halus, ringan dan cukup manis untuk didengar.

  1. Mezzo Sopran

Mezzo Sopran merupakan jenis suara dengan nada sedang. Nada yang dihasilkan berupa nada tengah antara A3 hingga A5. Sedangkan batas terendah nada mezzo sopran adalah G3 hingga C6. Jenis vocal ini juga terbagi menjadi 3 bagian, yaitu lyric mezzo sopran, coloratura mezzo sopran, dan mezzo sopran dramastis.

  1. Contralto atau Alto

Contralto atau Alto merupakan jenis suara dengan nada rendah antara suara tenor dan mezzo sopran. Jenis nada ini biasanya digunakan wanita untuk bernyanyi dengan nada-nada rendah. Nada yang dihasilkan berupa nada antara G di bawah C tengah hingga E ke sepuluh di bawah C tengah. Penyanyi dengan jenis suara atau vocal ini memiliki cakupan lingkungan yang cukup luas, yaitu antara C3-C6 jika C tengah ialah C4.

Karena nada yang dihasilkan cukup rendah, tak banyak orang yang bernyanyi menggunakan jenis suara atau vocal contralto atau alto ini. jenis vocal ini terbagi menjadi 3 kategori meliputi coloratura contralto, lyric contralto, dan contralto dramatis. Tak hanya perempuan atau wanita yang biasanya bernyanyi menggunakan jenis suara atau vocal ini, kebanyakan pria atau laki-laki juga membawakan jenis suara atau vocal ini karena nada yang dihasilkan terbilang cukup rendah.

 

 

Kata kunci pencarian:

jenis jenis suara promo, nada tinggi untuk wanita, suara tenor perwmpuan, 
Share this article!

Speak Your Mind

*