Jurus Belajar Bermain Gitar Bagi Pemula

KelasMusik.Com –  Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Alat musik berdawai ini dimainkan dengan cara dipetik. Gitar memeiliki 6 senar dimulai dari senar paling bawah paling kecil hingga senar paling atas yang paling besar.

Jenis gitar yang sering digunakan adalah gitar akustik dan gitar elektrik. Pada dasarnya kedua jenis gitar ini memiliki nada yang mirip pada setiap senarnya, yang membedakan keduanya adalah pada tuningnya.

Berikut ini senar gitar dan nadanya.

  • Senar 1 menghasilkan nada E
  • Senar 2 menghasilkan nada B
  • Senar 3 menghasilkan nada G
  • Senar 4 menghasilkan nada D
  • Senar 5 menghasilkan nada A
  • Senar 6 menghasilkan nada E

Kunci dasar pada gitar  adalah kunci dasar /biasa dan kunci dasar gitar minor. Kunci utama yang sering digunakan adalah C mayor, G mayor, A mayor, E mayor, dan D mayor. Tetapi setiap kunci memiliki penempatan jari pada senar yang berbeda.

Belajar bermain gitar tentu tidaklah mudah, butuh proses untuk mempelajari supaya menjadi pemain yang profesional. Tetapi untuk mengenal gitar dan cord-cord dasar dapat dipahami dengan cepat. Beberapa hal yang penting diketahui atau jurus belajar bermain gitar untuk pemula:

  • Pegang gitar dengan benar

Sebelum bermain gitar yang pertama dilakukan adalah memegang gitar dengan benar. Pastikan duduk dalam posisi nyaman. Letakkan gitar dipangkuan saat duduk. Kemudian tangan kiri untuk menekan senar-senar gitar pada leher gitar dan tangan kanan memetik senar yang berada di depan lubang suara. Belajar pemula  akan tangan terasa pegal dan sakit, tetapi lama-kelamaan juga menjadi terbiasa.

  • Berlatih menekan fret pada senar

Fret adalah batas-batas berupa jarak yang dibatasi oleh plat besi pada permukaan neck gitar. Tekan senar hanya dengan jari pastikan menekan senar dengan tepat sesuai kunci nada. Akan lebih mudah belajarnya sambil menonton video tutorial cara menekan fret pada senar.

  • Gunakan referensi untuk belajar

Referensi belajar bermain gitar bisa didapatkan dari buku dan internet, akan lebih mudah dan praktis browsing diinternet. Apabila belum mengetagui kunci dapat mencari tahu dari google ataupun youtube. Selain dari internet belajar cord lagu dari buku terkait dengan membantu proses belajar yang dilakukan. Belajar dari kelas musik channel di youtube juga sangat membantu dalam belajar gitar untuk pemula. 

  • Mulai dengan belajar satu lagu

Berlatihlah dengan belajar satu lagu pilih lagu yang mudah dengan cord yang simpel sehingga memudahkan untuk mempelajarinya. Pelajari satu lagu  sampai bisa memainkannya dengan lancar, jangan berpindah pada lagu lain sebelum menguasai benar lagu tersebut.

  • Latihanlah secara rutin

Bagian yang paling penting pada saat belajar bermain gitar adalah harus belajar dengan rutin. Walaupun sulit dan mungkin membosankan namun jangan sampai malas untuk berlatih. Usahakan setiap hari berlatih supaya tangan tidak kaku, menjadi terbiasa dan nyaman pada saat memegang gitar. Setiap hari usahakan minimal satu jam berlatih bermain gitar. Dengan tekad pantang menyerah tentu akan terbiasa dan menyenangkan.

  • Siapa gitaris idolamu yang menjadi motivasi

Biasanya idola menjadi motivasi mendukung dalam hal mencapai sesuatu karena ingin menyamainya. Idola bisa juga menjadi inspirasi dan menjadi penyemangat ketika jenuh belajar. Oleh sebab itu, tentukan siapa musisi atau gitaris yang paling diidolakan yang menjadi motivasi saat belajar bermain gitar.

Itu dia beberapa tips dan jurus belajar gitar bagi pemula. Semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin mempelajari gitar. Kelas Musik – karena musik bisa dipelajari. 🙂

 

(artikel oleh Evelyn Sagala – Kelas Musik)

Tips Belajar Bermain Gitar Fingerstyle
Share this article!

Speak Your Mind

*