Lakukan 5 Tips Ini, Agar Biola Kamu Tetap Terawat dengan Baik

KelasMusik.Com - Biola merupakan salah satu alat musik gesek yang dapat dikatakan cukup kuat dan mampu bertahan hingga puluhan tahun apabila dirawat dengan baik. Sebuah biola yang terawat dengan baik akan mampu menghasilkan kualitas suara yang tetap baik, bahkan kamu juga bisa mendapatkan harga jual biola yang tetap stabil. Mari simak tips menarik berikut agar biola kamu tetap terawat dengan baik.

  1. Simpan di dalam kotak khusus biola

 

Biasakanlah setelah kamu menggunakan biola, langsung menyimpan biola kamu pada kotak khusus biola yang kamu dapatkan saat membeli biola tersebut. Apabila kamu tidak memiliki kotak penyimpanan biola, maka kamu bisa membelinya terlebih dahulu. Manfaat menyimpan biola pada kotaknya adalah untuk dapat menjaga kualitas dari kayu pada biola. Karena kelembapan dapat membuat biola kamu menjadi lapuk dan tidak dapat menghasilkan suara yang bersih lagi. Dengan menggunakan kotak penyimpanan, maka biola kamu juga bisa aman dan terhindar dari segala bentuk kontak fisik yang dapat merusak biola tersebut.

 

Pastikan kotak biola yang kamu miliki mempunyai kualitas peredaman benturan yang baik. Dengan memiliki bantalan yang tebal, maka kemungkinan biola kamu terguncang dikarenakan benturan yang tidak diinginkan dapat berkurang. Selain itu, pastikan fisik luar dari kotak biola kamu juga cukup tebal dan tidak mudah rusak apabila terbentur.

 

  1. Bersihkanlah biola setelah kamu memainkannya

 

Biola memiliki lapisan khusus terbuat dari rosin yang dapat terlihat kotor dengan mudah. Lapisan rosin yang jarang dibersihkan akan membuat biola kamu memudar sedikit demi sedikit dan kehilangan kilap aslinya. Biasakanlah untuk membersihkan fisik biola kamu meskipun kamu baru menggunakannya sebentar, karena minyak dari jari tangan kamu juga dapat memudarkan lapisan rosin pada biola.

 

Lakukan pembersihan secara perlahan dengan menggunakan kain lembut dan jangan pernah menggunakan larutan pembersih apapun untuk membersihkan bagian badan dari biola. Dengan menggunakan larutan pembersih itu justru akan mengikis lapisan rosin tersebut dan membuat biola kamu akan terlihat tidak bagus. Jika kamu ingin membersihkan biola, alangkah baiknya kamu menggunakan cairan khusus pembersih biola.

 

  1. Jaga kebersihan dari rambut pada bow

 

Perlu kamu ketahui bahwa senar rambut yang terdapat pada bow sangatlah sensitif dan mudah kotor. Bow yang kotor akan membuat suara pada saat kamu menggesek akan terdengar menjadi sedikit kasar dan tidak terlalu nyaring seperti saat kondisi bow masih baru. Apabila stik bow kamu sudah mulai kotor, lakukanlah penggantian bulu senar secara rutin dan simpanlah baik-baik pada kotak biola kamu. Pastikan juga kamu tidak memasang stem pada bow kamu terlalu keras, atau kamu akan merusaknya secara perlahan.

 

  1. Rajinlah mengganti senar biola kamu

 

Perhatikanlah kondisi senar biola yang kamu pakai, apabila sudah mulai terlihat rapuh maka sudah seharusnya kamu menggantinya dengan senar yang baru. Dengan mengganti senar baru, kamu bisa mencegah terjadinya senar putus saat kamu memainkan biola tersebut. Senar yang putus saat dimainkan dapat berbahaya dan mampu merusak bow ataupun saat menggesek badan dari biola yang dapat menyebabkan terjadinya baret halus. Selain itu dengan kamu rajin mengganti senar biola, maka kualitas dari suara yang dihasilkan oleh biola kamu akan tetap terjaga dan membuat usia dari rambut pada bow akan awet dan tidak cepat putus.

 

  1. Hindari menyimpan biola terlalu lama

 

Menyimpan biola terlalu lama tanpa memainkannya dapat membuat seluruh bagian biola kamu menjadi rusak secara perlahan dan akan kehilangan kualitas suara aslinya. Dengan menyimpannya terlalu lama, maka kelembapan akan membuat kayu pada biola kamu menjadi lapuk dan tidak bisa diperbaiki lagi. Pastikan kamu rajin mengeluarkan biola dari kotaknya dan memainkannya sesekali agar biola kamu tetap terjaga kondisinya.

Apakah kamu sudah melakukan hal-hal tersebut untuk merawat biola kamu? Jika belum, mari mulai dari sekarang untuk merawat biola kamu agar tetap menghasilkan kualitas yang baik dengan kondisi terawat.

 

Share this article!

Speak Your Mind

*