Manakah Lebih Mudah Belajar Musik Klasik Atau Musik Pop

KelasMusik.Com – Musik merupakan jenis seni yang paling umum kita temukan dalam keseharian kita. Setiap hari rasanya seperti tidak bisa lepas dari musik. apalagi dengan adanya teknologi seperti radio, televisi, mp3 player, dvd, youtube, dan segudang perangkat digital pemutar musik lainnya, menjadikan hari-hari kita penuk dengan musik.

Di jaman sekarang, kebanyakan kita mungkin lebih familiar dengan lagu-lagu yang sedang hits dari berbagai genre. Kebanyakan musik yang beredar luas saat ini dan diminati sebagian besar orang adalah jenis musik pop atau populer. Tetapi jangan lupa juga bahwa selain musik pop yang terkesan renyah, mudah diterima, ringan, dan lain-lain, ada jenis musik lain yang berusia lebih tua, yaitu jenis musik klasik.

Kedua jenis musik ini tidak boleh kita abaikan begitu saja. Lebih-lebih jika kita sedang mengumpulkan niat untuk belajar musik. Pertanyaan yang biasa timbul setelah mendengar dua istilah itu mungkin adalah manakah lebih mudah belajar musik klasik atau musik pop? Untuk mengetahui jawabannya, tentu kita harus mencari tahu dulu apa itu musik klasik dan musik pop. Baru setelah itu kita coba bandingkan manakah lebih mudah belajar kedua musik tersebut

Pada dasarnya, semua musik di dunia ini hampir sama. Persamaan itu adalah semua musik pasti mengandung bunyi, nada, tempo, ritme, dan seperangkat aturan atau pola. Yang membedakan musik yang satu dengan yang lain itu adalah pemilihan dari poin-poin tersebut atau kombinasinya. Dalam prakteknya, musik klasik sering dianggap lebih susah untuk dipelajari daripada dengan musik pop. Mengapa hal itu bisa demikian? Berikut kita coba ulas.

  • Musik klasik adalah musik yang menuntut ketelitian dan ketekunan dalam mempelahjarinya

Belajar musik klasik harus teliti dan tekun dikarenakan di dalam musik klasik menggunakan not balok dan para pemain harus memainkan sebuah komposisi musik dengan sangat persis sesuai dengan apa yang tertulis dalam partitur musik. partitur musik ini ditulis dalam notasi balok. Orang yang baru belajar musik biasanya diharuskan menguasai pembacaan partitur untuk memainkan karya-karya klasik seperti dari komposer tekrkenal Beethoven, Bach, dan lain-lain.

  • Manakah lebih mudah belajar musik klasik atau musik pop

Ketika disodorkan pertanyaan manakah lebih mudah belajar musik klasik atau musik pop, seorang yang masih awam mungkin akan segera menjawab bahwa musik pop lebih mudah dipelajari. Pasalnya mungkin karena tidak ada aturan baku dan partitur untuk memainkan musik pop. Memang di dalam musik pop tidak ada partitur yang super detail seperti pada sebuah karya klasik. Kalaupun di situ ada partitur, isinya mungkin hanya sebatas kunci dalam bentuk chord dan lirik lagunya. Untuk memainkannya cukup berpatokan pada chord utama dan kita bebas melakukan variasi dan kreatifitas sendiri selama masih dalam kerangka chord utama.

Bagi sebagian orang ada yang lebih memilih untuk mempelajari musik pop saja karena dianggap lebih dekat dengan kesehariannya. Lagu-lagunya pun adalah lagu-lagu yang familiar seperti yang banyak didengarkan sehari-hari atau lebih kekinian. Sebagian orang lain memilih untuk belajar musik klasik karena menganggap memiliki nilai seni yang lebih tinggi, memiliki nilai sejarah yang panjang dan merasa tertantang dengan segala kerumitannya.

Sebagai kesimpulan, sebenarnya di antara manakah lebih mudah belajar musik klasik atau musik pop akan lebih baik untuk mempelajari keduanya. Karena usik pop yang santai itu pun tetap membutuhkan teknik dan pemahaman dasar musik yang tersedia pada musik klasik.

 

Share this article!

Speak Your Mind

*