Manfaat Belajar Flute Bagi Anda

KelasMusik.Com – Seperti yang kita ketahui, flute merupakan jenis instrumen musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik sangat berbeda dengan kebanyakan instrumen musik tiup lainnya. Flute mampu menghasilka suara yang lebih merdu serta teknik penguasaan instrumen ini juga terbilang cukup sukar. Hal itulah yang membuat flutist (sebutan untuk pemain flute) mendapatkan bayaran mahal atas penampilan –penampilan di stage. Teknik bermain flute sangat berbeda dari kebanyakan alat musik tiup. Flute tidak dapat menghasilkan suara seperti yang diharapkan apabila cara meniupnya salah. Berbeda dengan seruling yang setiap kita tiup akan menghasilkan nada yang nantinya bisa dihafalkan untuk membuat suatu harmonisasi. Belajar flute memang membutuhkan kesabaran dan keuletan luar biasa, tapi bukan berarti Anda tidak bisa menguasainya. Belajar flute memiliki banyak manfaat. Berikut ini manfaat belajar flute bagi Anda.

 
1. Menjadikan Anda Seorang Musisi yang Sabar
Belajar flute membutuhkan kesabaran dan keuletan. Belajar flute dimulai dari teknik yang paling dasar hingga ke level yang lebih tinggi. Dengan mempelajari alat musik flute, Anda akan menjadi seorang pemain musik yang tlaten, sabar dan juga teliti. Dengan kesabaran, instrumen musik tiup ini dapat Anda taklukkan dengan mudah. Secara umum, belajar flute tidak jauh berbeda dengan saxophone, hanya beberapa teknik saja yang membuat permainan flute terasa berbeda sehingga diperlukan ketelitian dan ketlatenan.

 
2. Menjadikan Anda Seorang Pemain Berbakat
Mempelajari alat musik flute dapat dilakukan dengan 2 cara yakni secara formal maupun informal. Bermain flute secara formal dapat dilakukan melalui kursus belajar flute dan sekolah musik sedangkan untuk jalur informal, Anda dapat melakukannya secara otodidak. Bagi Anda yang memiliki budget minim, kursus flute sangat direkomendasikan mengingat biaya kursus yang relatif murah serta waktu yang flexible. Jika Anda telah menguasai instrumen tiup ini melalui jalur kursus, bukan tidak mungkin jika Anda bisa menjadi pemain yang berbakat dan profesional.

 
3. Flute Memungkinkan Banyak Ruang Genre
Seperti yang kita ketahui, bahwa instrumen flute memungkinkan ruang untuk beragam genre musik mulai dari pop, klasik, jazz, dan masih banyak lagi. Alat musik flute juga terbilang cukup murah, Anda bisa mendapatkannya di banyak tempat dan toko alat musik. Instrumen ini juga tidak terlampau berat sehingga mudah dibawa kemana pun Anda pergi. Anda bisa berlatih dimana pun dan kapanpun Anda mau.

 
4. Memiliki Prospek Karir yang Cemerlang
Mengingat bahwa pemain flute tidak sebanyak pemain seruling dan alat tiup lainnya, menjadikan flutish menjadi musisi yang jarang ditemukan. Anda tentu bisa menjadi minoritas pemain flute yang ada di Indonesia sehingga Anda akan mendapatkan tawaran bermain flute di beberapa pagelaran musik, bergabung dalam orchestra dan masih banyak yang lain.

 
5. Manfaat Untuk Kesehatan
Manfaat belajar flute yang terakhir erat hubungannya dengan masalah kesehatan. Dengan memainkan instrumen flute, Anda dilatih untuk bisa mengontrol nafas serta teknik breathing yang baik dan benar sehingga secara tidak langsung belajar flute akan memperluas bidang paru- paru Anda sebagai hasilnya mampu meningkatkan kapasistas udara yang Anda hirup. Dengan bermain flute, nafas Anda semakin terkontrol dan aliran oksigen akan semakin teratur. Para ahli berpendapat bahwa memainkan alat musik tiup, salah satunya flute setara dengan pemanasan sebelum berolahraga serta dapat mengurangi resiko terkena asma .

 

Terima kasih telah membaca manfaat bermain flute. Kami juga menyediakan kursus flute di bandung bagi anda yang ingin mendapatkan manfaat bermain flute. Lihat disini!

Kata kunci pencarian:

flute dimainkan dengan cara, cara memainkan alat musik flute, cara bermain flute, belajar flute otodidak, cara memainkan flute, belajar flute, pembahasan instrumen flute, 
Share this article!

Speak Your Mind

*