Manfaat Belajar Nyanyi atau Vocal

KelasMusik.Com -  Bernyanyi merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Banyak manfaat yang bisa anda peroleh dengan bernyanyi. Dengan bernyanyi, anda akan merasa lebih tenang, pikiran anda juga bisa lebih rileks, dan bahkan bisa menurunkan stress juga loh. Banyak orang yang meluapkan emosi dengan cara berteriak.

Jika demikian, nyanyikan saja lagu rock untuk meluapkan emosi anda. Tahukah anda jika dengan bernyanyi anda otomatis juga berolah raga? Bernyanyi akan membuat otot-otot seperti otot perut, otot jantung, otot paru-paru dan berbagai otot lainnya yang ada dalam tubuh bekerja. Sistem pernafasan juga akan menjadi lancar dan terlatih jika anda rutin melakukan latihan pernafasan sebelum bernyanyi.

Tak hanya baik untuk fisik saja, tapi bernyanyi baik juga untuk psikologi manusia. Selain itu, bernyanyi juga bisa menjadi ajang untuk mengekspresikan diri anda, terdapat banyak lagu yang bisa anda nyanyikan, mulai dari lagu galau, lagu bahagia, lagu sedih bahkan lagu ceria. Genre musiknya juga beraneka ragam. Mulai dari pop, dangdut, keroncong dan masih banyak lainnya. Belajar bernyanyi bisa anda lakukan dimana saja.

Bisa di sekolah music maupun belajar secara otodidak. Namun, karena terlalu banyak teknik vocal yang cukup sulit dan perlu anda kuasai, lebih baik anda belajar bernyanyi di sekolah music. Banyak manfaat belajar nyanyi atau vocal di sekolah music karena akan ada guru atau pemandu yang bisa membimbing anda hingga menjadi penyanyi yang handal. Lalu apa saja manfaat belajar nyanyi atau vocal?

  1. Melatih Pernafasan

Dengan belajar teknik pernafasan sebelum bernyanyi, nafas anda akan lebih teratur. Banyak otot dalam tubuh yang akan bekerja, seperti otot perut, otot jantung, otot paru-paru, otot dada. Rongga-rongga yang ada dalam tubuh seperti rongga perut, rongga mlut, rongga tenggorokan, rongga dada, dan masih banyak rongga yang lainnya juga akan terlatih untuk berfungsi secara maksimal.

  1. Berbicara Dengan Penuh Percaya Diri

Sadarkah anda jika dengan bernyanyi anda akan lebih percaya diri untuk berbicara di depan umum? Di sekolah music, tentu anda akan diajari untuk mengatasi rasa gugup dan tampil secara percaya diri di depan umum. Dengan menguasai teknik artiulasi, tentu anda akan lebih mudah menyampaikan sesuatu secara jelas. Dan dengan demikian, anda akan lebih percaya diri untuk tampil atau berbicara di depan umum.

  1. Badan Terbiasa Dalam Posisi Tegap

Dalam bernyanyi, posisi sikap dan posisi badan tentu akan mempengaruhi kualitas bernyanyi anda. Anda harus terbiasa memposisikan badan dalam konsisi tegap, dengan meluruskan punggung. Selain itu, posisi leher dan kepala juga harus tegak lurus sehingga pandangan anda akan tertuju lurus ke depan.

  1. Memproduksi Suara yang Nyaring dan Bertenaga

Beberapa latihan teknik vocal akan membantu anda untuk menghasilkan suara yang nyaring, merdu, enak didengar, lantang dan bertenaga. Dengan demikian, bisa dipastikan, anda bisa menjadi penyanyi yang handal.

  1. Mengencangkan Otot Wajah

Dengan bernyanyi menggunakan teknik bernyanyi yang baik dan benar, otot wajah anda akan selalu aktif bekerja. Dengan demikian, wajah anda akan selalu kencang dan anda akan lebih bisa menjaga ekspresi muka anda agar tidak terlihat murung dan selalu nampak tersenyum.

  1. Menjaga Emosi agar Selalu Stabil

Bernyanyi tidak boleh menggunakan emosi yang berlebihan karena sebenarnya bernyanyi tidak membutuhkan emosi melainkan rasa. Semakin anda menjiwai lagu yang anda nyanyikan, semakin tersentuh pula para pendengar.

 

 

Kata kunci pencarian:

Cara nyanyi otodidak, 
Share this article!

Speak Your Mind

*