Manfaat Bermain Drum

KelasMusik.Com –  Mungkin bagi orang yang kurang begitu menyukai musik, drum hanya alat musik penghasil suara aneh dan berisik. Namun bagi pecinta alat musik drum khususnya para pemain drum (disebut drummer), memiliki kepiawaian memainkan drum adalah kebanggaan sekaligus cara mudah untuk menjaga stamina. Dengan kata lain ada beberapa manfaat bermain drum, diantaranya mengembangkan bakat dalam bidang seni serta meningkatkan feel dan kecerdasan otak.

Pemain drum atau drummer adalah orang yang berbeda dan memiliki karakter unik. Intinya mereka berbeda dari musisi lain atau pemain alat musik lainnya. Bahkan pada saat perform, drummer diposisikan ditempat khusus yang artinya ia memiliki tugas yang ‘lebih’ dibanding musisi lain diatas panggung. Selain harus mengiringi musisi lain secara konsisten dalam satu permainan musik, manfaat bermain drum juga sering dikaitkan dengan masalah kebugaran yang tentunya tidak bisa didapat dari permainan alat musik lain.

Meningkatkan Kesehatan Fisik

Dari permainannya kita dapat melihat jika bermain drum sangat menguras energi karena harus melibatkan aktivitas fisik secara terus menerus. Tidak mudah bermain drum dengan tempo cepat dalam waktu yang lama. Dibutuhkan konsistensi serta stamina fisik yang cukup agar permainan drum tetap stabil. Oleh sebab itu bermain drum dalam waktu lama dapat dikategorikan sebagai olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan fisik atau tubuh kita. Bermain drum sama artinya melatih otot-otot tubuh sehingga sirkulasi darah tetap lancar. Selain hobi dan mengembangkan bakat bermusik, bermain drum juga disarankan bagi mereka yang terlalu sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk berolahraga, karena pembakaran kalori saat bermain drum tempo cepat setara dengan berolahraga 30 menit.

Mencegah Stress dan Kanker

Stress adalah kasus umum yang terjadi pada tiap-tiap individu dengan penyebab berbeda-beda. Dengan bermain drum sekitar 1jam akan meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami dalam darah dan merupakan faktor pembalikan dari respon hormon stress yang nantinya akan melawan perasaan stress yang mengusai kita. Sementara itu bermain drum juga efektif untuk menurunkan resiko penyakit kanker. Kanker adalah penyakit mematikan yang dapat menyerang bagian luar ataupun dalam tubuh kita. Meskipun fungsinya bukan sebagai obat namun bermain drum dapat meminimalkan resiko serangan kanker. Dari uji coba klinis dengan Protocol Health Rhythms menunjukkan hasil yang signifikan dimana terjadi peningkatan imunitas tubuh serta meningkatnya aktivitas sel pembunuh alami.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer di Indonesia lebih familiar disebut penyakit pikun. Kondisi ini umumnya diderita oleh mereka yang sudah lanjut usia, namun tak jarang juga dialami orang-orang usia produktif atau usia muda. Penyakit Alzheimer sendiri ditandai dengan berkurangnya kemampuan merekam memori ke otak sehingga membuat seseorang mudah lupa. Kaitannya dengan drumming adalah, penderita Alzheimer yang secara rutin pernah bermain drum mempunyai kemampuan untuk berhubungan dengan saudara dan sahabat-sahabatnya. Begitu juga dengan kemampuan memprediksi atau menebak irama (Rhythm Predictability) secara berulang-ulang merupakan terapi efektif untuk mereka yang mengalami gangguan Dementia.

Dari penjelasan tentang manfaat bermain drum diatas menunjukkan bahwa bermain drum tidak hanya aktivitas mendengar atau memukul. Dalam hal ini ada estetika dalam setiap permainan drum yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Dalam setiap ayunan stick drum, mampu menciptakan kesan irama yang indah, tentunya jika dilakukan dengan benar melalui latihan serius. Kesimpulannya, setiap manusia sanggup menerima manfaat dari berbagai benda mati, termasuk drum. Jadi drum bukan penghasil kebisingan namun lebih bermakna sebagai pemberi semangat bagi mereka-mereka yang serius berusaha.

 

 

Kata kunci pencarian:

manfaat bermain drum, manfaat bermain drum bagi otak, Manfaat main drum, 
Share this article!

Speak Your Mind

*