Manfaat Bermain Musik untuk Pertumbuhan Perkembangan Kognitif

KelasMusik.Com – Siapa sangka kalau musik adalah salah satu hal yang bisa memengaruhi kemampuan kognitif. Terutama untuk usia dini yang memiliki kecenderungan orientasi dari dalam diri. Musik akan sangat berperan dalam perkembangan maupun pertumbuhan otaknya. Beberapa penelitian juga sudah menunjukkan manfaat bermain musik untuk pertumbuhan perkembangan kognitif.

Saraf dari anak juga akan terdorong sehingga anak mampu untuk menghubungkan serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan ketika belajar, bahkan saat anak sudah mulai beranjak dewasa. Karena itu, penting untuk mengajarkan musik yang baik bagi perkembangan serta pertumbuhan kognitif anak.

Manfaat Mengenalkan Musik pada Anak yang Perlu Anda Ketahui

  1. Memicu Perkembangan Motorik

Salah satu kemampuan yang bisa ditimbulkan dengan bermain musik ialah kemampuan motorik. Penting sekali untuk memberikan rangsangan agar anak bisa memiliki keterampilan bergerak yang baik. Karena dengan keterampilan motorik, anak akan mampu mengenali dunia secara nyata atau konkrit.

 

Seleain itu, dengan bergerak. Anak juga akan mampu melatih kepekaan sensori, kepekaan terhadap waktu serta kepekaan terhadap arah. Musik juga bukan hanya melatih motorik dan perkembangan pada anak, usia remaja juga masih kerap dipengaruhi oleh musik. Kemampuan visual dan sentuhan juga akan semakin kuat dengan keterampilan motorik.

 

  1. Bebas Untuk Mengekspresikan Diri

Degan memainkan peralatan musik, menari, maupun bernyanyi sudah terbukti dapat merangsakan imajinasi dan kreativitas dari anak. Serangkaian permainan sandiwarna juga bisa melatih untuk bisa menyumbangkan ide yang inovatif serta mampu mengambil keputusan dengan baik.

 

Melalui musik, bukan hanya anak-anak. Bahkan remaja dan orang dewasa juga lebih bebas n diri. Seperti musisi yang menciptakan lagu. Menyusun kata demi kata yang bisanya merupakan ungkapan hati atau keinginan yang tidak bisa disampaikan dengan gamblang. Maka, musik dan lagu menjadi perantara tersirat untuk hal itu.

 

  1. Memberikan rangsangan

Beberapa studi sudah memberikan bukti bahwa musik mampu memberikan rangsangan yang dari segala aspek kognitif maupun kecerdasan emosional. Mendengarakan musik saja dapat memberikan rangsangan yang berarti, terlebih dengan memainkannya. Tentu manfaat bermain musik untuk pertumbuhan perkembangan kognitif akan lebih terlihat.

 

Musik akan memberikan rangsangan sehingga neuron antara otak kiri dan otak kanan menjadi bersatu. Dengan demikian, otak akan menciptakan keseimbangan kecerdasan. Tidak condong kepada salah satu bagian otak saja.

 

  1. Mendorong anak untuk mampu berbicara dan mengelola perbendaharaan kata

Mendengarkan musik dan bermain musik secara tidak sadar akan mendorong anak untuk bisa berbicara dengan jelas dan bisa mengelola perbendaraan kata dengan baik. Terlebih jika memainkan musik sambil bernyanyi,

 

Sajak dan nada yang dihasilkan bisa untuk melatih komunikasi dan kemampuan berbahasa dari anak. Selain itu, pengetahuan akan banyaknya kosa kata yang beragam juga semakin bertambah. Tidak perlu ragu ya untuk mengenalkan musik dari usia dini.

 

  1. Melatih Kecapakan dalam bidang logika, matematika, dan bahasa

Mengenalkan musik sejak usia dinipada anak, selain melatih emosi juga bisa melatih anak untuk cakap dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Hal tersebut karena logika, matematika, dan bahasa anak sudah terasah. Manfaat bermain musik untuk pertumbuhan perkembangan kognitif sudah tidak perlu diragukan lagi.

 

Untuk pemilihan musik, Anda bisa mulai mengajarkan dengan musik klasik terlebih dahulu. Melodi, harmoni, dan ritme yang dihasilkan dari musik klasik dinilai lebih mampu untuk meningkatkan dan mengasah kemampuan belajar dari anak. Selain itu, anak juga akan mampu untuk menangkap hubungan antara jarak, waktu serta rangkaian yang didalmnya membutuhkan logika berpikir.

 

Share this article!

Speak Your Mind

*