Manfaat Penting Mendengarkan Musik Klasik

KelasMusik.Com – Musik adalah susunan nada dalam urutan tempo, yang dibuat sedemikian rupa yang mengandung irama, lagu, dan keharmonisan dari gabungan suara yang diperoleh dari alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi ataupun irama. Menurut David Ewen musik adalah ilmu seni mengenai kombinasi ritme dan nada, baik vokal ataupun instrumental yang mencangkup melodi serta harmoni sebagai ekspresi dari suatu hal yang ingin diungkapkan terlebih dalam segi emosional.

Beberapa orang berpendapat bahwa mendengarkan musik dapat menjadi salah satu bentuk hiburan karena musik merupakan sesuatu yang unik dan dapat dihasilkan oleh beberapa jenis alat musik yang ada di masyarakat.

Musik klasik menurut para ahli bisa diartikan sebagai komposisi musik yang berasal dari kebudayaan eropa sekitar abad 17 dan 18. Penyajian musik klasik umumnya menggunakan bentuk, sifat dan gaya musik yang berasal dari masa lampau. Salah satu ciri utama musik klasik adalah penggunaan instrumen musik sederhana. Sementara ciri khas musik klasik ada dalam bentuk tempo dan dinamik

Beberapa penelitian telah dilakukan dalam membuktikan manfaat musik klasik bagi kesehatan, terutama untuk kecerdasan otak. Pada tahun 1998, Don Cambell, seorang musisi sekaligus pendidik mengadakan penelitian untuk melihat efek positif dari beberapa jenis musik, diantaranya adanya hubungan yang menarik antara musik dan kecerdasan manusia.

Proses belajar musik yang paling banyak digunakan adalah musik klasik. Hal ini dikarenakan musik klasik bersifat universal dan telah dilakukan berbagai penelitian yang membuktikan bahwa musik klasik bermanfaat bagi perkembangan otak manusia. Manfaat musik klasik dalam kehidupan:

  • Mengurangi resiko stress

Dalam kajian berjudul Positive Emotions and the Endothelium: Does Joyful Music Improve Vascular Health mengatakan bahwa mendengarkan musik klasik favorit selama 30 menit dapat membantu melepaskan hormon endorphin untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi stress. Di mana ketika mendengarkan musik klasik, beberapa bagian organ tubuh akan rileks sendiri dan dapat membuat pernapasan menjadi teratur. Terapi dengan musik klasik ini sangat aman untuk mengurangi stress.

  • Mengurangi insomnia

Musik klasik merupakan suatu instrumental yang fungsinya bukan hanya untuk didengar saja, tetapi merupakan satu obat yang paling efektif sebagai media terapi insomnia. Musik klasik dapat menenangkan syaraf pada tubuh dan meningkatkan kesehatan mental. Menurut para ahli kesehatan, gangguan tidur disebabkan oleh mereka yang memiliki masalah pada diri mereka sendiri.Cobalah mendengarkan musik klasik sebelum istirahat dimalam hari.

  • Meningkatkan daya ingat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Doctor Irma Jarvela dari University of Helsinki Finlandia berjudul The effect of listening to music on human transcriptome, menemukan adanya hubungan antara mendengarkan musik klasik dengan perlambatan terjadinya kepikunan pada kerja otak manusia. Jika kita mendengarkan musik klasik selama 20-30 menit, dapat meningkatkan aktivitas pada otak yang terkait dengan ingatan dan pembelajaran di sekolah.

  • Meningkatkan IQ

Menurut hasil penelitian Don Campbell seorang musisi dan pendidik bersama rekannya yaitu Dr. Alfred Tomatis. Musik klasik terbukti dapat meningkatkan fungsi otak dan intelektual manusia secara optimal. Dikarenakan musik dapat merangsang perkembangan sel-sel otak yang sangat penting pada masa tumbuh kembang otak. Saat yang paling pesat yaitu terjadi pada awal masa kehamilan hingga bayi berumur tiga tahun.

 (artikel oleh Evelyn Sagala – Kelas Musik)

Share this article!

Speak Your Mind

*