Memahami Perbedaan Melodi dan Nada dalam Bermain Musik

KelasMusik.Com – Musik adalah salah satu dari sekian banyak jenis seni yang dapat dinikmati oleh setiap orang. Musik sangat universal dan disukai oleh siapa saja. Bahkan tanpa tersadar, dalam kehidupan sehari-hari selalu melibatkan seni musik. Musik sendiri berasal dari Bahasa Yunani yakni Musikos yang mengartikan seseorang telah diakrunai kepandaian dan keindahan dalam bidang keilmuan dan seni.

Tetapi, alangkah baiknya selain mengetahui musik dari sisi asal usul dan historisnya. Akan lebih baik untuk mengenal dasar utama yang ada di dalam seni musik seperti melodi dan nada. Penting untuk memahami perbedaan melodi dan nada dalam bermain musik. Dengan demikian, Anda bisa mengkombinasi beberapa unsur menjadi sebuah seni musik yang indah

Cara Mengetahui Perbedaan Antara Melodi dan Nada

  1. Memahami Pengertian Nada dan Melodi

Nada merupakan suatu bunyi yang mempunyai getaran yang teratur. Nada dapat dibagi menjadi dua bagian yakni nada tinggi rendah dan nada panjang pendek. Pitch merupakan tinggi rendahnya nada. Pitch dapat dipengaruhi oleh jumlah getaran yang dihasilkan. Getaran sendiri dapat diukur menggunakan frekuensi (satuan Hertz).

Sedangkan melodi adalah serangkaian dari sejumlah nada yang didasarkan pada perbedaan naik turunnya dan tinggi rendahnya nada. Setiap musik memiliki melodi yang berbeda. Bahkan, setiap daerah akan memberikan melodi yang khas. Hal tersebut dinilai memberikan karakter dari musik yang diciptakan.

Memahami perbedaan melodi dan nada dalam bermain musik sudah terlihat dari pengertian keduanya. Melodi lebih mengarah kepada gabungan dari sejumlah nada. Melodi akan didengar seperti sebuah nada yang bergerak naik turun atau dari kondisi puncak ke bawah dan sebaliknya.

  1. Mengetahui Bagian Nada dan Melodi

Melodi terdiri dari beberapa bagian yakni durasi, pitch dan tone. Durasi adalah not yang dihasilkan dalam periode waktu tertentu. Pitch bisa juga disebut sebagai warna suara atau timbre. Pitch dapat diartikan sebagai sesuatu yang digunakan untuk mengatur sejumlah not atau biasa dilambangkan menggunakan alphabet.

Not juga bisa dihasilkan dari berbagai macam jenis alat musik dan juga berbagai macam warna suara, hal tersebut dinamakan tone. Sedangkan nada merupakan unsur yang akan menjadi bagian melodi. Nada akan menghasilkan warna yang bisa dilukiskan dengan sebuah notasi.

  1. Perhatikan kalimat lagu dalam musik

Jika Anda melihat sebuah kalimat dalam musik, kalimat yang umumnya terdiri dari frasa yang indah. Maka, itu Anda telah melihat melodi yang tersusun dengan indah menjadi sebuah seni. deretan melodi akan menjadi sebuah lagu dengan musik yang indah. Dan yang menjadi penyusun melodi ialah nada yang naik turun.

  1. Perhatikan Musikalisasi Puisi yang Sering Anda Dengar

Jika Anda pengemar musikalisasi puisi, maka Anda perlu mengetahui bahwa nada menjadi dasar yang dimainkan di dalamnya. Nada bermain dengan tangga nada dalam interval tertentu.

  1. Mendengar Seniman akan Bermain dengan Indah

Memahami perbedaan melodi dan nada dalam bermain musik yang paling umum dilakukan ialah dengan mempraktikannya langsung. Praktik bisa diawali dengan mendengar. Anda pasti mempunyai seniman favorit yang sering didengarkan karyanya. Pasti Anda juga akan hafal musik yang dimainkan karena seringnya dimainkan.

Anda bisa mendengarkan dengan memahami secara perlahan. Tingkatan melodi dalam bermain musik yang baik akan mempunyai interval yang tidak terlalu rendah juga tidak terlalu tiggi. Melodi merupakan ungkapan nada yang ditujukan untuk penikmat musik. Setelah terbiasa peka mendengar, tanpa sengaja Anda akan belajar dengan sendirinya

Share this article!

Speak Your Mind

*