Memilih Alat Musik Yang Tepat Untuk Dipelajari

KelasMusik.ComMempelajari hal baru mimiliki tingkat kesulitan bagi masing-masing individu. Dalam hal ini diperlukan cara yang dapat mempermudah untuk mempelajarinya. Begitu juga saat belajar alat musik. Ada cara-cara yang diperlukan dan tentunya diperlukan cara supaya saat mempelajari alat musik tersebut kita akan mengalami peningkatan dan perubahan yang lebih baik dari yang sebelumnya.

Sebelum ke tahap mempelajari alat musik tersebut, terlebih dahulu menentukan alat musik apa yang menyenangkan, dan bagaimana respon kita saat mendengarkan bunyi dari alat musik tersebut.

Jika belum mengetahui tentang alat musik yang ingin dipelajari mulailah dengan memainkan beberapa alat musik yang cenderung lebih sering didengarkan saat beraktivitas.

Memilih alat musik yang tepat untuk dipelajari tentunya bukan hal yang mudah, namun suatu pilihan tepat menjadi langkah awal untuk hasil kedepannya. Pilihan tersebut menjadi salah satu motivasi untuk kedepannya tidak akan cepat merasa bosan saat mempelajarinya atau merasa tidak nyaman.

Berikut ini beberapa cara untuk memilih alat musik yang tepat untuk dipelajari diantaranya adalah:

  1. Mencoba beberapa alat musik sebelum memutuskan

Mencoba dari beberapa alat musik merupakan suatu cara yang sederhana dan mudah dilakukan. Saat mencoba beberapa alat musik tersebut buatlah suatu nada sederhana. Saat membuat nada tersebut apakah alat musik tersebut gambaran dan memberi perasan yang menyenangkan saat dimainkan dan menyenangkan mempelajarinya untuk waktu yang lama.

  1. Respon dari musik yang disukai

Cobalah untuk lebih sering mendengarkan beberapa genre musik. Respon dan reaksi yang bagaimana yang terpancar saat mendengarkan musik tersebut. Saat mendengar musik tersebut apakah anda langsung mengikuti petikan gitar melalui gerakan tangan, mengikuti nada-nada piano melalui geraka jari atau apakah langsung memukul-mukul benda atau meja dengan membayangkan sedang memukul alat musik drum.

Ini menjadi reaksi alami yang baik yang menunjukkan anda menyukai memainkan alat musik tersebut dan anda senang mendengarkan nada-nada dari alat musik yang sedang didengar.

  1. Pilih satu alat musik yang paling menonjol

Memilih alat musik yang tepat untuk dipelajari adalah dengan cara membuat suatu draf nama-nama alat musik. Hal ini berbeda dengan memainkan alat musik. Saat anda menulis beberapa nama alat musik yang menjadi draft pertama yang muncul di benak anda adalah menjadi alat musik yang paling anda sukai.

Saat anda memikirkan alat musik tersebut mungkin alat musik tersebut yang sedang ingin anda mainkan karena dengan pilihan yang ditentukan, akan lebih fokus dengan apa yang diingankan.

Untuk setiap keputusan untuk mempelajari alat musik, semuanya kembali kemasing-masing pribadi yang akan mempelajarinya. Kemungkinan besar ada beberapa alat musik yang ingin dipelajari dan musik tersebut dapat memberi warna dalam aktivitas keseharian anda.

Namun dalam hal ini kembali lagi bahwa setiap niat dan keinginan diperlukan kesungguh-sungguhan dan komitmen untuk mempelajarinya. Selain daripada itu yang terpenting juga adalah dengan siapa anda belajar dan bagaimana tahapan-tahapan dalam masa mempelajari alat musik tersebut.

Selain dari memilih alat musik yang tepat untuk meningkatkan rasa musisi didalam diri tentunya seorang pengajar yang tepat juga menjadi faktor penting untuk mempelajari alat musik tersebut. Dengan begitu anda akan menjadi seseorang yang berpotensi untuk memiliki prestasi yang gemilang.

Kelas musik menjadi salah satu sarana yang tepat untuk meningkatkan keinginan untuk belajar alat musik dan memberikan suatu rasa ingin lebih mempelajari dan mendalami tentang alat musik.

(artikel oleh Evelyn Sagala – Kelas Musik)

Share this article!

Speak Your Mind

*