Mengapa Harus Kursus Keyboard? Apa Sajakah Keuntugannya?

KelasMusik.Com - Kursus keyboard menjadi sebuah pilihan untuk cepat menguasai semua teknik permainan keyboard. Tentu saja harus ada alasan mengapa kursus perlu dijalani. Dan yang pasti ada beberapa alasan yang umumnya dipertimbangkan seperti yang dijelaskan di bawah ini.

  1. Mendapatkan pelatihan penjarian yang benar

Teknik dasar penjarian atau fingering memang terdengar mudah. Namun untuk diprakikkan para pemula pastinya cukup sulit. Mengapa harus kursus keyboard? Karena jika mengikuti kursus keyboard akan didapatkan pelatihan bagaimana penjarian yang benar. Teknik penjarian ini merupakan kunci awal agar seseorang bisa bermain keyboard. Tentor keyboard akan mengajarkan bagaimana peletakan jari yang benar, bagaimana cara memindahkan jari saat berlatih penjarian, dan juga akan mengajarkan bagaimana membuat jari menjadi lebih lentur dan fleksibel. Teknik penjarian ini memang sekilas terlihat mudah dipejari melalui teori dalam bentuk tulisan. Namun ketika dicoba, banyak orang yang merasa kesusahan dan terus merasakan kaku sehingga berujung malas dalam latihan.

  1. Penguasaan pembalikan akord

Mengapa harus kursus keyboard? Dalam kursus keyboard akan diajarkan teknik pembalikan akord. Teknik ini begitu penting untuk membuat jari bisa dengan cepat bermain dan menari-nari diatas papan tuts. Untuk tangan kiri, fungsi pembalikan ini tentu agar mudah berpindah dari akord yang satu ke akord yang lainnya. Dan untuk tangan kanan, mempermudah menghasilkan alunan melodi dan harmoni instrumen agar lagu semakin enak didengar.

  1. Penguasaan fitur keyboard

Dalam sebuah alat musik keyboard terutama keyboard modern dan standar, ada banyak sekali fitur yang bisa digunakan. Fitur keyboard yang paling mudah dipahami seperti pengaturan volum suara, tempo, transpose nada, atau sekadar pengaturan suara. Namun, selain itu masih banyak lagi fitur keyboard yang sebenarnya sangat membantu. Misalnya, adanya fitur bank. Fitur ini untuk mengatur dan menyimpan pengaturan terkait suara yang dipilih yang lebih spesifik. Jika Anda membutuhkan pengaturan suara nada yang perlu diedit atau disesuaikan, dengan memahami fitur bank ini akan membuat Anda lebih mudah saat sedang bermaik keyboard tanpa harus repot mengutak-atik saat lagu berjalan. Selain itu, masih banyak lagi fitur keyboard yang akan diajarkan saat kursus keyboard. Dan sudah pasti, mengapa harus kursus keyboard? Karena Anda kana dapatkan pelajaran lengkap untuk menguasai fitur keyboard yang memudahkan.

  1. Mendapatkan pelajaran sesuai level tingkatan

Kursus keyboard memiliki tahapan yang jelas yang harus dilalui. Berbeda jika hanya berlatih sendiri, seorang pemulo bisa jadi melompati satu atau dua tahapan yang seharus dikuasai terlebih dahulu. Dengan mengikuti pembelajaran yang sesuai tingkatan, seorang pemula pastinya akan lebih diarahkan agar bisa berkembang dari tidak bisa bermain keyboard, sekadar bisa bermain keyboard, hingga mahir bermain keyboard.

  1. Menguasai lagu-lagu klasik / pop / jazz / dan kotemporer lainnya

Mengapa harus kursus keyboard? Salah satu jawaban yang membanggakan adalah dikuasainya lagu-lagu klasik dan jenis-jenis lainnya. Ada banyak sekali lagu klasik yang diajarkan dalam kursus keyboard sehingga benar-benar menambah wawasan dan kemampuan. Banyak lagu klasik yang akan diajarkan sesuai dengan kemampuan dan level keahlian. Hingga pada akhirnya, lagu yang akan dimainkan benar-benar lagu yang sangat rumit dengan dua tangan yang sibuk untuk membuat alunan lagu yang sangat ramai, merdu, dan kompleks walau dimainkan sendiri.

  1. Dilatih untuk menjadi profesional

Untuk bisa menjadi profesional, perlu sekali untuk mengikuti kursus keyboard. Pemain keyboard profesional membutuhkan penguasaan lengkap mengenai isi keyboard, membaca partitur keyboard, termasuk meracik suara-suara yang dihadirkan dari keyboard. Dengan mengikuti kursus, semua hal tersebut akan dilatih sehingga akan siap untuk menjadi pemain yang handal. Bukan hanya soal penguasaan isi keyboard, namun juga berkaitan dengan hal-hal lain seperti cara duduk yang benar, penempatan kaki saat bermain, dan juga sudut siku tangan serta bentuk jari yang terlihat profesional.

Share this article!

Speak Your Mind

*