Mengetahui Apa Saja Kunci Dasar Bermain Bass

KelasMusik.ComBass adalah salah satu alat musik yang biasa digunakan di dalam sebuah band. Alat musik di sebuah band umumnya terdiri dari gitar rithem, gitar melodi, drum, bass, dan ada pula yang menggunakan keyboard atau saxophone. Bass secara sekilas memiliki bentuk yang mirip dengan gitar, hanya saja biasanya lehernya lebih panjang dan senarnya lebih besar.

Kita sering meremehkan kontribusi bass dalam sebuah komposisi musik atau lagu yang dimainkan secara grup atau band. Pasalnya bunyi bass tidak semenonjol instrumen yang lain. Tetapi jangan salah, bass merupakan unsur penting untuk menyeimbangkan bunyi dari instrumen lain di sebuah band. Jika anda tertarik mempelajari permainan bass, anda pasti akan menanyakan apa saja kunci-kunci dasar bermain bass?

Pada dasarnya, bermain bass tidak jauh berbeda dengan bermain gitar. Kunci yang digunakan sama dengan yang digunakan pada gitar. Namun, sebelum anda belajar mengenai kunci dasar bermain bass, sebaiknya anda menyiapkan lebih dulu apa saja yang diperlukan untuk melakukannya. Pertama, anda harus memiliki alat musik bass itu sendiri. Secara umum ada dua jenis bass, yaitu bass dengan empat senar dan bass dengan enam senar.

Untuk pemula disarankan menggunakan bass dengan empat senar saja. kemudian anda juga perlu menyiapkan amplifier, karena bass merupakan instrumen elektrik jadi harus disambungkan dengan pengeras suara. Kemudian anda juga bisa menyiapkan pick yang tebal. Seperti gitar, bass juga bisa dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari maupun menggunakan pick.

Jika semua itu sudah siap, langkah selanjutnya untuk mengetahui kunci dasar bermain bass akan dijelaskan di bawah ini. Silahkan langsung simak saja dengan seksama.

  • Memahami kunci atau chord dan progresinya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bermain bass juga berpatokan pada chord seperti gitar dan keyboard. Namun, berbeda dengan gitar yang harus menekan beberapa senar sekaligus untuk menghasilkan satu chord, bass hanya cukup dengan menekan satu senar saja.

  • Melatih teknik memetik senar bass

Karena dalam satu chord bass hanya perlu menekan nada dasarnya saja, mungkin anda berpikir sungguh begitu mudah dan tidak rumit untuk bermain bass. Tapi jangan salah, walaupun terlihat mudah, bermain bass memerlukan teknik tertentu untuk memetik senarnya. Untuk pemula biasanya dimulai dengan melatih memetik dengan satu jari. Kemudian selanjutnya dengan dua jari. Kalau sudah cukup mahir, anda bisa mengembangkan variasi bermain bass anda dengan empat atau lima jari anda.

Sebagai informasi tambahan, leher bass biasanya lebih panjang dari leher pada gitar. Hal itu berpengaruh pada jarak antar fret yang lebih panjang juga. Jadi jari-jari anda harus dilatih untuk beradaptasi dengan kondisi jarak yang seperti itu. Kemudian setelah mahir dengan satu teknik tersebut, anda bisa mencoba teknik lain. Beberapa teknik memetik senar bass lain diantaranya adalah memetik dengan menggunakan pick dan teknik betot.

  • Belajar bermain solo

Pada dua tahap sebelumnya kunci dasar bermain bass, anda disarankan untuk memainkan lagu-lagu. Artinya anda mengiringi lagu-lagu tersebut dengan bass anda. Namun untuk meningkatkan kemampuan bermain bass anda dan untuk mengasah kreatifitas musik anda, disarankan untuk mencoba bermain solo.

Bermain solo pada bass memanglah tidak mudah dan butuh kemampuan yang lebih. Pasalnya, bass biasanya berfungsi dan berposisi sebagai pelengkap atau penutup sebuah komposisi lagu. Oleh sebab itu bass juga berperan dalam kelengkapan sebuah harmoni musik yang lebih bagus.

 

Share this article!

Speak Your Mind

*