Mengetahui Cara Mudah Bermain Cajon

KelasMusik.Com – Bisa memainkan alat musik dengan baik tentu merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi seseorang. Sebab tidak semua orang bisa memainkan alat musik, apalagi memainkannya dengan begitu handal. Agar seseorang bisa bermain alat musik dengan baik, tentu dipengaruhi oleh berbagai hal. Ada banyak sekali ragam alat musik, namun tidak semua jenis alat musik ini bisa dimainkah oleh seseorang. Jika Anda merupakan salah satu orang yang hendak belajar bermain alat musik, terutama alat musik cajon, maka berikut ini adalah cara mudah bermain cajon yang bisa Anda contoh dan Anda terapkan. Adapun caranya adalah sebagai berikut ini:

  • Pilihlah jenis cajon yang tepat

Sebelum mulai berlatih, Anda perlu untuk memilih jenis cajon yang sesuai dengan preferensi Anda. Ada banyak jenis cajon yang ada, agar Anda tidak salah pilih maka Anda bisa bertanya pada orang yang lebih mengerti mengenai cajon, Anda bisa berkonsultasi dengan orang tersebut untuk menentukan pilihan cajon yang akan Anda pilih.

  • Belajar dari orang lain

Anda bisa mencari guru les atau pun belajar dari teman yang lebih jago bermain cajon. Selain itu, Anda juga bisa mencari tutorial bermain cajon dari penyedia video tutorial bermain cajon. Dari sana Anda akan bisa mempelajari banyak hal dari permainan yang dilakukan oleh orang lain.

  • Menata postur

Agar ketika berlatih bermain cajon Anda tidak mudah lelah, maka sangat penting bagi Anda untuk menata postur duduk yang benar. Duduklah dengan posisi punggung lurus namun tetap santai. Duduklah dengan jarak tidak lebih dari 20 cm dari bagian depan cajon yang Anda mainkan.

  • Melakukan pemanasan

Selain menata postur duduk, Anda juga perlu untuk melakukan pemanasan sebelum berlatih. Hal ini bertujuan agar Anda tidak mengalami cidera saat berlatih serta agar tangan – tangan Anda menjadi semakin lentur dan lemas sehingga bisa memainkan cajon dengan lebih baik.

  • Latihan secara rutin

Agar Anda bisa cepat menguasai bermain cajon, maka Anda harus berlatih secara rutin. Semakin rutin Anda berlatih maka akan semakin cepat Anda bisa menguasai bermain cajon.

  • Melatih kecepatan

Melatih kecepatan tangan saat bermain juga sangat diperlukan, hal ini bertujuan agar permainan yang Anda lakukan bisa stabil dan tidak terkesan kaku serta tidak sesuai dengan tempo. Maka dari itu latihlah kecepatan tangan Anda agar bisa bermain dengan stabil.

  • Bermain bersama orang lain

Ketika Anda bermain dengan orang lain, maka kemampuan Anda dalam memainkan cajon akan meningkat dengan lebih cepat. Selain itu dengan bermain bersama maka akan bisa saling berbagi tips agar permainan cajon bisa menjadi semakin baik.

 

Ketika Anda terus berlatih dan mengikuti cara mudah bermain cajon sebagaimana yang disebutkan di atas, maka Anda akan bisa dengan cepat menguasai permainan cajon. Anda harus terus berlatih secara rutin dan memiliki komitmen yang kuat agar Anda bisa bermain cajon layaknya seorang profesional. Teruslah berlatih sebagaimana yang disebutkan dalam cara mudah bermain cajon.

 

Semoga cara mudah bermain cajon yang telah disebutkan di atas bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda. Jangan pernah merasa lelah untuk terus berlatih mengasah kemampuan Anda dalam bermain cajon. Kuncinya adalah jangan lekas menyerah, teruslah berusaha melampaui batas kemampuan Anda hingga tanpa Anda sadari Anda mampu menjadi seseorang yang sangat handal dalam memainkan alat musik cajon ini.

Share this article!

Speak Your Mind

*