Orkestra Ternama di Indonesia

KelasMusik.Com –  Kehadiran Orkestra di Tanah Air memang semakin marak dan mulai berkembang. Bagi anda pecinta pagelaran music, tentunya anda tidak boleh melewatkan pagelaran music orkestra. Nah, berikut adalah 7 Orkestra Ternama di Indonesia.

Erwin Gutawa Orchestra

Erwin Gutawa Orchestra merupakan salah satu orkestra ternama di Indonesia. Pendiri dari orchestra yang satu ini tak lain adalah composer ternama Indonesia, Erwin Gutawa. Orkestra ini dibentuk pada tahun 1993. Sampai saat ini Erwin Gutawa Orchestra sudah banyak mengadakan pertunjukkan music orckestra dan mengiringi konser-konser penyanyi papan atas Indonesia.

Twilite Orchestra

Orkestra Ternama di Indonesia lainnya yaitu Twilite Orchestra. Orkestra ini dibentuk pada bulan Juni tahun 1991 oleh Addie MS bersama Indra Usmansjah Bakrie dan Oddie Agam. Twilite Orchestra ini juga sudah mendapatkan pengakuan dunia music internasional dan merupakan orkestra Indonesia yang pertama kali tampil di Sydney Opera House pada tahun 2009 dengan membawakan lagu-lagu tradisional Indonesia dalam aransemen orkestra. Selain itu juga Twilite Orchestra ini telah terdaftar sebagai anggota American Symphony Orchestra League pada tahun 1995.

Magenta Orchestra

Magenta Orchestra merupakan orkestra Indonesia yang diprakarsai oleh Indra Usmansjah Bakrie dan Andi Rianto. Magenta Orchestra ini merupakan orkestra bernuansa pop pertama di Indonesia. Orkestra yang satu ini melakukan pagelaran orkestra pertama pada tanggal 20 April 2006 dengan tema The Sound of Colors. Launching magenta orchestra ini melibatkan 101 orang pemain orkestra, 51 orang choir, 6 orang rhythm section, 4 orang backing vocal, 1 orang konduktor, dan 1 orang music director.

Jakarta Concert Orchestra

Jakarta Concert Orchestra pada mulanya didirikan pada tahun 1999 dengan nama Parahyangan Chamber Orchestra dimana beranggotakan para musisi professional dari Jogjakarta dan Jakarta. Lalu kemudian pada tahun 2002 Parahyangan Chamber Orchestra ini berganti nama menjadi Jakarta Chamber Orchestra oleh para pendirinya yaitu Avip Priatna dan Toeti Heraty Roosseno. Visi dari orkestra yang satu ini yaitu untuk memperkenalkan musik-musik klasik di Indonesia. Oleh sebab itu dalam setiap konsernya, Jakarta Chamber Orchestra ini selalu menampilan repertoire yang belum pernah ditampilkan sebelumnya di Indonesia. Papa tahun 2011, orkestra ini kemudian berganti nama lagi menjadi Jakarta Concert Orchestra yang beranggotakan musisi-musisi professional dari berbagai daerah di Indonesia.

Nusantara Symphony Ochestra

Pada tahun 1988, mantan menteri luar negeri Indonesia yaotu Prof. Mochtar Kusumaatmadja membentuk Nusantara Chamber Ochestra sebagai proyek dari Yayasan Nusantara Jaya yang merupakan salah satu foundation yang mendedikasikan dirinya untuk mendukung perkembangan seni dan budaya di Indonesia. Nusantara Symphony Ochestra kemudian tampil dari tahun 1988 hingga tahun 1996 di bawah arahan dari music director sekaligus konduktor yaotu Alm. Yazeed Djamin. Pada tahun 1998, orkestra ini kemudian berganti nama menjadi Nusantara Symphony Ochestra. Nusantara Symphony Ochestra ini menjadi salah satu orkestra yang di manage secara professional dimana terdiri dari para musisi terbaik Indonesia.

Jakarta Philharmonic Orchestra

Orkestra ternama di Indonesia  lainnya yaitu Jakarta Philharmonic Orchestra. Jakarta Philharmonic Orchestra  ini merupakan salah satu orkestra yang tertua di Indonesia. Jakarta Philharmonic Orchestra  ini didirikan pada tahun 1912. Pada mulanya orkestra yang satu ini bernama Netherlands Indsche Radio Omroep Maatschaapij. Higga pada tahun 1950, Netherlands Indsche Radio Omroep Maatschaapij tersebut terbagi menjadi 2, yaitu Orkes Radio Jakarta yang memainkan repertoire klasik dan Orkes Studio Jakarta yang memainkan repertoire Indonesia. Pada tahun 1968 Orkes Radio Jakarta dan Orkes Studio Jakarta bergabung kembali menjadi Jakarta Symphony Orchestra yang dipimpin oleh Adidharma dan FX.

Indonesian Youth Symphony Orchestra

Seperti namanya, Orkestra ini seperti namanya memang memiliki visi untuk membawa orkestra pada generasi muda. Indonesian Youth Symphony Orchestra ini merupakan gagasan Musik Remaja Indonesia dan sejak tahun 2002 telah terdaftar sebagai anggota Jeunesses Musicales International.

Begitulah beberapa Orkestra Ternama di Indonesia. Jika anda bermimpi suatu saat menjadi musisi di orkestra, anda tentu dapat memilih salah satunya.

Kata kunci pencarian:

2 musisi nusantara menjadi konduktor orkestra, orkestra indonesia, orkestra, orkestra di indonesia, 2 musisi nusantara yang menjadi konduktor orkestra, musisi nusantara yang menjadi konduktor orkestra, musisi nusantara menjadi konduktor orkestra, nama2 otchestra, Nama Orkestra barat dan orkestra Indonesia, orkestra terkenal di indonesia, 
Share this article!

Speak Your Mind

*