Panduan Tips Belajar Biola Untuk Pemula Sampai Mahir

KelasMusik.Com –  Biola merupakan alat instrument yang sudah banyak kita tahu, dari mulai anak- anak sampai orang dewasa pun sudah banyak mengetahui tentang alat music biola tersebut. Suara yang dihasilkan oleh alat music ini sangatlah halus dan merdu. Biola biasa digunakan untuk music pengiring  atau harmonisasi. Tidak banyak orang yang bisa memainkan alat music tersebut, karena banyak tingkat kesulitan yang harus dipelajari terlebih dahulu jika ingin menguasai tekhnik atau cara memainkan biola. Seiring perkembangan jaman, biola kini menjelma menjadi sebuah alat music yang paling digemari dan disukai dari berbagai kalangan. bagi anda semua tak perlu khawatir lagi untuk mengetahui cara belajar bermain biola dengan baik dan benar, beberapa tips ini bisa anda terapkan agar anda mampu menguasai tehnik atau cara bermain biola dengan baik.

belajar biola kelas musik

  1. Teknik Dasar Memainkan Biola

Tips belajar biola untuk pemula yang harus dicermati adalah kita harus focus pada tekhnik dasar, cara memegang biola dan menempatkannya diantara bahu dan dagu. Ini merupakan tehnik dasar yang perlu anda ketahui dalam belajar memainkan biola. Carilah posisi terbaik biola, karena kita yang bisa merasaskan kenyamanan posisi biola yang akan kita mainkan. Taruh biola diatas bahu dan usahakan posisi bahu sedikit dimajukan,kemudian jepit biola dengan dagu. Apabila anda mengalami kesusahan untuk menjepit biola, tidak perlu khawatir, anda bisa membeli shoulder rest atau aksessories pembantu untuk bermain biola.

 

  1. Cara Menggesek Biola

Untuk tips belajar biola untuk pemula selanjutnya ini adalah cara menggesek biola agar menghasilkan suara atau bunyi. Tangan kanan memegang kendali untuk menghasilkan suara yang enak di dengar. Suara tebal, ringan dan rendah yang dihasilkan biola, semua mengikuti alur tempo gesekan dari tangan kanan anda. Karena setiap gesekan yang di dapat akan sangat mempengaruhi suara yang di keluarkan oleh biola tersebut.

 

  1. Belajar Membaca Not

Ketika tehnik dasar kita sudah pelajari secara detail dan mampu kita terapkan dengan lancar, maka dalam tehnik membaca not ini, kita harus kenal lebih dulu kepada tala music.merupakn tangga nada yang berisikan do-re-mi-fa-so-la-si, adalah notasi music yang sangat sederhana yang mampu kita pelajari sebagai dasar pengetahuan music. Kita juga bisa pelajarinya dari panduang buku, video online serta guru les biola kita,,karena ini merupakan tips belajar biola untuk pemula yang nantinya akan sangat bermanfaat .

 

  1. Cara Belajar Biola Otodidak

Yang dinamakan otodidak adalah kita belajar sendiri dan latihan sendiri, terkadang bisa juga belajar dari teman tips belajar biola untuk pemula dan mampu anda kembangkan sendiri karena bingung akan porsi latihan setiap hari anda, disinilah kita dapat peluang berkembang secara mandiri. Karena disamping belajar secara mandiri, belajar secara otodidak juga mepersingkat pengetahuan kita akan belajar bermain biola dengan cepat.

 

  1. Memainkan Lagu Sederhana

Nah, jika kita sudah mampu menguasai tehnik – tehnik dasar dalam bermain biola di atas, untuk proses selanjutnya tips belajar biola untuk pemula adalah memainkan sebuah lagu yang diiringi dengan sebuah biola. Tidak perlu lagu yang sulit not tangga nadanya, lagu – lagu sederhanan bisa juga anda buat ajang latihan untuk memperlancar cara bermain biola anda.secara bertahap dan terus menerus, nantinya andapun akan mahir memainkan biola tersebut. Baca juga tips dasar bermain biola.

Kata kunci pencarian:

belajar biola, cara belajar biola, belajar biola pemula, belajar violin pemula, belajar main biola, belajar dasar biola, belajar violin, Belajar biol, cara memainkan biola, bermain bio, 
Share this article!

Speak Your Mind

*