Penasaran Apa Perbedaan Piano Akustik Vs Piano Elektrik?

KelasMusik.Com -  –  Alat musik banyak sekali jenisnya, ada gitar, piano, drum, terompet, biola, dan lain sebagainya. Dari tiap alat musik di atas, masih ternagi lagi menjadi beberapa jenis, contohnya saja seperti gitar yang terbagi menjadi gitas elektrik, gitar akustik, dan archtop, gitar resonator, gitar bass, dan masih banyak lagi. tak hanya gitar saja yang terbagi menjadi beberapa jenis, ternyata piano juga terbagi menjadi beberapa jenis yaitu piano akustik dan piano elektrik. Sebenarnya apa perbedaan piano akustik Vs piano elektrik? Sebelum kita membahas letak perbedaanya, mari kita ketahui dulu apa perbedaan piano akustik vs piano elektrik? dalam hal pengertian.

Dalam hal pengertian, piano akustik merupakan piano yang dalam menghasilkan suaranya menggunakan senar. Berbeda dengan piano elektrik atau digital yang tidak memiliki senar. Sekarang mari kita bahas lebih lanjut mengenai apa perbedaan piano akustik vs piano elektrik?

  1. Mekanisme Penghasil Suara

Dari bagian yang menghasilkan suara, piano akustik adn piano elektrik tentunya memiliki perbedaan yang besar. Untuk puano akustik, mekanisme pukulan senar atau mekanisme gerakannya menghasilkan getaran, getaran inilah yang nantinya akan diteruskan melalui kerangka. Sedangkan untuk piano elektrik atau digital, meknaisme penghasil suaranya berasal dari sensor yang dapat mendeteksi gerakan tuts bahkan yang paling halus sekalipun. Suara tersebut didukung dengan teknologi digital yaitu dapat diperbesar atau diperkecil dengan pengeras suara.

  1. Dalam Hal Sentuhan

Perbedaan yang kedua adalah dalam hal sentuhan. Untuk piano akustik, dalam hal sentuhan jenis piano ini lebih responsif terhadap sentuhan dibandinhkan piano elektrik karena mekanisme pemukulan senarnya yang terdiri dari ribuan bagian berpresisi tinggi. Sedangakn untuk piano elektrik responsif atau tidaknya piano biasanya terpengaruh dari merk piano tersebut. berbagai mekanisme yang digunakan untuk menghasilkan suara di piano elektrik ini merupakan upaya guna menghasilkan sentuhan serta resonansi ulang dari grand piano.

  1. Dalam Hal Daya Ekspresif

Piano akustik dalam hal daya ekspresifnya tentunya lebih besar karena piano akustik memiliki kemungkinan bunyi yang lebih banyak dibandingkan piano elektrik. Suara yang dihasilkan bahkan bisa berbeda tergantung dari kuat atau tidaknya sentuhan yang kita berikan. Berbeda dengan piano elektrik yang meruapakan rekaman yang telah ada di tiap tutsnya. Jadi mau sentuhan yang kita berikan kuat atau tidak, suara yang dihasilkan tetap sama. Apalagi piano ekektrik memerlukan pengeras suara agar suaranya menjadi lebih keras.

  1. Dalam Hal Nada

Untuk bagian nadanya, piano akustik memiliki nada serta suara yang sangat beragam dibandingkan piano elektrik. Hal ini karena efek resonansinya yang jauh lebih komplek. Sedangkan untuk piano elektrik atau digital, tentunya nada yang dihasilkan lebih sedikit karena memang nada yang dimiliki jenis piano ini jauh lebih konsisten dan telah disesuaikan dengan berbagai tekanan yang diberikan.

  1. Dalam Hal Tahan Lama

Daya tahan piano akustik tentunya lebih awet karena bagiannya bisa diganti bila mulai au. Asal dirawat dengan baik dan dilakukan penyetelan secara teratur piano akustik ini bisa bertahan hingga puluhan tahun. Berbeda dengan piano digital yang tergantung pada pemakaian dan juga komponennya untuk melihat seberapa lama piano tersebut bisa bertahan.

Terjawab sudah apa perbedaan piano akustik vs piano elektrik? Selain hal di atas, tentunya piano elektrik jauh lebih praktis dan juga murah dibandingkan dengan piano akustik.

 

Share this article!

Speak Your Mind

*