Pengaruh Orang Tua Dalam Belajar Musik Terhadap Perkembangan Anak

KelasMusik.Com – Pengaruh orang tua dalam belajar musik– ketertarikan seorang anak terhadap musik akan lebih berkembang apabila ada dukungan dari orang tuanya. Berbagai cara dapat dilakukan diantaranya dengan memberikan dukungan secara moril maupun material. Dukungan moril yaitu dengan memberi semangat dan motivasi untuk belajar musik secara tekun dan juga mendorong anak giat mengikuti berbagai ajang lomba, agar anak memiliki rasa percaya diri serta melatih mental.Sedangkan untuk yang bersifat material dapatdilakukan dengan memberikan sarana berupa alat musi atau memasukkannya ke kelas musik yang sesuai minat dan bakat anak.

Memberikan Dampak Positif

Belajar musik dapat menjadi salah satu sarana untuk menyalurkan bakat anak, sehingga dapat meningkatan kreatifitas dan menciptakan sebuah karya yang positif. Selain itu dapat meminimalisir anak mengikuti kegiatan yang tidak bermanfaat karena waktunya sudah digunakan untuk belajar musik.

Memperluas Pergaulan

Dalam proses belajar misalnya dalam kelas musik, anak akan diajak bergaul dan bekerjasama dengan sesama temannya, sebagian mungkin adalah orang baru sehingga hal ini dapat menambah pergaulan dan meningkatkan jiwa sosialnya. Pengaruh orang tua dalam belajar music dapat dilakukan dengan memasukkan anak kekelas musik.

Menenangkan Jiwa

Anak yang dekat dengan musik akan memiliki jiwa yang lebih tenang dan dapat mengurangi stress yang ada dalam dirinya. Salah satu dampak positif yang diberikan musik adalah mampu merilekskan otot saraf pada tubuh, memberikan efek tenang dan meningkatkan rasa sensitifitas. Semua ini tentu hal baik yang dapat diberikan melalui pengaruh orang tua dalam belajar musik dengan mendorong anak lebih dekat dan mencintai musik.

Membuat Bahagia

Musik mampu memberikan pengaruh terhadap emosi seseorang, misalnya saat ia mendengar musik dengan alunan irama yang bahagia maka bisa saja ia akan ikut bahagia, mungkin tidak tampak secara langsung tetapi hampir setiap orang akan merasakan perubahan emosi yang terjadi saat mendengar musik. Pengaruh orang tua dalam belajar musik dapat mendorong seorang anak memiliki emosi jiwa yang lebih stabil karena menurut penelitian musik memang dapat meningkatkan IQ dan EQ.

Menyenangkan

Saat anak sudah mulai menyukai music, ia takkan lagi merasa lelah karena berlatih justru akan menjadi hal yang menyenangkan. Dorongan dan pengaruh orang tua dalam belajar music dapat memberikan semangat kepada anak agar lebih menguasai musik dan membuat ia berani dalam berkarya. Tidak menutup kemungkinan melalui musik ia akan menjadi orang yang sukses. Efek rasa senang yang ditimbulkan saat bermain musik akan membuat anak merasa lebih bahagia, terhindar dari fikiran yang negatif serta mudah dalam menekan tingkat stress yang dialaminya. Musik menjadi semacam terapi yang sangat baik bagi anak-anak melalui cara yang menyenangkan namun tetap ada unsur pembelajaran yang didapatkan.

Lebih Sehat

Orang yang bermusik akan jauh lebih sehat, mengapa bisa begitu? Karena musik terdiri dari nada dan ritme yang jika sesuai dengan detak jantung akan berpengaruh positif terhadap kesehatan. Efek yang membuat orang dapat menekan rasa stress juga membantu tubuh lebih kuat dalam melawan berbagai penyakit, oleh karena itu pengaruh orang tua dalam belajar musik sangat diperlukan tidak hanya bagi orang tua tersebut, tetapi juga bagi anaknya sehingga satu keluarga dapat merasakan manfaat positif dari musik.

Sekian artikel tentang “Pengaruh Orang Tua Dalam Belajar Musik Terhadap Perkembangan Anak”. Semoga bermanfaat.

Share this article!

Speak Your Mind

*