Pentingnya Bermain Musik Bagi Anak

KelasMusik.Com – Musik memang suatu komponen penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Musik tidak hanya berfungsi sebagai media entertaining tapi juga memiliki andil yang besar dalam menumbuhkan kreativitas dan kecerdasan otak. Oleh sebab itu tak heran jika musik menjadi hal yang penting bagi semua orang, khususnya anak. Pengenalan dan pentingnya bermain musik bagi anak hendaknya dikenalkan sejak dini. Selain akan mampu membuat anak menjadi terhibur, musik juga bisa merangsang ota agar lebih kreatif dan cerdas. Berikut beberapa butir informasi yang menunjukkan pentingnya bermain musik bagi anak.

Musik Klasik Bagi Ibu Hamil dan Janin

Anda pasti tahu tentang musik klasik, bukan?. Jenis musik ini memiliki irama dan alunan dengan nuansa menenangkan, tak heran jika banyak dokter kandungan di zaman sekarang yang merekomendasikan para ibu hamil untuk merangsang kecerdasan otak janin nya dengan melibatkan alunan musik klasik. Cara seperti ini secara tidak langsung juga dianggap sebagai terapi. Terapi menenangkan janin, merilekskan otot- otot dan organ-organ janin serta mempu meminimalisir terjadinya kontraksi janin palsu.

Meningkatkan Sensor Pendengaran dan Kinerja Otak

Beberapa pakar dari penelitian berjudul “The Journal of Neuroscience” juga percaya bahwa pengenalan musik pada masa kanak- kanak juga mampu meningkatkan sensor pendengaran mereka. Pendengaran mereka akan semakin tajam serta mampu mencegah terjadinya tuli. Riset juga dilanjutkan kepada 44 peserta kanak- kanak yang sebagian besar telah berlatih musik, sedagkan sebagian yang lain tidak atau belum pernah bermain musik. Setelah itu, para peneliti mengumpulkan mereka dan menguji kemampuan pendengaran dan kinerja otak mereka. Tiap- tiap individu diminta untuk mendengarkan pidato berdurasi 15 menit yang selanjutnya kinerja alat pendengaran dan otak mereka dianalisa.

Hasilnya, individu yang sering bermain alat musik akan mampu menangkap suara lebih jelas sehingga mereka mampu menyampaikan kembali isi pidato yang telah diperdengarkan tadi. Dalam hal ini terlihat bahwa, pentingnya bermain musik bagi anak sangatlah besar. Kemampuan meganalisa suatu pembicaraan, pidato maupun berita pada anak- anak pemain alat musik akan lebih besar jika dibandingkan pada mereka yang tidak pernah mencoba bermain alat musik.

Dengan berlatih memainkan alat musik di usia 4 hingga 14 tahun, kemampuan respons individu akan semakin cepat dalam mencerna sesuatu, dalam hal ini pidato. Bahkan hingga mereka sudah menginjak dewasa dan tua, kemampuan ingatan dan pemahaman akan cenderung lebih baik dibandingkan mereka yang tidak.

Mempercepat Laju Motorik Anak

Pentingnya bermain musik bagi anak juga dapat mempengaruhi laju motorik anak. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Concordia University di Montreal, Canada. Pihaknya mengungkapkan bahwa memotivasi anak untuk dapat masuk kelas musik pada usia 6 tahun akan mempercepat laju perkembangan motoriknya. Hal ini dikarenakan bermain musik membutuhkan koordinasi organ gerak seperti tangan dan kaki, stimulasi penglihatan dan juga pemikiran yang dilakukan oleh otak.

Nah setelah Anda tahu pentingnya bermain musik bagi anak, apakah Anda berminat mengenalkan musik pada anak Anda sejak dini?

Kata kunci pencarian:

pentingnya bermain dan musik, 
Share this article!

Speak Your Mind

*