Seni Musik Dapat Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi

KelasMusik.Com – Salah satu tujuan dari seni musik adalah untuk memberi kesempatan untuk dapat berekspresi, berkreasi menciptakan harmoni dan menciptakan keindahan dengan keterampilan dalam suatu musik dari berbagai jenis alat musik. Dengan begitu dapat membekali diri untuk terampilan dalam bermusik, memiliki pengetahuan dan kecakapan diri yang dapat digunakan untuk masa depan yang lebih terampil dan juga memiliki kepribadian yang ahli dalam bermusik.

Semakin kita menyatu dengan musik atau musik menjadi bahagian dari keseharian kita tentu akan membuat kita semakin kreatif dalam bidang musik tersebut.

  • Belajar seni musik

Saat belajar musik, pada saat itu juga kita diajarkan menjadi seseorang yang memiliki kemampuan yang lebih dari sebelumnya. Banyak pelajaran penting yang kita dapatkan yang membuat kita untuk berfikir lebih kritis.

Mempelajari musik ada tahap atau performa yang dilakukan untuk mengenali tentang alat musik dan juga tentang bagaimana cara untuk memainkan lat musik tersebut. Sehingga membantu kita untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan alat musik.

Melalui tahapan-tahapan yang dilakukan kita juga menjadi memiliki pemikiran terbuka tentang musik dan pengetahuan yang lebih luas khususnya dibidang musik. Sehingga dengan pemikiran-pemikiran tersebut membentuk kita menjadi seseorang yang kreatif dan inovatif menciptakan suatu karya.

Seni musik menjadi salah satu karya terindah yang sangat mengagumkan yang tercipta melalui setiap bunyi alat musik yang disusun menjadi suatu harmoni indah yang tidak lepas dari setiap keseharian manusia.

  • Hal penting dari seni musik sehingga dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi

Seni musik menjadi suatu kebutuhan dimana setiap keadaan dapat dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat. Bisa dikatakan bahwa seni musik menjadi suatu kebutuhan untuk memberi warna dalam keseharian masing-masing saat melakukan aktivitas.

Sisi positif yang paling menonjol dari pemain musik atau musisi adalah selain bisa memainkan beberapa alat musik namun juga dapat mencurahkan setiap ide atau perasaannya dengan kreatif kesuatu karya dan bisa menikmati setiap musik yang diciptakan.

Kemudian seni musik dapat memberi suatu rangsangan untuk menigkatkan yaitu kreatif dalam menggunakan berbagai jenis alat musik.

Setiap kreativitas yang dimiliki seseorang akan lebih bermanfaat bila disalurkan atau disampaikan ke masyarakat supaya dapat dikenal. Dengan begitu orang lain akan menikmati hasil dari suatu usaha yang dilakukan.

Bermain alat musik adalah sebuah pengalaman yang kompleks karena mengintegrasikan semua kinerja indera yaitu indera pendengaran, sentuhan, penglihatan dan emosi dalam satu gerakan. Dengan begitu kita harus bisa menyatukan diri dengan alat musik tersebut dengan waktu yang bersamaan.

  • Seni musik untuk mengekspresikan diri

Melalui musik kita dapat mengekspresikan diri. Apa yang dirasakan dan sedang dialami dapat diekspresikan melalui suatu musik seni. Setiap pemikiran atau imajinasi yang terpikirkan bisa dicurahkan dan dibentuk menjadi suatu karya indah dengan menciptakan harmoni indah dari alat musik.

Musik menjadi suatu sarana hiburan. semakin indah suatu musik didengarkan, tentu akan membuat perasaan sipendengar terhibur dan memberi pengaruh positif dari setiap alunan musik.

Jika suatu karya dapat dinikmati setiap orang dan dapat memberi manfaat positif saat itulah kita memiliki suatu prestasi yang harus kita syukuri.

Bila sudah menjadi seseorang yang kreatif dalam bermusik tentu akan mampu menciptakan suatu karya yang luar biasa, dengan demikian akan menjadi seseorang yang memiliki suatu prestasi yang luar biasa juga.

(artikel oleh Evelyn Sagala – Kelas Musik)

Kata kunci pencarian:

prentasi kreativitas musik, 
Share this article!

Speak Your Mind

*