Sudahkah Anda Tahu Apa Saja Jenis Cajon?

KelasMusik.Com - Cajon merupakan sebuah alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipukul. Bentuk dari cajon ini menyerupai drum. Alat musik ini dibuat dari kayu lapis yang memiliki ketebalan sekitar 1,3 cm hingga 1,9 cm untuk lima bagian sisi serta satu bagian dengan ketebalan yang lebih tipis. Cajon memiliki bentuk kubus, sehingga ketika dimainkan sang pemain cajon ini menduduki sebagian dari cajon ini. Alat musik yang mulai banyak diganderungi para pemusik ini pada bagian depanya dibuat dengan bahan yang sedikit lebih tipis daripada sisi – sisi yang lainnya yang dibuat dari bahan yang lebih tebal. Kini seiring dengan perkembangan zaman, maka jenis – jenis cajon kian berkembang, ada beragam jenis, model, serta desain yang ada di pasaran. Lantas apa saja jenis cajon? Berikut adalah penjelasan mengenai beragam jenis cajon:

  • Cajon persegi panjang

Cajon jenis ini merupakan cajon yang paling sering digunakan banyak orang. Cajon ini memiliki ukuran 30 cm x 30 cm x 50 cm, yang tersedia dalam 2 variasi model yakni cajon akustik dan cajon elektrik. Anda bisa memilih menggunakan salah satu diantaranya sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda masing – masing.

  • Cajon trapezium

Cajon jenis ini jarang digunakan dan biasanya digunakan oleh orang – orang yang memiliki kebutuhan khusus akan seni musik. Biasanya cajon jenis ini baru digunakan ketika dalam acara – acara pertunjukan musik dengan menggunakan alat – alat yang unik atau pun pada pertunjukan musik yang ingin menampilkan suara yang khas.

  • Travel cajon

Cajon yang satu ini memiliki ukuran yang pipih dan menghasilkan suara yang kecil. Ketika memainkan cajon jenis ini maka untuk bisa mendengar suaranya dengan lebih jelas maka harus menggunakan pengeras suara. Biasanya cajon ini digunakan untuk mengiringi musik – musik akustik.

 

Setelah menjawab rasa ketidaktahuan mengenai “ apa saja jenis cajon? “, kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui berbagai bunyi yang dihasilkan dari cajon ini. Adapun bunyi dasar yang dihasilkan dari cajon adalah:

  • Bass adalah cara memukul dengan menggunakan setengah telapak tangan.
  • Tone adalah cara memukul dengan menggunakan seluruh telapak tangan
  • Tap adalah cara memukul dengan menggunakan ujung jari saja
  • Slap adalah seperti cara mencolek menggunakan ujung jari

 

Mengetahui “ apa saja jenis cajon? “ akan sangat berguna bagi Anda untuk bisa menentukan cajon seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam bermusik. Ketika Anda tidak mengetahui “ apa saja jenis cajon? “, maka Anda akan kesulitan untuk memilih cajon yang tepat sesuai dengan jenis musik yang Anda mainkan. Sebab saat Anda bisa memilih cajon yang tepat dengan jenis musik yang Anda mainkan, maka Anda akan bisa menghasilkan sebuah karya musik yang sangat menarik dan enak untuk didengarkan. Karena dalam bermusik, setiap komponen musik haruslah mampu bersinergi dengan baik agar bisa melahirkan suatu karya luar biasa yang bisa diapresiasi dengan sangat baik oleh masyarakat luas. Menggunakan cajon juga bisa memberikan nilai lebih dan suatu ciri khas bagi gaya bermusik Anda. Apabila Anda ingin membeli cajon, Anda tidak perlu bingung harus membelinya di mana. Karena sekarang sudah banyak orang – orang yang menjual cajon dengan berbagai jenis, berbagai merek, serta berbagai harga. Dengan begitu Anda akan bisa memilih cajon yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan sesuai dengan selera Anda.

Kata kunci pencarian:

jenis jenis cajon, apa saja yang ada di cajon, jenis jenis kajon, 
Share this article!

Speak Your Mind

*