Teknik Vocal untuk Pemula yang Ingin Menjadi Penyanyi Profesional

KelasMusik.Com – Meskipun terlihat mudah namun mempelajari teknik vocal untuk pemula ada tingkat kesulitan tersendiri, terutama jika harus belajar secara otodidak. Meski begitu teknik pernafasan sering disebut-sebut sebagai pemanasan yang paling pas untuk melatih vocal. Teknik pernafasan ketika bernyanyi jauh berbeda dengan pernafasan biasa. Prinsip pernafasan saat bernyanyi secara garis besar yaitu menghirup udara sedalam-dalamnya lalu mengeluarkannya secara perlahan.

Teknik pernafasan untuk vocal dibagi menjadi 3 yaitu: pernafasan dada, pernafasan diafragma, dan pernafasan perut. Teknik vocal untuk pemula dengan pernafasan belakangan menyisakan beberapa pendapat berbeda. Ada yang mengatakan pernafasan perut lebih baik untuk teknik vocal, namun tak sedikit yang bilang bahwa pernafasan diafragma justru lebih efektif untuk penguasaan teknik vocal.

Penguasaan Teknik Vocal dengan Sikap Tubuh

Selain teknik pernafasan, teknik vocal untuk pemula juga perlu memperhatikan sikap tubuh, bentuk mulut, dan outward support.

–          Sikap Tubuh yang Tepat

Meskipun bukan bagian paling vital namun sikap tubuh cukup mempengaruhi performa vocal kita saat bernyanyi. Sikap tubuh yang tepat ketika belajar vocal adalah berdiri tegap namun tetap rileks dan fleksibel. Bahu diusahakan tidak terangkat saat mengambil nafas sementara dada sedikit dimajukan ke depan. Sedangkan kedua kaki sedikit direnggangkan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

–          Perhatikan Bentuk Mulut

Belajar teknik vocal untuk pemula sebaiknya mulut terbuka lebar agar resonansi udara bagian dalam berjalan lebih baik. Perlu diketahui resonansi dada sangat baik untuk pengambilan nada-nada rendah dan resonansi hidung untuk nada-nada tinggi. Lebarkan mulut ketika memilih bernyanyi dengan nada-nada rendah. Selain bentuk mulut, Outward Support cukup vital untuk bernyanyi sebab kita butuh support untuk menghasilkan nada lebih bagus sementara pitch tetap terjaga.

Teknik Vocal Nada Tinggi

Melatih nada suara tinggi merupakan bagian teknik vocal untuk pemula yang sangat penting. Perlu diketahui suara tinggi seseorang umumnya sudah bawaan range vocal sehingga teknik-teknik yang diperlukan sifatnya hanya untuk ‘mematangkan’ suara. Umumnya penyanyi memiliki range vocal standar 3 oktaf mencakup oktaf paling rendah hingga paling tinggi. Namun begitu ada beberapa orang yang memiliki range vocal diatas 3 oktaf, bahkan mencapai 6 oktaf.

Melatih vocal dengan nada-nada tinggi terlebih dulu harus melakukan pemanasan. Pita suara harus dilemaskan dengan cara menyanyikan bunyi seperti: “mah”, “mei”, “moh”, “mu”, “mi”, “mow”, “ah”, “doh” mulai dari oktaf rendah hingga oktaf tinggi. Latihan ini perlu dilakukan setiap hari karena jika jarang dilatih pita suara kemungkinan kembali menegang. Untuk menyanyikan bunyi diatas direkomendasikan menggunakan piano supaya nada yang dihasikan lebih presisi.

Meskipun ini teknik vocal untuk pemula namun tidak ada salahnya memilih satu lagu yang kemungkinan bisa mencapai oktaf tertinggi yang kita mampu. Nyanyikan lagu tersebut dan ulangi 2-3 kali. Lakukan dengan dengan santai namun tetap fokus dan yakin bahwa nada tinggi tersebut bisa dicapai. Jika sudah mampu menyanyikan lagu dengan baik selanjutnya bisa dicoba lagu lain dengan nada yang sama atau lebih tinggi.

Tips Selama Berlatih Teknik Vocal

Untuk hasil yang lebih efektif ada beberapa hal yang perlu dihindari selama berlatih teknik vocal untuk pemula. Salah satunya dengan menghindari makanan atau minuman yang mengandung susu. Susu dapat menciptakan lapisan pada pita suara sehingga membuat pita suara menjadi tegang. Satu lagi, perbanyak minum air putih juga jeruk lemon dan madu. Yang terakhir lakukan pernafasan dengan benar sebab output suara yang jelek atau bagus sangat tergantung dari teknik pernafasan.

Latihan Vocal dan Alat Musik di Bandung

Berlatih teknik vocal memang bisa dilakukan secara otodidak namun hasilnya akan jauh lebih optimal jika kamu dipandu oleh orang-orang yang ahli di bidang musik. Jika ingin menguasai teknik vocal dengan cepat kamu bisa bergabung di Kelas Musik Bandung sekarang juga. Kelas Musik Bandung adalah tempat kursus dimana kamu bisa berlatih vocal dan berlatih alat musik secara cepat dengan biaya murah. Kelas Musik Bandung melayani kursus semua jenis alat musik seperti gitar akustik, gitar elektrik, piano, drum, cello, clarinet, saxophone, dll. Dapatkan informasi lebih lengkap hanya di www.kelasmusik.com.

Kata kunci pencarian:

teknik vocal, cara menjadi penyanyi, cara menjadi seorang penyanyi, cara mematangkan suara, cara menjadi penyanyi profesional, Teknik bernyanyi seorang profesional, 
Share this article!

Speak Your Mind

*