Tips Baca Not Balok dengan Mudah dan Cepat

KelasMusik.ComMembaca not balok merupakan hal yang penting untuk dilakukan dan dikuasai jika anda ingin menjadi seorang musisi atau mahir dalam musik. Namun dalam membaca not balok tentunya bukan hal yang mudah. Nah, berikut ini Tips Baca Not Balok dengan mudah dan cepat.
Kenali garis dan ruang spasi
Tips baca not balok yang pertama adalah kenali garis dan ruang spasi terlebih dahulu. Pada saat anda melihat not balok pasti anda akan menemukan 5 garis dan 4 ruang di antara garis-garis tersebut. Nah, keseluruhan garis dan ruang tersebut dinamakan paranada. Setiap garis dan ruang pada paranada mempresentasikan nada-nada yang berbeda. Jika anda sudah memahami penempatan nada-nada apa saja pada garis dan ruang paranada tersebut, maka anda akan dapat membaca not balok.
Observasi tangga nada
Tangga nada atau key signature sangat penting dalam bermain musik. Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang. Sebuah tangga nada terdiri atas 8 tingkatan. Jika anda sudah menguasai semua tangga nada maka anda akan lebih mudah lagi untuk mengeksplor not balok.
Observasi kunci musik
Tips baca not balok lainnya adalah mengobservasi kunci musik terlebiih dahulu. Pada not balok, kunci musik memiliki beragam bentuk dan diletakkan di bagian awal paranada. Fungsi dari kunci musik tersebut adalah untuk menandakan nada-nada apa saja yang dipresentasikan pada paranada. Terdapat berbagai macam kunci musik namun pada not balok yang paling sering digunakan adalah kunci G atau kunci treble dan kunci F atau kunci bas. Kunci G adalah kunci dasar yang digunakan jika anda belajar memabca not balok. Kunci G juga sangat mudah untuk dipelajari. Berbeda dengan kunci G, kunci F justru agak sedikit sulit dibandingkan dengan kunci G.
Kenali tanda nada
Tanda nada pada musik sangat bergam. Jika anda ingin lebih mahir bermain musik terutama dalam membaca not balok, maka anda harus mengenali tanda nada. Tanda nada adalah tanda yang mengindikasikan peubahan nada. Misalnya pada not balok anda menemukan tanda # atau yang disebut tanda kres atau sharp. Tanda kres ini menandakan nada tersebut naik setengah laras. Selain itu juga terdapat tanda mol atau flat yang sering ditulis dengan b. Tanda mol terebut menandakan bahwa nada turun sebesar setengah laras. Nah, tanda nada biasanya ditulis pada bagian awal paranada di samping kunci nada. Namun selain diletakkan di awal paranada, tanda nada juga dapat diletakkan di sebelah nada.
Kenali ketukan birama
Selain tanda nada, anda juga harus mengenali birama. Pertama-tama yang harus anda pahami adalah mengenai ketukan birama. Tanda ini dituliskan oleh 2 buah angka dan terletak pada bagian awal paradana yaitu bersebelahan dengan kunci. Fungsi dari ketukan birama adalah untuk menjelaskan banyaknya ketukan pada satu not. Angka yang berada di atas menunjukkan berapa banyak ketukan pada satu bar. Sedangkan angka yang berada di bawah mewakili setiap satu ketuk.
Berlatih dengan piano/organ/keyboard
Agar lebih mudah membaca not balok sebaiknya anda berlatih dahulu dengan piano/organ/keyboard. Belajar not balok ternyata lebih mudah dengan menggunakan alat musik piano/organ/keyboard, loh! Hal tersebut dikarenakan alat musik tersebut memiliki touch (yang berwarna hitam dan putih) sehingga akan mempermudah dalam mempelajari nada.
Itulah beberapa Tips Baca Not Balok. Jangan lupa untuk selalu berlatih, ya agar anda semakin mahir dalam bermusik terutama dalam membaca not balok tersebut.

 

 

Kata kunci pencarian:

cara baca not balok, cara membaca not balok, not balok, belajar baca not balok, cara membaca notasi balok, belajar membaca not balok, belajar not balok, belajar notasi balok, notasi balok dan cara bacanya, cara baca not, 
Share this article!

Speak Your Mind

*