Tips Belajar Kunci Dasar Keyboard untuk Pemula

KelasMusik.Com - Untuk Anda yang ingin bermain alat musik keyboard namun belum menguasainya, ulasan tentang tips belajar kunci dasar keyboard berikut akan sangat membantu Anda. Seperti yang kita tahu, selain gitar, keyboard menjadi salah satu alat musik yang paling digemari. Hal ini karena nada dan suara yang dihasilkan sangat merdu dan khas.

Masalanya, memahami kunci dasar keyboard bukanlah hal yang mudah. Adapun langkah awal yang dibutuhkan adalah memahami tentang nada-nada yang ada pada tuts keyboard. Sebagai informasi, pada keyboard terdapat 2 jenis tuts, yakni yang berwarna putih untuk nada natural (nada dasar  C) dan tuts berwarna hitam merupakan nada kromatik (nada dasar C#).

Membaca Not dan Chord

Hal lain yang juga harus dikuasai saat Anda belajar kunci dasar keybord adalah tentang not dan chord. Ini karena terdapat banyak jenis gambar nada yang dapat dibaca saat bermain keyboard. Not merupakan lambang nada. Sedangkan chord atau akord merupakan kumpulan dari 3 not atau lebih dan apabila dimainkan akan membentuk sebuah suara yang harmonis. Chord dapat dimainkan secara bersamaan atau terputus-putus.

Contohnya seperti ini:

(C, D, E, F, G, A, B, C) dilambangkan sebagai chord, sedangkan

(do, re, mi, fa, sol, la, si, do/1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, i) dilambangkan sebagai not.

Adapun pada penempatan nada standar pada keyboard, chord dan not pada tuts keyboard ataupun piano adalah seperti ini:

Do = C, Re = D, Mi = E, Fa = F, Sol = G, La = A, Si = B, dan Do’ = C’

Meskipun begitu, bisa juga Do = D atau Do = E dan seterusnya. Hal ini tergantung dari pergeseran nada keyboard. Pergeseran nada ini juga disebut sebagai transpose nada.

Penempatan Jari pada Keyboard

Salah satu hal yang harus dipahami pada bagaimana penempatan jari pada tuts keyboard. Jadi seperti ini, tuts keyboard yang terdapat pada ujung kiri secara berurutan merupakan nada C-D-E-F-G-A-B-C dan seterusnya. Semakin ke kanan maka suara yang dihasilkan semakin tinggi.

Untuk penempatan jari, pada tangan kanan jari kelingking berada pada nada C, jari tengah pada nada E, dan jempol berada pada nada G. Sedangkan untuk tangan kiri, maka penempatannya adalah kebalikan dari tangan kanan, yakni jari kelingking di nada G, jari tengah tetap pada nada E, dan jempol pada nada C.

Tuts Berulang pada Keyboard

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa keyboard memiliki dua macam tuts yakni tuts berwarna hitam dan tuts berwarna putih. Sebenarnya pola tuts-tuts keyboard ini dapat dipahami dengan mudah. Apabila dihitung dari bagian paling kiri tuts keyboard, maka pola tuts hitam adalah 1-3-2-3-2 dan berulang hingga akhir tuts.

Mengenal Tuts Hitam Keyboard

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang tuts hitam pada keyboard. Setidaknya setiap tuts hitam dapat memiliki 2 nama. Contohnya adalah C kres (C#) atau D mol (D♭). adapun nama yang digunakan tersebut tergantung dari chord apa yang sedang Anda mainkan. Berikut ini adalah beberapa nama yang digunakan pada tuts hitam keyboard:

  • Tuts hitam pertama bernama C# atau D♭
  • Tuts hitam kedua bernama D# atau E♭
  • Tuts hitam ketiga bernama F# atau G
  • Tuts hitam keempat bernama G# atau A
  • Tuts hitam kelima bernama A# atau B

Untuk nama-nama pada tuts hitam tersebut sangat berkaitan dengan letaknya dari tuts berwarna putih. Apabila tuts hitam terletak pada kanan tuts putih, maka ia disebut kres sedangkan apabila terletak di samping kiri tuts putih, maka disebut mol.

Mungkin itu sedikit tips untuk belajar kunci dasar keyboard yang harus Anda ketahui.

Kata kunci pencarian:

kunci dasar keyboard untuk pemula, 
Share this article!

Speak Your Mind

*