Tips Dasar Belajar Cajon dengan Mudah dan Cepat

KelasMusik.Com – Cajon merupakan salah satu alat musik perkusi yang memiliki bentuk kotak dan memiliki enam sisi yang bisa dimainkan dengan cara menepuk keenam sisi – sisi tersebut menggunakan jari, atau alat musik lain seperti halnya stik drum. Alat musik cajon ini terbuat dari kayu lapis yang memiliki ketebalan sekitar 1,3 cm sampai 1,9 cm. Bentuk dari alat musik cajon ini kurang lebih mirip dengan box speaker. Di dalam alat musik ini terdapat snare gitar yang berfungsi untuk menghasilkan bunyi yang mirip dengan hithat. Nah bagi pemula yang ingin mengetahui tips dasar belajar cajon dengan mudah dan cepat bisa tetap terus membaca artikel kali ini.

 

Berbagai macam tips dasar belajar cajon sebenarnya bisa dicari diberbagai situs internet. Namun kali ini akan dibahas bagaimana tips dasar belajar cajon dengan mudah dan cepat. Berikut penjelasannya:

  • Pilihlah alat musik cajon yang tepat

Pastikan Anda memilih alat musik cajon yang tepat yang bisa disesuaikan dengan anggaran dana Anda. Karena di pasaran sekarang ini telah banyak pihak yang menjual alat musik cajon ini dengan berbagai macam jenis harga.

  • Carilah mentor yang sudah menguasai

Tentu saja mentor merupakan hal yang penting dalam mempelajari suatu hal termasuk mempelajari alat musik cajon ini. Sekarang ini Anda dengan mudah bisa mempelajari alat musik cajon ini melalui berbagai macam perangkat aplikasi seperti youtube atau tempat streaming video lain. Namun agar Anda benar – benar paham carilah seseorang mentor yang benar – benar sudah menguasai alat musik cajon tersebut.

  • Cara duduk

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara duduk yang benar ketika ingin memaiknkan alat musik cajon ini. Karena berdasarkan cara bermainnya yang diharuskan untuk duduk, diharapkan Anda duduk dengan posisi yang benar dan tanpa membuat lelah diri Anda. Pastikan posisi punggung lurus ketika duduk dan santai.

  • Lakukan pemanasan terlebih dahulu

Pemanasan merupakan hal yang wajib dilakukan agar sebelum Anda memainkan alat musik cajon ini tidak ada hal – hal yang tidak diinginkan seperti halnya cedera.

  • Pelajari tone

Hal ini merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk Anda ketahui. Pastikan Anda sudah mengetahui tone tersebut jika ingin memainkan alat musik cajon ini. Tone tersebut meliputi bass tone dan slap tone.

  • Pakai alat bantu

Mainkan alat musik cajon dengan alat bantu seperti metronome agar Anda bisa meningkatkan akurasi tempo.

  • Asah terus kecepatan

Merupakan salah satu tips dasar belajar cajon yang harus diterapkan bagi pemula agar permainan alat musik cajon tersebut enak dimainkan bersama dengan anggota lainnya. Naikkan kecepatan dengan 5 bpm berkala.

  • Miliki berbagai gaya bermain

Tentunya sebagai drummer dan percussionist yang saat ini paling banyak dicara orang adalah yang bisa memainkan alat musik dengan berbagai macam gaya.

  • Ajak orang lain untuk bermain

Merupakan salah satu alternatif bagi Anda jika ingin mengetahui semahir apa Anda dalam menguasai alat musik cajon ini. Selain itu jika menemukan beberapa masalah, Anda akan dengan mudah untuk menyelesaikannya bersama anggota lainnya.

 

Nah itulah tadi beberap tips dasar belajar cajon yang bisa Anda terapkan dengan mudah dan cepat agar Anda bisa menguasai alat musik cajon tersebut dengan baik dan benar. Jika dirasa kurang, alangkah baiknya Anda untuk ikut serta dalam sebuah komunitas musik yang memang memiliki pengalaman dan pemahaman yang lebih akan hal musik

Kata kunci pencarian:

cara bermain kajon, teknik bermain kajon, cara bermain kejong, cara memainkan cajon, ketukan cajon, kunci cajon akad, 
Share this article!

Speak Your Mind

*