Tips Dasar Bermain Keyboard Bagi Pemula Yang Wajib Diketahui

KelasMusik.Com - Tips dasar bermain keyboard sebetulnya sangatlah mudah untuk dilakukan meskipun kamu adalah seorang pemula atau bahkan baru kali pertama memegang keyboard. Keyboard sendiri adalah alat musik yang bentuknya hampir mirip dengan piano. Walaupun bentuknya mirip dengan piano, akan tetapi keyboard sangat berbeda dengan piano. Kerboard merupakan alat musik modern yang memiliki fitur lebih banyak dari piano, sehingga suara yang dihasilkan lebih variatif. Meski cara bermainnya tidak sesulit piano, bermain keyboard tetaplah memerlukan latihan. Jika kamu adalah seorang yang baru saja bermain keyboard, maka tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips dasar bermain keyboard, seperti berikut ini.

 

Posisi Tangan dan Jari Harus Tepat

Tips dasar bermain keyboard yang pertama adalah cara memposisikan tangan dan juga jari dengan tepat. Posisi tangan dan jari yang tepat ketika bermain keyboard adalah dengan membentuk tangan seperti tengah memegang telur. Tujuannya adalah agar kamu bisa mendapatakan kecepatan maksimal dalam bermain keyboard. Terlebih lagi jika lagu yang dimainkan nantinya memiliki tempo yang cepat.

 

Mengenali Jenis Chord

Chord atau kunci nada pada keyboard terdiri dari beberapa nada yang ditekan dengan bersamaan. Setiap pemain keyboard haruslah mengetahui kombinasi-kombinasi nada yang membentuk setiap kunci nada ini. Chord dasar yang wajib diketahui adalah chord mayor dan minor seperti C, D G, A, F, Am, Dm, Em, dan lain sebagainya. Jika sudah menguasai chord dasar, selanjutnya perlu juga mengetahui chord augmented, diminished, mayor 7, minor 7 dan lain sebagainya.

 

Melenturkan Jari-Jari Tangan

Para pemain keyboard pemula biasanya akan mengalami kesulitan ketika menekan dan memindahkan jari saat kali pertama belajar memainkan keyboard. Untuk menghilangkan ke kakuan tersebut perlu dilakukan latihan khusus untuk melenturkan jari dengan cara berlatih memindahkan jari dari satu chord ke chord lainnya secara rutin.

 

Meletakan Jari Yang Tepat Saat Membunyikan Chord

Ketika kali pertama bermain keyboard, kamu haruslah mengetahui cara meletakan jari di atas tuts dengan benar. Hal ini perlu dilakukan agar dapat membunyikan chord dengan tepat. Kamu harus tahu nada-nada yang ada pada setiap tuts keyboard. Untuk chord dasar terdiri dari kombinasi tiga nada sehingga memerlukan 3 jari untuk membunyikannya. Untuk tingkat lanjut seperti chord mayor 7 memerlukan 4 jari untuk membunyikannya.

 

Mempelajari Jenis Suara dan Menentukan Jenis Lagu

Seorang pemain keyboard haruslah mengetahui setiap fitur yang terdapat pada keyboardnya sehingga dapat menghasilkan suara dan juga musik yang diinginkan. Kamu dapat mempelajari fitur-fitur tersebut dari buku panduannya. Setelah itu kamu juga harus mencari dan menentukan lagu yang mudah dihapal. Dengarkan lagu tersebut dan coba kenali jenis musiknya, lalu carilah jenis musik yang mendekati atau sama dengan lagu tersebut pada keyboard.

 

Bermain Dengan Tempo Lambat Terlebih Dahulu

Ada baiknya ketika anda baru saja belajar bermain keyboard untuk bermain dengan tempo-tempo lambat terlebih dahulu. Bermain lambat namun stabil akan lebih baik jika dibandingkan dengan bermain cepat namun berantakan. Kecepatan dalam bermain keyboard akan kamu dapatkan ketika kamu sudah dapat bermain dengan stabil dan juga seimbang.

 

Latihan Rutin

Terakhir adalah kamu harus berlatih secara rutin. Berlatihlah setidaknya 30 menit hingga 1 jam setiap hari. Walaupun sebentar hal tersebut akan lebih baik jika dibandingkan dengan berlatih berjam-jam tapi hanya 1 minggu. Dengan berlatih setiap hari memungkinkan jari-jari kamu akan semakin lentur dan kuat.

 

Nah itulah beberapa tips dasar bermain keyboard. Selamat mencoba.

Kata kunci pencarian:

belajar key, dasar keyboard, dasar keyb, dasar dasar main keyboard, dasar bermain keyboard, cara main keyboard untuk pemula, cara main keyboard pemula, cara dasar bermain keyboard, cara bermain keyboard untuk pemula, cara bermain keyboard bagi pemula, 
Share this article!

Comments

  1. alami kesehatan says:

    bagai mana ya mas.. saya kalo nyanyi suara suka fals.. padahal saya bisa main musik

Speak Your Mind

*