Tips-tips Belajar Musik Biar Tidak Cepat Bosan

KelasMusik.Com – Bermain musik memang menyenangkan. Selain itu, bermain musik juga dapat mengurangi stress dan penat kita dalam melakukan rutinitas pekerjaan sehari-hari. Namun bermain musik bukanlah perkara yang mudah bagi sebagian orang. Apalagi bagi yang masih sangat awam pada soal musik sehingga harus mulai belajar dari nol. Belajar bermain musik tidak dapat dilakukan dalam sehari atau dua hari saja, perlu waktu berbulan-bulan dan ketekunan serta konsistensi untuk bisa mahir bermain alat musik. karena kita harus mempelajari nada, tangga nada, partitur atau not balok, berbagai macam teknik dan sebagainya.

Tak jarang sebagian orang merasa bosan ditengah-tengah proses belajarnya bermain musik. tak sedikit pula yang menjadi malas dan tidak melanjutkan latihannya lagi. Jadi seperti sia-sia waktunya yang tersita selama ini. Sebenarnya ada beberapa tips belajar musik biar tidak cepat bosan.

Yuk bagi kamu yang tengah belajar musik, langsung simak aja tips untuk belajar musik biar tidak cepat bosan.

  1. Cari suasana baru

Kebanyakan dari para pemula yang sedang belajar musik di sebuah kursus musik, les privat, atau di ruang kelas, maupun belajar secara otodidak banyak menghabiskan waktu latihannya di dalam ruangan. Berlama-lama di dalam ruangan sangat mungkin mempengaruhi mood anda dalam belajar dan membuat anda menjadi bosan. Cara mengatasinya sebenarnya tidak terlalu sulit. Cukup dengan menghadirkan suasana baru ke dalam ruang belajar musik anda, misalnya dengan mendengarkan lagu atau musik baru, mengganti dekorasi ruangan, atau dengan mencoba posisi-posisi baru dalam berlatih musik.

Jika cara-cara tersebut belum berhasil mengusir kebosanan anda, maka anda dapat mencoba untuk mencari tempat baru. Tempat baru itu diusahakan adalah ruang terbuka. Tetapi tetap perhatikan apakah tempat tersebut nyaman untuk berlatih atau tidak. Nah, kalian bisa mencoba ruang-ruang tebuka seperti taman, halaman rumah, atau di sekitar sungai, dan tempat-tempat terbuka yang sejuk, tidak berisik, dan nyaman lainnya.

  1. Isi waktu disela-sela belajar musik dengan kegiatan-kegiatan kecil yang menyenangkan

Selalu terpaku pada materi belajar dan latihan musik sepanjang waktu juga akan meningkatkan resiko kebosanan anda. maka dari itu, tips belajar musik biar tidak cepat bosan selanjutnya adalah melakukan aktifitas-aktifitas kecil dan tidak memakan waktu serta tenaga yang berlebihan untuk mengatasi kebosanan anda. Disela-sela waktu belajar, anda bisa berhenti sejenak untuk sekedar jalan-jalan sambil merenggangkan otot-otot di tubuh anda, kalau bisa sambil mencari udara segar supaya tubuh anda menjadi segar. Anda juga dapat bermain game sebentar untuk mengatasi kesuntukan. Selain itu, anda juga bisa menyiapkan makanan ringan atau cemilan jika dirasa perlu untuk dimakan ketika anda sudah merasa bosan.

Aktifitas di atas hanya sebatas contoh saja. Anda dapat mengeksplorasi aktifitas kecil penunjang latihan anda sesuai dengan selera anda sendiri.

  1. Mengganti waktu belajar musik anda

Tips belajar musik biar tidak cepat bosan selanjutnya adalah dengan mengganti jam belajar anda. jika anda terbiasa melakukan latihan di sore hari, maka anda dapat mengubahnya di pagi hari misalnya. Atau jika anda terbiasa belajar musik di siang hari, maka anda bisa mencoba untuk sesekali belajar musik di malam hari. Jika hal tersebut dilakukan, tentu akan memecah rutinitas anda, sehingga terasa tidak membosankan. Tetapi, jangan terlalu sering melakukan penggantian waktu ini, bisa-bisa malah rusak pola belajarnya.

Share this article!

Speak Your Mind

*