Apa Saja Perbedaan Gitar Akustik Dan Gitar Elektrik?


KelasMusik.Com – Gitar adalah jenis alat musik dawai yang begitu popular saat ini disetiap kalangan. Dari bentuknya yang elegan dan keren membuat alat musik ini begitu menarik untuk dimainkan dan akan memberi kesan tersendiri bagi pemainnya.

Gitar memiliki dua bagian utama. Bagian-bagian dari gitar akustik dan gitar elektrik adalah bagian body untuk produksi resonansi suara, dan bagian leher gitar adalah untuk pengikat mengikatkan senar gitar yang umumnya gitar memiliki enam senar.

Senar gitar menjadi bagian terpenting dari gitar karena senar merupakan bagian pelengkap pada gitar untuk menghasilkan bunyi. Jenis senar pada gitar sangat beragam dan mempunyai karakter suara yang berbeda dari setiap jenis senar.

Senar gitar biasanya terbuat dari bahan nylon maupun kawat baja walaupun dijaman modern saat ini sudah ada senar gitar dari bahan lainnya.

Dari kedua jenis gitar ini selain memiliki bagian-bagian pada gitar juga memiliki perbedaan yang menonjol baik itu dari karakter suara gitar, bentuk dan ukuran, dan cara menggunakannya yang memudahkan kita untuk mengenalinya. Berikut ini perbedaan-perbedaan dari dari kedua gitar tersebut.

  • Bentuk/ ukuran gitar

Untuk bentuk dari gitar akustik dan gitar elektrik tentu memiliki perbedaan yang menonjol. Dari bentuk dan gaya gitar akustik cenderung dari waktu ke waktu tidak ada perubahan. Tetapi gitar elektrik mengalami perubahan yang signifikan dengan modifikasi yang  mengikuti perkembangan jaman.

Style gitar elektrik lebih modern dan berkesan keren sedangkan gitar akustik atau biasa juga disebut dengan giatar klasik dengan style yang elegan. Dan untuk ukuran dari kedua gitar ini juga berbeda.

Gitar akustik dengan bentuk body lebih lebar dan ringan sehingga bisa dimainkan sambil duduk santai sedangkan gitar elektrik bentuk ukurannya lebih ramping dan juga lebih berat untuk digunakan.

  • Karakter suara gitar

Karakter dari kedua jenis gitar ini tentu sangat berbeda bila dibandingkan dari keduanya. Karakter suara gitar akustik tergolong sangat lembut dan mellow yang biasanya dimainkan dengan melodi yang clasik dengan petikan yang lembut.

Sedangakan karakter dari suara gitar elektrik adalah cenderung lebih keras/ kasar dan biasa untuk lagu yang genrenya rock, blues, pop atau dimainkan untuk irama lagu lebih ngebeat.

Jika ingin mempelajari dari kedua jenis gitar ini yaitu gitar akustik dan gitar elektrik disarankan bahwa untuk disesuaikan juga dengan genre musik yang disukai. Supaya saat mempelajarinya tidak membuat bingung dan lebih memudahkan untuk menyatu dengan alat musik tersebut saat mempelajarinya.

  • Cara menggunakannya

Selain dari bentuk, ukuran dan suara, gitar akustik dan gitar elektrik juga memiliki perbedaan untuk cara menggunakan atau memainkannya. Gitar akustik bisa menghasilkan suara atau bunyi tanpa menggunakan listrik.

Suara yang dikeluarkan gitar akustik berasal dari getaran senar melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke lubang suara yang ada dibagian tegah body gitar. Dan sudah tentu lebih memudahkan untuk menggunakannya walaupun saat bepergian.

Untuk gitar elektrik tentu harus menggunakan listrik supaya bisa mengeluarkan bunyi dari gitar tersebut. Bunyi yang dihasilkan dari getaran senar gitar yang mengenai kumparan yang ada dibagian body gitar yaitu pickup. Dibagian gitar elektrik ada lubang untuk mic untuk dipasang kabel yang terkoneksi ke amplifier sehingga mengeluarkan suara.

Dari perbedaan kedua jenis gitar ini tentu memberi manfaat untuk melengkapi warnadan karakter dari seni musik yang bisa dinikmati pecinta musik.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.