Belajar Gitar dengan Senam Jari


KelasMusik.Com
– Diantara sekian banyak teknik bermain gitar, kelenturan jari sangat berpengaruh terhadap proses belajar gitar. Hal ini berlaku untuk semua pemain gitar, apalagi bagi pemula. Jika kita melihat para gitaris yang begitu mahir memainkan senar-senar gitar dalam tempo cepat, mereka tidak langsung menguasai teknik penjarian tersebut begitu saja. Artinya mereka membutuhkan waktu beberapa jam dalam sehari untuk melatih jari-jari mulai dari tempo lambat hingga paling cepat.senam jari gitar

Melatih kelenturan jari dalam teknik bermain gitar sering juga disebut senam jari. Dalam hal ini senam jari mencakup teknik kecepatan memetik senar gitar dan kecepatan perpindahan jari dari satu fret ke fret berikutnya. Cara ini sangat penting untuk dikuasai sebagai teknik dasar belajar bermain gitar elektrik ataupun akustik.

Berikut ini cara senam jari untuk melatih skill bermain gitar:cara senam jari gitar

  1. Pastikan gitar yang disiapkan telah disetem terlebih dulu untuk
    menghindari nada-nada fals. Posisikan jari telunjuk pada senar E atau senar nomor 6 fret pertama, jari tengah menekan fret kedua, jari manis pada fret ketiga, sedangkan kelingking di fret keempat.
  2. Tekan jari pada fret yang telah ditentukan secara bergantian, ulangi beberapa kali hingga jari-jari tidak salah tekan meskipun pada gerakan yang cepat. Lakukan terus secara bergantian hingga fret paling akhir.
  3. Untuk melatih jari dalam hal kecepatan tempo, kita bisa mengikuti pergerakan jarum detik pada jam. Caranya dalam 1 detik kita tekan dawai 1 kali, diawali dengan jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan kelingking pada masing-masing fret yang ditentukan. Jika sudah mahir dengan gerakan satu detik satu kali tekanan, kita bisa meningkatkan tempo/speed kecepatan jari-jari kita.
  4. Selain 3 poin diatas ada satu teknik klasik namun cukup efektif untuk melatih kepiawaian sekaligus kekuatan jari saat belajar gitar. Caranya kita ikat jari-jari menggunakan karet gelang. Tujuannya tentu saja untuk melatih kekuatan otot-otot jari. Pertama mungkin sedikit mengganggu karena ketika melakukan gerakan jari-jari kita seperti tertahan. Namun jika sudah terbiasa hal ini bukan hambatan yang berarti.
  5. Jika senam jari menggunakan karet gelang telah kita kuasai, maka ketika karet dilepas kita seperti memiliki kemampuan belajar gitar yang tidak kita miliki sebelumnya.

Semoga cara belajar gitar dengan teknik senam jari diatas dapat membantu mengembangkan kemampuan dan keluwesan kita dalam bermain gitar.

Kata kunci pencarian:

senam jari gitar klasik, senam jari gitar bagi pemula, senam jari gitar, senam jari tanpa gitar, senam jari gitar akustik, cara senam jari, senam jari, Senam jari menggunakan karet, 
Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.