Belajar Gitar Klasik Atau Gitar Akustik Dengan Mudah Untuk Pemula

KelasMusik.Com – Gitar merupakan salah satu alat musik yang sangat umum digunakan orang untuk bermain musik. Secara umum terdapat dua jenis gitar, yaitu gitar elektrik dan gitar gitar akustik.

Gitar elektrik merupakan gitar yang didesain khusus untuk dimainkan dengan bantuan alat pengeras suara dan effect. Sedangkan gitar klasik atau gitar akustik mengandalkan ruang di bagian gitar itu sendiri sebagai pemantul bunyi senar yang dipetik.

Pada artikel kali ini akan membahas secara khusus cara belajar gitar klasik atau gitar akustik bagi pemula. Memang tidak mudah untuk mempelajari kedua gitar tersebut. Membutuhkan kesabaran, keinginan yang kuat, dan konsistensi dalam berlatih gitar. Karena bisa dibilang bahwa belajar gitar klasik lebih rumit dan lebih sulit daripada belajar gitar elektrik. Tetapi hal tersebut bukanlah sebuah masalah jika kita punya keinginan yang kuat untuk belajar.

Gitar akustik sendiri ada dua jenis. Pertama adalah yang menggunakan senar nylon dan yang kedua menggunakan senar string. Selain pada senar, perbedaan lain antara dua jenis gitar tersebut terletak pada bentuk gitar dan jarak antar senarnya.

Untuk belajar gitar klasik atau gitar akustik, dianjurkan menggunakan gitar dengan senar nylon. Selain karena suaranya yang khas, juga didukung bentuk gitar dan jarak antarsenarnya yang memudahkan kita dalam belajar.

Berikut ini tahapan-tahapan untuk mempelajari gitar klasik atau gitar akustik.

  1. Pertama dan yang paling utama adalah memahami nada.

Bermusik adalah mengolah nada-nada yang dihasilkan dari bunyi, begitu pula dengan bermain gitar. Pemain musik harus memiliki kepekaan yang tinggi terhadap nada. Melatih kepekaan indra pendengaran adalah hal yang mutlak pada setiap pemusik.

Salah satu cara yang paling mudah adalah memperbanyak mendengarkan lagu atau musik, kemudian perhatikan nada-nadanya dan mencoba menemukan nada-nadanya hingga persis. Hal tersebut tentu tidak dapat dicapai dalam waktu yang singkat, perlu latihan secara terus menerus supaya feeling atau kepekaan terhadap nada menjadi tinggi.

  1. Melatih kemampuan membaca partitur atau notasi balok

Untuk belajar gitar klasik atau gitar akustik kita harus mempunyai kemampuan membaca partitur atau notasi balok. Hal tersebut dikarenakan pada permulaan proses belajar gitar klasik biasanya diawali dengan memainkan karya-karya dari komposer klasik seperti Beethoven, Bach, dan sebagainya.

Karya-karya klasik tersebut hanya tersedia di dalam partitur. Sehingga akan sangat memudahkan untuk melewati fase ini jika kita menguasai pembacaan partitur. dan ketika kita sudah mahir bermain gitar, suatu saat kita dapat menulis sebuah karya musik dengan kemampuan penguasaan notasi balok dan partitur yang sudah diasah dari awal.

  1. Berlatih fingering atau penjarian

Tahap pertama dari latihan ini adalah dengan melatih memetik senar gitar dengan tangan kanan sampai terbiasa. Ada dua teknik utama untuk memetik gitar. Teknik yang pertama adalah teknik gunting, dimana teknik ini menggunakan dua jari (jari telunjuk dan jari tengah) untuk memetik senar yang dilakukan secara bergantian.

Teknik kedua adalah membiasakan memetik senar dengan tiga jari. Sedangkan untuk gitaris klasik profesional biasanya telah menguasai teknik memetik senar gitar dengan kelima jarinya. Kemudian baru berlatih memencet senar dengan jari-jari tangan kiri untuk menghasilkan nada tertentu.

Terdapat beberapa pola utama yang sering digunakan untuk fingering, yaitu pola fret 1-2-3-4, 1-3-2-4, dan pola 1-4-2-3. Latihan ini bertujuan untuk menigkatkan keakuratan, kecepatan, dan kekuatan dalam menghasilkan nada.

BACA JUGA :

Tips Belajar Chord Finger Style Gitar Akustik Yang Mudah Untuk Anda

Apa Saja Perbedaan Gitar Akustik Dan Gitar Elektrik?

Cara Merawat Gitar

Belajar Gitar Dengan Aplikasi Belajar Gitar Android

Jurus Belajar Bermain Gitar Bagi Pemula

Cara Menyetem Senar Gitar Dengan Mudah Ala Kelas Musik

Share this article!

Comments

  1. Terima kasih infonya sangat bermanfaat
    sukses selalu 🙂

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.