Cara Mudah Belajar Vokal

KelasMusik.Com – Pengen punya suara merdu tapi belum tahu cara melatihnya? Kini Anda bisa belajar vokal dengan mempraktikkan tips melatih vokal ala Kelas Musik di bawah ini.

Memiliki suara yang bagus merupakan impian semua orang. Namun tidak semua orang memiliki suara yang unik, sehingga tidak semua suara yang dimiliki terdengar bagus untuk bernyanyi.

Agar bisa memperbaiki suara yang belum terdengar merdu, Anda bisa melatihnya melalui cara belajar vokal untuk pemula berikut ini.

  1. Memulai dari artikulasi

Yang pertama cara mudah belajar vokal yang bisa dilakukan adalah artikulasi dalam artian suara vokal adalah proses melatih pengucapan.

Ini berguna untuk memastikan bahwa suara Anda tidak cacat, sekaligus menjadi dasar dari tahap pembelajaran suara vokal.

Seperti yang kita ketahui, tidak semua kata atau kalimat bisa kita ucapkan dengan mudah dan jelas, terlebih ketika harus menggunakan intonasi tertentu di saat melafalkannya.

  1. Meningkatkan kekuatan suara

Tingkat kekuatan suara sangat membantu proses belajar vokal. Sebagai contoh, jika seseorang mengucapkan sebuah kalimat dengan tegas, maka akan terdengar seolah-olah berteriak ketika tidak memiliki kekuatan suara. Begitupun sebaliknya.

Suara yang kuat bisa memberikan kenyamanan serta alunan yang jernih bahkan ketika bernyanyi dengan nada tinggi dan dalam tempo yang cukup lama sekalipun.

Untuk itu, meningkatkan kekuatan suara sangat penting untuk memperbaiki kualitas vokal Anda.

Caranya dengan mendorong kecepatan hembusan angin keluar dari dalam perut melalui mulut. Lakukan tahap ini secara berulang-ulang.

  1. Melatih kemampuan bernapas

Cara mudah belajar vokal yang satu ini sangat disarankan bagi Anda yang ingin bernyanyi agar menggunakan metode pernapasan diafragma.

Jenis pernapasan yang satu ini memungkinkan Anda bisa menghasilkan kualitas suara vokal yang jernih, murni, dan lebih panjang.

 

Untuk melatihnya dengan cara melakukan pernapasan menggunakan otot diafragma. Tarik napas sebanyak-banyaknya sampai rongga perut Anda terasa penuh.

Berikutnya, hembuskan napas secara perlahan-lahan dari paru-paru ke mulut. Lakukan tahapan ini tanpa melibatkan otot-otot lainnya, sehingga ketika melatih diri untuk bernapas secara diafragma Anda tidak sampai menggerakkan organ tubuh lainnya, seperti wajah, pundak, dan dada.

  1. Melatih keterampilan vibrasi

Vibrasi yang dimaksud adalah mengenai kualitas bunyi suara yang Anda hasilkan ketika bernyanyi. Untuk membuat vokal Anda terdengar bagus, tentu vibrasi ini perlu Anda latih supaya nada yang keluar tidak cenderung datar.

Tidak sedikit orang yang belum memiliki kemampuan vibrasi sering menggerakkan tenggorokan dengan paksa. Alhasil, variasi nada yang dihasilkan tidak bertahan lama dan terdengar kurang stabil.

Untuk melatihnya cukup dengan melantunkan nada tinggi sampai Anda merasakan aliran udara yang melewati pita suara. Di saat yang bersamaan Anda akan merasakan getaran alami yang mampu dikembangkan dengan cara rutin belajar melantunkan nada tinggi.

  1. Belajar nada tinggi

Tahap cara mudah belajar vokal selanjutnya adalah proses belajar vokal setelah  poin-poin di atas sudah Anda pahami dan rutin diterapkan, maka dalam memperlajari nada tinggi ini akan relatif lebih mudah.

Namun, tetap saja ada teknik khusus untuk belajar cara melatih suara tinggi yang bisa Anda coba.

Anda perlu memulai menyanyi dari suara yang paling rendah yang anda bisa. Kemudian bisa dilanjutkan dengan menaikkan nada tinggi mencapai nada tinggi yang Anda bisa.

Tapi jangan sekali-kali memaksakan suara tinggi karena akan membuat tenggorokan sakit.

Lakukan pemanasan vokal setiap pagi setelah bangun tidur. Mengapa demikian, karena biasanya suara disaat bangun tidur akan lebih berat. Jika terbiasa melakukannya tentu range vokal Anda akan lebih ringan mencapai nada tinggi.

Demikianlah cara belajar vokal yang dapat Anda coba ketika berlatih. Anda perlu untuk selalu konsisten melatihnya.

BACA JUGA : TIPS SUPAYA TENGGOROKAN TIDAK SAKIT SAAT BERNYANYI

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.