Chord Dasar Pada Gitar

KelasMusik.Com – Chord dasar pada gitar perlu dipelajari terlebih dahulu sebelum mempelajari chord-chord perluasan (extended chord). Dengan mempelajari chord-chord dasar, seorang gitaris pemula tidak akan sulit memainkan hampir semua lagu. Berikut ini akan dibahas beberapa chord dasar yang perlu diketahui. Chord-chord yang akan dibahas dibatasi berupa chord-chord yang tidak membutuhkan lebih dari 3 jari dan terletak di posisi kolom 1-3.

Sebelum itu, kita bahas terlebih dahulu sedikit teori.

Open string

Senar yang tidak ditekan disebut dengan open string. Ada nada-nada open string yang tidak boleh dipetik saat membunyikan chord tertentu, yaitu ketika nada open string tersebut bukan merupakan salah satu nada pembentuk chord. Masing-masing open string berbunyi: E (senar 6), A (senar 5), D (Senar 4), G (senar 3), B (senar 2), E (senar 1).

Beberapa chord dasar

Chord-chord dasar berikut ini merupakan chord-chord yang hanya membutuhkan maksimal 3 jari kiri untuk membunyikannya:

1. Em dan E mayor

Em terdiri dari nada E, G, dan B. Selain senar 5 dan 4, semua nada open string termasuk ke dalam chord E. Letakkan jari tengah di senar 5 kolom dua (B) dan jari manis di senar 4 kolom 2 (E). Coba petik seluruh senar dari senar 6 ke senar 1, itulah chord Em.

E terdiri dari  E, G#, B. Sama seperti Em, namun tambahkan jari telunjuk di senar 3 kolom 1 (G#). Petik semua senar.

2. G

Nadanya adalah G, D, dan B. Letakkan jari manis di senar 6 kolom 3 (G), jari tengah di senar 5 kolom 2 (B), dan jari kelingking di senar 1 kolom 3 (G). Petik semua senar. Bila jari kelingking belum kuat, letakkan jari tengah di senar 6, jari telunjuk di senar 5, dan jari manis di senar 1.

3. C

C mayor terdiri dari C, E, dan G. Letakkan jari manis di senar 5 kolom 3 (C), jari tengah di senar 4 kolom 2 (E), dan jari telunjuk di senar 2 kolom 1 (C). Petik dari senar 5 karena C adalah nada dasarnya.

4. A dan Am

A terdiri dari A, C#, dan E. Letakkan jari telunjuk di senar 4 kolom 2 (E), jari tengah di senar 3 kolom 2 (A), dan jari manis di senar 2 kolom 2 (C#). Petik dari senar 5 ke bawah.

Am terdiri dari A, C, E. Letakkan jari tengah di senar 4 kolom 2 (E), jari manis di senar 3 kolom 2 (A), dan jari telunjuk di senar 2 kolom 1 (C), petik dari senar 5 ke bawah.

5. D dan Dm

D terdiri dari nada D, F#, dan A. Letakkan jari telunjuk di senar 3 kolom 2 (A), jari tengah di senar 2 kolom 3 (D), dan jari telunjuk di senar 1 kolom 2 (F#). Petik dari senar 4 ke bawah.

Dm terdiri dari D, F, dan A. Letakkan jari tengah di senar 3 kolom 2 (A), jari tengah di senar 2 kolom 3 (D), jari telunjuk di senar 1 kolom 1 (F). Petik dari senar 4 ke bawah.

Chord dasar pada gitar di atas memang tidak bisa digunakan untuk memainkan semua lagu, khususnya lagu yang berbeda nada dasarnya. Namun, setidaknya ada banyak lagu yang bisa dimainkan dengan chord-chord di atas. Yang terpenting, jangan pernah puas dengan chord-chord yang telah dikuasai. Tingkatkan kemampuan setelah mulai menguasai chord-chord tersebut.

 

 

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.