Jenis Musik yang Sesuai dengan Usia Anak

KelasMusik.Com – Musik merupakan salah satu hal yang memiliki pengaruh besar dalam pertumbuhan dan perkembalan otak awal bagi anak-anak. Namun, Anak-anak usia dini memiliki minat yang masih berorientasi pada diri sendiri dan mengembangkan minat dari dalam diri. Alangkah baiknya sebagai orang tua atau guru bisa mengetahui  apa sebenarnya orientasi diri dalam anak.

Beberapa studi menunjukkan bahwa musik memiliki fungsi yang bisa mendorong saraf anak untuk meningkatkan serta menghubungkan keteremapilan dalam belajar ketika anak sudah tumbuh dewasa. Karena itu, perlu diketahui jenis musik yang sesuai dengan usia anak atau alat musik apa saja yang bisa membantu anak untuk bisa berkembang

 

Kriteria Jenis Musik yang Sesuai dengan Usia Anak 2-4 tahun

  1. Musik dengan irama dan struktur yang sederhana

Irama musik yang sederhana dengan struktur yang sederhana pula maksudnya ialah musik yang memiliki rentang irama yang biasa saja atau sedang. Tidak terlalu lambat dan tidak juga terlalu cepat. Dalam seni musik, irama ini bisa juga disebut berada di tempo Andante – Moderato. Contoh lagu yang mencerminkan dari irama ini ialah twinkle little star.

 

Struktur musik yang sederhana biasanya terbentuk dengan batas penyusunan lagu satu oktaf. Jika terlalu tinggi di kahawatirkan justru akan mengganggu perkembangan anak. Anakusia dini memiliki kriteria khusus dalam hal musik yang bida memberikan rangsangan untuk menyimak, mendengarkan, merangsang adanya gerak serta memiliki vokal.

 

  1. Ritme yang tidak rumit

Ritme yang sesuai untuk usia anak ialah ritme yang santai. Bukan berarti tidak ada perubahan ritme. Ada sedikit perubahan dalam ritme yang dimainkan tetapi tidak juga terlalu rumit. Ritme juga tidak perlu terlalu riang atau bahkan menyentak-nyentak. Dengan demikian anak akan merasa lebih rileks

 

Tempo yang dimainkan biasanya berada pada tempo 4/4 atau 2/4. Jenis musik inilah yang umumnya mampu memberikan rangsangan pada anak berupa aktivitas tubuh seperti berbaris, melakukan tepuk tangan dan berjalan atau juga rangsangan gerak tubuh lainnya.

 

  1. Melodi

Melodi yang cocok untuk jenis musik yang sesuai dengan  usia anak khususnya 2 sampai 4 tahun ialah melodi yang mudah untuk diikuti, sederhana, lembut, tidak terlalu banyak adanya lompatan nada, indah dan memiliki banyak pengulangan.

 

  1. Harmoni

Untuk mendengarkan jenis musik dengan usia anak sah-sah saja asalkan musik yang sesuai. Harmoni musik yang dimainkan sebaiknya menggunakan akord  dasar disertai dengan adanya perpindahan yang juga lembut. Nada musik mayor  akan lebih baik untuk diperdengarkan.

 

  1. Syair

Untuk syair atau penggunaan kata-kata yang baik untuk musik yang didengarkan anak ialah musik yang umumnya bisa memberikan pengetahuan tentang pengalaman mereka. Kata-kata yang ada di dalamnya juga sebaiknya mudah untuk diikuti oleh anak, sederhana dan juga memiliki pengulangan.

 

  1. Tempo

Tempo yang dimainkan dalam musik sebaiknya sedang. Karena jika terlalu lambat juga akan membuat anak tidakbisa mengikuti nyanyian tersebut atau parahnya juga bisa tidak mau untuk mendengarkan. Sedangkan jika teralu cepat, ditakutkan anak justru tidak akan mampu untuk mengikuti lagu tersebut dengan baik ketika hendak menyanyikan atau mendengarkan.

 

  1. Kualitas Nada suara

Nada suara dari musik tersebut juga sebaiknya bebas dari suara yang terlampau keras sehingga bisa dinikmati oleh anak. Tidak juga memiliki vibrasi yang banyak. Tapi, itu tidak berarti Anda memperdengarkan musik dengan nada suara yang tipis atau datar karena itu justru akan membuat anak merasakan kebosanan.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.