Kelebihan Memainkan Alat Musik Klasik

KelasMusik.Com – Musik klasik adalah salah satu jenis musik dari sekian banyak jenis yang ada. Musik klasik sudah ada sejak abad 9 dan masih bertahan hingga saat ini. Musik klasik merupakan musik yang umumnya yang berakar atau di produksi dari nada yang harmoni. Musik klasik selalu berkaitan dengan tradisi yang berasal dari kesenian barat, musik-musik kristiani atau musik dari sebuah orkestra.

Banyak orang yang menggeluti dunia musik klasik. Beberapa menilai adanya kelebihan memainkan alat musik klasik. Musik klasik memberikan kenyamanan, kedamaian, dan ketenteraman saat didengar. Musik ini berbeda karena dinilai sebagai sebuah musik sastra. Musik yang indah dan tertulis di partitur. Makna di dalam musik klasik umumnya sangat tersirat.

Keistimewaan Dibalik Memainkan Musik Klasik

  1. Orisinalitas

Memainkan atau menggeluti musik klasik sudah pasti paham apa arti dari sebuah orisinalitas dalam berkarya. Memainkan alat musik klasik juga merupakan salah satu karya yang patut untuk di apresiasi. Paling tidak oleh diri sendiri. Ketika Anda sudah menciptakan sebuah karya, Anda tidak akan berpikir apakah karya yang Anda buat asli atau tiruan.

Tetapi, orisinalitas jelas terlihat di dalamnya. Anda akan menciptakan atau memainkan sebuah karya yang berbeda, melalui ciri khas Anda sendiri. Atau jika Anda mendengarkan komponis musik klasik besar seperti Liszt, Kodaly, dan Bartok yang berasal dari daerah yang sama tetapi tetap memiliki gaya yang berbeda. Musik klasik selalu menemui citranya sendiri

  1. Proses Penciptaan

Dalam berkarya, tentu akan melalui serangkaian proses penciptaan. Nah, kelebihan memainkan alat musik klasik yang tidak bisa diremehkan diantaranya ialah karya yang tercipta dengan murni dan mengalir.  Hal ini dikarenakan, musik klasik dalam proses berkaryanya selalu mengandung pesan tersirat dari sang pencipta lagu.

Harmoni dan keindahan juga slelau diperlihatkan. Bagaimana nikmatnya jika dalam memainkan alat musik dengan durasi yang lumayan panjang bisa mengantarakan sang penikmat pada sesuatu yang transenden.

  1. Keabadian

Bukan sesuatu yang mudah untuk bisa membuat sebuah musik yang akan tetap hidup dan tidak lekang oleh waktu. Tapi tidak dengan musik klasik, nilai kerohanian yang diciptakan di dalamnya membuat musik ini tidak pernah lekang oleh waktu bahkan bisa dinikmati oleh manusia di seluruh titik dunia.

Beberapa diantaranya bahkan dijadikan sebagai sebuah cara untuk menyembuhkan dari penyakit jiwa serta pendidikan dalam lintas budaya. Musisi dari musik klasik bahkan selalu berkata “jika nanti aku tidak ada, karya ku yang akan tetap ada”

  1. Proporsi

Dalam sebuah karya, tentu ada proporsi yang tidak bisa diremehkan. Apalagi kalau bukan penghayatan, keterampilan teknis serta hasil karya yang dihasilkan. Jika Anda melihat komponis besar yang menghasilkan karya, ia akan berkarya sudah seperti mengatur lalu lintas agar terhindar dari kecelakaan yang ada.

Musikus besar tersebut selalu menghasilkan sesuatu sesuai porsinya dan seimbang. Hal tersebut menyebabkan sebuah karya akan abadi.

  1. Frekuensi (Jangkauan Bunyi)

Jika Anda perhatikan, dalam mendengarkan musik perlu untuk menghayati semua kejadian bunyi yang ada di dalamnya. Kelebihan memainkan alat musik klasik lainnya ialah bisa menghasilkan nada simponi yang indah, memiliki maksud tertentu, dan sinergis.

Jika Anda mendengarkan musik klasik melalui speaker kualitas rendah mungkin akan sulit untuk menemukan. Cobalah untuk mendengarkan atau menciptakan sebuah karya klasik dalam keadaan hening dan kondisi jiwa yang tenang. Tentu Anda akan merasakan sesuatu yang berbeda di dalamnya.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.