Lebih Mudah Meniup Saxophone Posisi Berdiri Atau Posisi Duduk?

KelasMusik.Com – Bermain musik dengan menggunakan sebuah instrumen adalah hal yang wajib untuk dilakukan ketika bermusik. Karena tanpa adanya sebuah instrumen musik yang bisa dimainkan ketika ingin bermain musik akan menimbulkan rasa hambar ditelinga. Apalagi kalau kita hanya bisa mendengar sebuah lagu tanpa adanya iringan instrumen musik.

Tentunya lagu tersebut akan sangat biasa saja dan tidak memiliki sensasi apapun ketika didengarkan oleh banyak orang. Salah satu alat musik yang sering banyak digunakan dalam musik klasik adalah Saxophone. Biasanya Saxophone sering digunakan pada kegiatan orkestra ataupun sebagai pengiring dalam lagu klasik. Saxophone tergolong menjadi salah satu alat musik yang cukup tua umurnya.

Banyak orang mempertanyakan sebuah pertanyaan lebih mudah meniup saxophone posisi berdiri atau posisi duduk?. Dan hal seperti ini banyak dipertanyakan oleh para pemula yang akan bermain Saxophone. Dalam bermain saxophone ada dua jenis posisi yang bisa digunakan ketika bermain, yakni posisi duduk dan posisi berdiri. Di bawah ini akan diulas bagaimana memposisikan tubuh yang benar dengan menggunakan dua posisi tersebut.

  • Posisi Berdiri

Posisi berdiri yang harus dihindari adalah ketika posisi leher saat bermain tidak sesuai posisi. Posisi leher yang terlalu miring akan tidak enak untuk dipandang dan bahkan dapat mengganggu pernapasan dan kemungkinan terburuknya adalah akan berpengaruh pada intonasi pada nada-nada yang akan dihasilkan. Tentunya hal ini dikarenakan oleh cara pemasangan yang tidak sesuai antara mouthpiece dan leher dari Saxophone.

Sedangkan posisi berdiri yang sangat dianjurkan ketika bermain saxophone adalah memposisikan posisi leher dengan baik dan sesuai dengan aturan mainnya. Untuk bisa memposisikan posisi leher dengan baik maka perlu sekali untuk pemain menjaga posisi leher mereka tidak terlalu miring, dan memposisikan mouthpiece pada leher saxophone sebisa mungkin harus digeser atau bisa dengan diputar sedikit ke arah kanan dan disesuaikan dengan kemiringan dari saxophone.

Hal yang perlu dilakukan agar posisi leher bisa tegak bisa dengan melakukan sikap posisi berdiri, kemudian tangan kiri memegang mouthpiece yang posisinya kurang tepat lalu memutarnya ke arah kanan sampai posisi leher dari pemain tidak miring.

  • Posisi Duduk

Posisi duduk sebenarnya tidak terlalu banyak berbeda dengan posisi bermain saat berdiri. Perbedaannya hanya terletak pada posisi tubuh dari pemain saja, dan untuk posisi instrumen masihlah sama seperti ketika menggunakan posisi berdiri. Ketika menggunakan posisi duduk akan lebih baik jika pemain menggunakan kursi yang tidak memiliki sandaran tangan. Hal ini dilakukan agar sandaran yang ada pada kursi tidak akan mengganggu tangan dari pemain saxophone tersebut.

Dan apabila terpaksa untuk menggunakan kursi yang memiliki sandaran tagan, dapat diatasi dengan memposisikan cara duduk miring ke arah kiri dengan arah dari kursi sekitar 450 dan kemudian bertumpu pada pantat serta paha sebelah kiri.

Dari informasi di atas dapat memberi jawaban yang jelas dari pertanyaan lebih mudah meniup saxophone posisi berdiri atau posisi duduk. Dan bisa disimpulkan bahwa posisi dalam bermain Saxophone tidak ada sebuah kewajiban untuk menentukan posisi yang seperti apa yang bagus untuk kamu lakukan. Yang terpenting dalam bermain Saxophone adalah posisi tubuh kamu dalam memainkannya apakah dalam posisi yang tenang dan tidak merasa tegang.

Biasanya posisi dalam bermain Saxophone bisa dilakukan dengan dua cara yakni, berdiri dan duduk di sebuah kursi dan dengan posisi badan yang duduk tegak dan ambil posisi duduk yang nyaman untuk memainkan alat musik tiup saxophone. Jadi bagi kalian yang sering bermain Saxophone manakah lebih mudah meniup saxophone posisi berdiri atau posisi duduk.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.