Mau Beli Kalimba? Ini Dia Jenis-Jenis Alat Musik Kalimba dan Harganya

KelasMusik.Com – Sebagai alat musik perkusi rintisan dari mbira yang merupakan alat musik tradisional Afrika bagian Selatan, kini kalimba telah memiliki banyak penggemar.

Dengan menghasilkan suara yang khas membuat kalimba menjadi salah satu alat musik yang cukup diminati di dunia musik tanah air.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli alat musik yang satu ini, mungkin Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis-jenis kalimba beserta harganya.

Jenis-jenis dan harga alat musik kalimba

Pada dasarnya kalimba memiliki beberapa jenis dengan variasi yang berbeda-beda. Perbedaan ini umumnya disebabkan karena karakteristik yang dibangun pada kalimba sendiri sangat beragam, baik bahan yang digunakan dalam pembuatan maupun model bentuknya. Adapun jenis-jenis alat musik kalimba dapat dilihat sebagai berikut.

  • Kalimba X8

Kalimba yang satu ini merupakan salah satu kalimba yang cukup banyak diminati karena bentuknya yang unik. Menggunakan bahan tempurung kelapa membuat kalimba X8 memiliki bentuk setengah bola.

Variasi kalimba X8 mempunyai 7 tangga nada. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang masih tahap belajar agar tidak bingung. Harga kalimba X8 sangat terjangkau untuk kantong pelajar, karena hanya berada di kisaran 200 ribu.

 

  • Kalimba Andoer

Berbeda dengan variasi X8, kalimba andoer memiliki bentuk yang relatif kecil. Sehingga sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Walaupun kecil, namun suara yang dihasilkannya sangat merdu dan indah.

Kalimba andoer terbuat dari bahan dasar kayu betula dengan tambahan baja untuk tangga nada yang berjumlah 10 kunci. Harganya pun cukup terjangkau, berkisar antara 200-250 ribu.

  • Kalimba Luvay

Tidak berbeda jauh dengan variasi andoer, kalimba yang satu ini sama-sama memiliki 10 kunci dengan harga kurang lebih 200 ribu. Perbedaannya hanya terletak pada bahan yang digunakan.

Kalimba luvay terbuat dari kayu pinus dengan kunci berasal dari bar aluminium. Walaupun begitu, hasil suaranya relatif hampir sama.

  • Kalimba ADM

Kalimba ADM adalah salah satu di antara banyak jenis alat musik kalimba yang memiliki 17 note nada standar. Kunci khusus untuk variasi ADM telah dibuat dari bahan stainless sedangkan kayu yang dipakai adalah mahogany.

Harga kalimba ADM bervariasi, mulai dari 400-700 ribu. Harga tersebut sudah telah dilengkapi dengan mini hammer untuk menyetel string.

  • Kalimba Gecko

Sama-sama memiliki note nada berjumlah 17, kalimba gecko lebih mudah ditemukan di pasaran karena cukup familiar. Selain memiliki nama besar, bentuk dari alat musik yang satu ini cenderung elegan dan nyaman dipegang. Suara yang dihasilkan pun tidak kalah merdu dari alat musik kalimba lainnya. Sedangkan harga untuk kalimba gecko dibanderol antara 650-750 ribu.

  • Kalimba Mugig

kalimba Mugig dikenal mampu menghasilkan suara yang jernih. Alat musik ini juga dilengkapi dengan 17 note nada standar. Walaupun kuncinya banyak, namun lebih mudah untuk dimainkan bahkan oleh kalangan anak-anak.

Mugig merupakan jenis alat musik kalimba yang cocok untuk pemula. Cukup dengan mengeluarkan uang kurang lebih 400 ribu, Anda sudah dapat membeli kalimba jenis mugig ini.

  • Kalimba Donner

Variasi donner adalah alat musik kalimba yang memiliki 17 kunci dengan mode internasional standar C. Dengan begitu, kalimba donner mampu menghasilkan nada dasar tune C yang hampir menyerupai nada piano sungguhan. Harganya tidak terlalu mahal di kelasnya, karena hanya berada di kisaran 400-500 ribu.

 

Masing-masing jenis kalimba di atas memiliki karakteristik yang berbeda, mulai dari bentuk hingga suara yang dihasilkan. Harga alat musik kalimba juga relatif murah. Sesuaikan budget Anda sebelum membeli alat musik kalimba agar memperoleh jenis kalimba seperti yang diharapkan.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.