Mengapa Harus Belajar Not Bagi Yang Hendak Belajar Musik

KelasMusik.Com – Musik memang salah satu hal yang hampir diminati sebagian besar orang di dunia. Tidak hanya sebagai penikmat, sebagian orang ingin bermain musik. untuk mulai belajar bermain musik, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan alat musik yang akan kita gunakan. Sebab di dunia ini terdapat banyak sekali jenis alat musik dan hampir setiap negara memiliki alat musik tersendiri.

Jika kita memilih alat musik modern, seperti gitar, piano, bass, violin, saxophone, bass, dan masih banyak lagi, sebagai alat musik yang ingin kita pelajari maka kita juga harus mulai mencari apa saja yang dibutuhkan untuk memainkan alat musik modern. Selain mempelajari hal-hal penting lain dalam musik seperti nada, nada dasar, tangga nada, jarak antara nada, dan lain-lain, kita juga perlu mengetahui tentang notasi nada atau biasa disebut sebagai not untuk memudahkan kita dalam membaca dan memahami musik.

Mengapa harus belajar not? Banyak sekali manfaat yang akan kita dapat dalam kemampuan bermusik kita jika kita memahami not tersebut. Ada dua jenis not dalam musik, yaitu not balok dan not angka, kedua-duanya memiliki kesamaan fungsi sebagai kumpulan simbol-simbol dalam dunia musik. hanya saja not angka mungkin hanya dikenal dan populer di Indonesia saja, sedangkan not balok sudah menjadi acuan dalam penulisan karya musik secara internasional.

Walaupun memiliki kesamaan fungsi, keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing di dalam mempraktekkannya. Berikut ini beberapa alasan penting mengapa belajar not bagi mereka yang sedang atau baru saja memulai belajar bermain musik.

  1. Dengan mempelajari notasi dapat membaca karya-karya musik terkenal

Seseorang yang sedang mempelajari  sesuatu, hal yang pertama dilakukan adalah meniru. Itu merupakan kondisi yang sangat wajar dan merupakan kemampuan alami seperti pada bayi yang sedang belajar bicara, bayi akan menirukan ucapan-ucapan dari orang-orang di sekitarnya. Tak terkecuali dalam belajar bermusik, para pemula biasanya menirukan dengan memainkan karya-karya dari musisi terkenal atau dari karya-karya lain yang sudah ada.

Di sinilah mengapa harus belajar not, sebab hampir semua karya-karya musik itu dituliskan dengan bahasa not tersebut. Entah dalam not angka maupun not balok. Jika kita menguasai not balok maupun not angka, tentu akan menjadi modal besar dalam pembelajaran musik kita.

  1. Dengan mempelajari notasi dapat menulis karya musik

Musik memang terdiri dari bunyi-bunyian. Akan tetapi, seperti bahasa yang kita gunakan sehari-hari untuk berkomunikasi yang dapat kita tuliskan, musik juga memiliki bahasa penulisannya sendiri. Bahasa musik tersebut biasa disebut sebagai notasi. Selain dapat digunakan untuk berlatih musik dengan membaca karya-karya orang lain dan menirukannya, kita juga dapat menulis sendiri karya musik kita.

Inilah pentingnya mengapa harus belajar not, ketika kita ingin serius terjun ke dalam dunia musik. setiap musisi harus bisa melahirkan karya musiknya sendiri dan untuk mempermudah, musik itu harus ditulis ke dalam bahasa khusus yang menggunakan notasi angka maupun notasi balok.

  1. Bagi guru musik, menguasai notasi adalah nilai plus

Ketika orang ingin belajar musik, orang pertama yang mereka datangi tentu adalah guru musik. Para calon murid ini tentu saja akan mencari guru yang dianggap paling mahir dan handal dalam soal bermusik. Jadi bagi para guru musik merupakan nilai plus jika menguasai notasi angka dan notasi balok.

Kata kunci pencarian:

mengapa kita harus mempeajari tenntang not, 
Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.