Penting untuk Diketahui 5 Teknik Dasar Belajar Musik

KelasMusik.Com –  Dalam proses belajar musik, ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai. Teknik dasar tersebut merupakan bagian-bagian penting yang selalu ada di hampir semua alat musik. Ketika seseorang menguasai teknik dasar ini, maka dengan cepat ia akan menguasai musik itu sendiri. Adapun teknik dasar belajar musik yang dimaksud terbagi menjadi 5 unsur di bawah ini.

5 teknik dasar belajar musik yang harus diketahui

5 teknik dasar meliputi ritme, nada, harmoni, tempo, dan dinamik. Berikut penjelasan masing-masing teknik dasar serta unsur-unsur yang ada didalamnya.

  1. Ritme

Ritme merupakan panjang pendeknya suatu bunyi yang dihasilkan dari serangkaian not dengan penghitungan menggunakan ketukan. Masing-masing bunyi memiliki ukuran ritme yang berbeda-beda sesuai dengan intensitas kebutuhan dalam susunan musik. Adapun di dalam ritme sendiri terdapat 4 unsur sebagai berikut.

  • Pulsa: suatu ketukan yang dilakukan secara berulang-ulang dengan alur yang memiliki keteraturan.
  • Not: merupakan notasi yang menjadi lambang atas keberadaan suatu bunyi dari musik tertentu.
  • Tanda diam: merupakan notasi yang menjadi lambang atas tiadanya suatu bunyi dalam musik tertentu.
  • Durasi: ukuran waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui lamanya suatu bunyi atau diam dengan ketukan sebagai pengukurnya.
  1. Nada

Nada sendiri diartikan sebagai bunyi yang berasal dari alat musik ketika dimainkan serta memiliki frekuensi yang tetap. Nada memiliki variasi yang beragam, sesuai dengan jenis alat musik yang digunakan untuk menghasilkan suara. Sedangkan unsur-unsur nada terbagi menjadi 4 berikut ini.

  • Frekuensi: jumlah getaran dalam suatu bunyi atau suara yang dihitung per detik.
  • Amplitudo: merupakan tingkat kuat atau lemahnya sebuah nada di dalam komposisi suara.
  • Timbre: adalah variasi atau warna nada yang mana penentuannya menggunakan instrumen musik yang dimainkan.
  • Stemfluit: sarana berupa alat musik yang berfungsi untuk mengatur atau menyetel nada. Atau dalam istilah lain juga dikenal sebagai garputala.
  1. Harmoni

Suatu kombinasi suara yang tersusun dalam komposisi bunyi atau melodi dengan tujuan untuk mengiringi bunyi atau melodi utama. Suara harmoni merupakan suara yang memiliki ciri khas serta karakteristik berdasarkan komposisi yang diatur. Adapun harmoni memiliki 3 unsur sebagai berikut.

  • Melodi: serangkaian nada yang diatur dengan pola ritme tertentu.
  • Akor: kumpulan nada yang tersusun atas tiga atau lebih dengan fungsinya untuk mengiringi melodi tertentu agar menghasilkan kombinasi suara yang indah.
  • Interval: suatu hitungan jarak antara dua buah not yang berjajar.
  1. Tempo

Tempo diartikan sebagai kecepatan sebuah lagu dengan pulsa atau ketukan sebagai tolak ukurnya. Metronome merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur tempo dari lagu-lagu tertentu. Tempo sendiri memiliki dua jenis yaitu tempo tetap dan tidak tetap atau tempo yang bergerak.

  • Tempo tetap: tempo yang tidak berubah sepanjang lagu.
  • Tembok bergerak: tempo yang selalu berubah-ubah atau bergerak untuk disesuaikan dengan ekspresi lagu.

Selain memiliki dua jenis, tempo juga memiliki tiga macam tanda. Accelerando yang menandakan tempo semakin cepat, ritardano yang menandakan tempo semakin lambat, serta fermata yang menandakan adanya perpanjangan tanda diam akibat tanda ketukan yang ditahan sementara.

  1. Dinamik

Adapun dinamik memiliki arti lembut atau kerasnya suatu lagu yang diukur menggunakan intensitas tertentu.

Kelima teknik dasar di atas merupakan unsur-unsur yang perlu dikuasai dalam proses belajar musik. Tujuannya yaitu untuk mempermudah seseorang dalam menguasai musik setelah mengetahui teknik dasar permainan musik. Selain itu keberadaan teknik dasar juga difungsikan untuk memberikan arahan agar proses belajar musik dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.