Perbedaan Mendasar Dari Belajar Piano Klasik Dan Piano Pop

KelasMusik.Com – Pertanyaan mengenai perbedaan belajar piano klasik dan piano pop memang tidak hanya dibicarakan di kalangan para penggiat seni musik, terutama para pianis. Para pianis ini seperti tergolong menjadi dua golongan. Golongan pertama adalah para pianis klasik dan segenap penikmat musik klasik yang menganggap bahwa musik klasik adalah musik yang sebenarnya dan penuh dengan keagungan didalamnya.

Sementara golongan kedua yang mungkin menjadi kayoritas penggiat musik di jaman sekarang, yaitu para pianis pop dan para penggemarnya. Lebih-lebih pertanyaan mengenai perbedaan mendasar dari belajar piano klasik dan piano pop akan selalu dilontarkan ketika akan masuk kursus atau les privat piano.

Mereka yang baru akan belajar piano dibingungkan dengan dua pilihan anatara belajar piano klasik ataupiano pop. Anggapan yang banyak beredar di masyarakat adalah bahwa belajar piano klasik sangat rumit, butuh waktu yang lama, perlu ketekunan ekstra, dan dianggap terlalu kuno.

Para penikmat musik klasik ini tak jarang menganggap musik pop sebagai musik yang asal-asalan dan tidak bermakna sama sekali. Sedangkan jika belajar piano klasik dianggap lebih kekinian, cepat bisa, mudah, dan lebih keren. Sebagian dari mereka menganggap musik klasik sebagai musik yang kuno, tidak sesuai jaman, dan terlalu kaku. Jika kita menuruti pertarungan pendapat seperti itu seakan tidak pernah akan selesai dan malah bisa jadi akan membuat kita pusing dan malah tidak jadi belajar piano.

Maka dari itu, ada baiknya kita bersikap bijak terhadap perbedaan pendapat itu dengan mencari informasi yang lebih netral atau objektif dari anggapan orang-orang. Beberapa keterangan mengenai perbedaan mendasar belajar piano klasik dan piano pop dapat anda baca di bawah ini. Jadi silahkan langsung simak saja.

  1. Arti istilah piano klasik dan piano pop

Istilah piano klasik merujuk pada piano yang digunakan untuk memainkan musik-musik klasik (musik barok, musik klasik, dan musik romantik). Sedangkan piano pop memiliki arti piano yang digunakan untuk memainkan musik-musik populer. Kedua jenis musik tersebut sebenarnya dapat dimainkandengan satu piano yang sama.

Istilah pop sendiri merupakan kependekan dari kata populer dalam bahasa inggris dan populus dalambahasa Yunani yang bermakna banyak orang. Istilah tersebut mulai muncul pada tahun 1926 dansemakin populer pada tahun 1950-an. Jadi istilah musik pop lebih mengacu kepada jenis musik yang cepat disukai banyak orang.

  1. Perbedaan mendasar dari belajar piano klasik dan piano pop

Perbedaan mendasar dari belajar piano klasik dan piano pop selain muncul pada jaman yang berbeda, kedua jenis musik ini juga berbeda secara musikalitas. Musik klasik memiliki ritme yang dibangun mengikuti aliran nada dalam sebuah kerangka musik yang memiliki aturan baku. Piano klasik menuntut permainan yang tinggi dan presisi, sesuai dengan notasi balok yang tertulis di partitur lagu. Sedangkan musik atau piano pop biasanya dimainkan dengan ritme yang ajeg.

Permainan piano pop lebih menuntut teknik yang bervariasi dan improvisasi yang tinggi. Itu sebabnya di dalam penulisan partitur lagu piano pop hanya berisi kunci dan lirik, sehingga pemain harus mengembangkan gaya permainannya sendiri.

  1. Piano klasik sebagai dasar piano pop

Banyak para pianis sebagai musisi ayau guru piano yang setuju dengan pendapat bahwa belajar pianopopuler harus didasari dengan pengetahuan partitur dan teknik pada musik klasik. Jadi, sebenarnya perbedaan mendasar dari belajar piano klasik dan piano pop bukan untuk diperdebatkan, tetapi memang memiliki peran yang berbeda.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.