Perbedaan Musik Jaman Sekarang dengan Jaman Dahulu

KelasMusik.Com – Berbicara mengenai musik, pastinya terdapat perbedaan musik jaman sekarang dengan jaman dahulu. Perbedaan ini tentu saja bisa muncul karena banyak faktor. Nah, berikut ini adalah 3 faktor yang menyebabkan adanya perbedaan musik jaman sekarang dengan musik jaman dahulu :

Perbedaan Tren Musik

Salah satu hal yang menjadi perbedaan musik jaman sekarang dengan jaman dahulu adalah perbedaan tren yang ada. Tak dapat dipungkiri, musik memang selalu berkembang, begitu pula dengan tren yang ada. Saat ini, paling tidak ada beberapa jenis tren musik yang masuk di dalam industry musik, dan “laku”, yang sangat berbeda jauh dengan musik jaman dahulu.

Saat ini, musik lebih banyak didominasi oleh tren pop, rap, dan juga dangdut (untuk di Indonesia). Tren pop dan juga rap ini dapat terlihat dari berbagai macam musik berskala internasional, yang banyak menggunakan model – model musik bergenre pop yang bercampur dengan rap, dan beberapa juga banyak dikombinasikan dengan genre electric music. Tren musik saat ini membuat banyak DJ yang bermunculan dan terkenal. Padahal, musik jaman dahulu, DJ yang mengeluarkan musik untuk skala internasional tidaklah setenar sekarang. Hal ini memang disebabkan oleh perbedaan tren.

Untuk musik jaman dahulu, tren yang ada kebanyakan adalah pop dan juga rock (baik rock n roll, alternatives, hingga metal). Lagu pop banyak didominasi oleh band, boyband, ataupun soloist dengan tema percintaan namun dengan lirik yang dalam dan benar – benar menempel di hati para pendengarnya. Begitu pula dengan rock, musik yang cenderung keras ini juga menjadi tren pada jaman dahulu, kira – kira tahun 60-an hingga 90-an.

Persaingan Yang Ketat Antar Musisi

Hal berikutnya yang merupakan perbedaan musik jaman sekarang dengan jaman dahulu adalah persaingan yang ketat antar musisi. Saat ini, antar musisi memiliki persaingan yang bisa dibilang ketat, karena mengaplikasikan tren musik yang hampir sama. Hal ini secara tidak langsung menuntut para musisi atau pencipta untuk mengeluarkan karyanya dengan cepat, sehingga bisa langsung dilempar ke pasaran. Bisa kita lihat, dalam kurun waktu 1 hingga 2 tahun, satu musisi bisa mengeluarkan lebih dari 1 album. Hal ini tentu saja bisa membuat kualitas dari lagu menurun.

Berbeda dengan jaman dahulu. Banyak musisi dan pencipta lagi pada jaman dahulu yang sangat lama dalam membuat album. Bisa membutuhkan waktu minimal 1 tahun dalam membuat album. Namun hal ini memberikan dampak kualitas lagu yang lebih baik dan lebih mendalam maknanya. Selain itu, pada jaman dahulu, musisi memiliki jalannya sendiri – sendiri, dengan tren musik yang lebih banyak “pilihan” sehingga tidak menuntut musisi untuk cepat – cepat meluncurkan karyanya, karena takut pasar mereka diambil oleh musisi lainnya.

Pembajakan Hak Cipta

Perbedaan berikutnya bisa kita lihat dari masalah pembajakan hak cipta. Terlihat perbedaan yang sangat kontras antara musik jaman sekarang dengan musik jaman dahulu. Musik jaman sekarang, banyak karyanya yang dibajak. CD dan kaset penjualannya lesu. Album digital pun juga tidak terlalu “wah” penjualannya. Hal ini berkaitan dengan pembajakan hak cipta, dimana banyak pendengar yang lebih memilih mendownload lagu secara gratis tanpa harus membelinya.

Berbeda dengan jaman dahulu, dimana banyak sekali pendengar yang rela mengantri berjam – jam di depan toko kaset hanya untuk membeli kaset atau CD terbaru dari musisi – musisi tertentu. Pada jaman dahulu, pembajakan masih jarang sekali terjadi, dan tidak sebanyak sekarang ini.

Nah, itulah beberapa hal yang menjadi perbedaan musik jaman sekarang dengan jaman dahulu. Semoga industri musik dunia, dan juga Indonesia bisa semakin maju dan juga berkembang pesat menciptakan karya – karya yang mengagumkan.

Kata kunci pencarian:

musik sekarang, perbedaan musik dulu dan sekarang, pada zaman dulu orang menciptakan musik hanya untuk, musik zaman sekarang, perbedaan lagu jaman dulu dan sekarang, perbedaan musik dahulu dan sekarang, pada zaman dahulu orang menciptakan musik hanya untuk, musik jaman dulu, perbedaan lagu dulu dan sekarang, perbedaan musik indonesia dulu dan sekarang, 
Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.