Teknik Dasar Fingerstyle Dalam Bermain Gitar Akustik

KelasMusik.Com – Ada berbagai macam teknik dasar fingerstyle dalam bermain gitar akustik. Sebagai salah satu gaya bermain gitar yang cukup banyak diminati oleh penggemar musik, fingerstyle memiliki teknik yang cenderung sulit untuk dikuasai.

Meskipun begitu, ada beberapa teknik dasar yang bisa Anda pelajari sebagai langkah awal untuk mendalami gaya fingerstyle dalam bermain gitar akustik.

1. Fingering
Teknik paling dasar dari permainan gitar fingerstyle adalah penempatan jari. Teknik fingering memposisikan jari dari masing-masing tangan untuk tugas yang berbeda. Jari-jari tangan kiri difungsikan untuk menekan senar di fret, sedangkan jari-jari tangan kanan difungsikan untuk memetik senar di permukaan body.

2. Strumming
Teknik dasar fingerstyle dalam bermain gitar akustik yang kedua adalah strumming, sebuah teknik memetik gitar yang dilakukan secara bersamaan.

Adapun jumlah senar yang harus dipetik untuk satu nada bisa disesuaikan dengan karakteristik lagu, mulai dari petikan 2 senar hingga 6 senar sekaligus. Petikan dilakukan dengan menggunakan ujung jari tangan atau fingerpicks.

3. Hammer On
Teknik fingerstyle berikutnya adalah dengan membunyikan dua nada dalam tempo yang pendek. Teknik hammer on ini dilakukan dengan cara menekan senar sebagai nada awal kemudian disusul menekan senar yang lebih tinggi untuk nada yang akan dimainkan.

4. Pulled Of
Jika pada teknik hammer on mengharuskan petikan kedua adalah nada yang lebih tinggi, maka untuk teknik pulled off ini sebaliknya. Setelah nada awal ditekan kemudian nada kedua dimainkan sembari melepaskan penekanan jari pada nada pertama.

Dalam hal ini, pelepasan tekanan senar harus selalu mengiringi ketika beranjak ke nada berikutnya.

5. Sliding
Pada teknik ini, penekanan terhadap senar dilakukan dengan cara digeser tanpa dilepas. Dalam satu petikan, jari tangan kiri menekan senar di fret tertentu lalu menggesernya ke fret berikutnya secara langsung tanpa dilepas.

6. Tapping
Teknik tapping dalam fingerstyle bisa dibilang sangat menyerupai cara permainan di dalam teknik hammer on. Hanya saja di teknik tapping masing-masing jari di tangan kanan dan kiri melakukan teknik hammer on secara bersamaan dalam waktu yang sama.

7. Harmonics
Di antara semua teknik fingerstyle, mungkin harmoni bisa dikatakan sebagai teknik bermain yang tersusah. Sebab pemain fingerstyle harus berusaha merubah nada dari “do” rendah ke “do” tinggi secara langsung.

Untuk dapat memainkan teknik fingerstyle yang satu ini setidaknya ada 3 cara yang bisa dilakukan:
a. Menggunakan ibu jari dan jari manis untuk memetik senar sembari menyentuk senar namun tidak sampai menyentuh fret dengan menggunakan jari telunjuk. Adapun bagian senar yang ditekan dengan bagian senar yang dipetik harus berjarak 17 fret.

b. Untuk permainan chord lepas, teknik harmonics dilakukan dengan memukul gitar secara keras pada bagian fret ke 5, 7, 12, dan 19.
Menyentuh secara lembut pada fret ke 5, 7, 12, dan 19. Jangan sampai senar tertekan hingga menyentuh fret. Lepaskan sentuhan senar yang terkait sesegera mungkin setelah senar tersebut dipetik.

8. Drifting
Khusus teknik drifting ini, jari-jari tangan kanan tidak hanya berfungsi untuk memetik senar di bagian permukaan gitar, melainkan juga berperan terhadap permainan nada di bagian fret.

Adapun cara melakukannya yaitu dengan memukul senar, bisa juga memukul body di saat permainan nada tertentu untuk menghasilkan beat. Bahkan ada kalanya melakukan tugas yang sama seperti jari-jari tangan kiri secara bergantian.

9. Golpe
Berbeda dari teknik-teknik fingerstyle sebelumnya, teknik golpe adalah teknik dasar fingerstyle dalam bermain gitar akustik hanya dilakukan dengan cara memukul permukaan gitar menggunakan jari-jari tangan untuk memberi kombinasi suara yang unik hingga mengeluarkan efek perkusi.

Demikian beberapa teknik dasar bermain fingerstyle gitar akustik yang bisa menjadi referensi Anda. Untuk bisa menguasai gaya permainan gitar akustik yang satu ini sangat membutuhkan keseriusan dalam belajar.

Adapun dalam prosesnya membutuhkan pemahaman dan ketelitian untuk bisa mengontrol jari-jari tangan agar sesuai dengan gaya permainan fingerstyle.

BACA JUGA :

Apa Saja Perbedaan Gitar Akustik Dan Gitar Elektrik?

Jurus Belajar Bermain Gitar Bagi Pemula

Belajar Gitar Klasik Atau Gitar Akustik Dengan Mudah Untuk Pemula

Cara Merawat Gitar

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.