Teknik Yang Benar Bermain Biola Untuk Pemula

KelasMusik.Com – Untuk melatih skill dalam bermain biola, ada teknik dasar yang harus dikuasai supaya tepat memainkannya. Teknik yang benar bermain biola tentu membutuhkan waktu yang relatif lama, karena keterampilan biola mudah terbentuk jika membiasakan diri dalam bermain.

Apabila Anda ingin mahir memainkan alat instrumen yang satu ini, cara bermain biola bagi pemula mungkin cocok untuk Anda yang tidak terbiasa memainkannya.

Berikut ini teknik bermain biola untuk pemula yang bisa Anda terapkan saat berlatih.

  1. Setel busur dan senar biola agar berfungsi dengan baik

Agar suara instrumen yang dihasilkan merdu, maka busur dan senar biola harus dipastikan dulu kualitas suaranya.

Penyetelan busur cukup dilakukan dengan memutar tension screw searah jarum jam untuk membuat rambut busur jadi lebih kencang. Setelah itu, bersihkan area rambut busur dari debu dan minyak menggunakan damar atau sejenisnya.

Sedangkan untuk mengatur senar biolanya, Anda harus membeli alat penyeteman suara elektrik atau bisa download dari aplikasi seluler.

Dengan menggunakan alat ini, coba buatlah suara dari senarnya dan tes kesesuaian kuncinya. Putarlah pegs dan buat urutan senar biola berurutan dari nada rendah ke tinggi dengan kunci G – D – A – E.

  1. Menggenggam busur dengan cara yang benar

Selanjutnya teknik yang benar bermain biola adalah yang dapat Anda lakukan sebelum memegang busur, buatlah jari-jari tangan dalam keadaan rileks.

Posisikan tiga jari tengah di pegangan busur, tepatnya pada frog (sel rambut busur). Letakkan jari kelingking di penghujung pegangan yang dekat dengan sekrup.

sarah chang bermain biola - keuntungan bermain musik

Saat menempatkan ibu jari di balik pegangan tersebut jangan menempelkan telapak tangan pada pegangan atau busur. Buat semua jari dalam keadaan melengkung (lemas).

  1. Memposisikan biola dengan sempurna dan nyaman

Posisi badan menjadi salah satu yang penting yang harus Anda ketahui. Posisi badan harus benar supaya saat memainkan biola biasa rileks. Anda bisa melakukan teknik yang benar bermain biola dengan posisi berdiri/duduk keadaan tubuh tegak lurus.

Tempatkan ekor biola di leher Anda. Jepit biola diantara rahang kiri (arah dagu) dan tulang selangka sebelah kiri (relatif di bawah telinga).

Kemudian tangan sebelah kiri Anda gunakan untuk memegang leher biola. Tempatkan tangan di atas leher biola dengan area ibu jari sebagai penyangga di bawahnya.

  1. Lakukan teknik penggesekan senar biola yang sesuai

Untuk memulai penggesekan, tahan posisi biola dengan kuat agar tidak mudah goyah. Taruh rambut busur tepat di atas jembatan senar (1-2 cm dari penyangga senar di bawahnya).

Lakukan penggesekan dengan menarik — mendorong busur secara lurus (arah gesekan busur 90 derajat dari arah senar).

  1. Memainkan teknik dasar biola tahap awal

Teknik yang benar bermain biola adalah dengan bermain tanpa kunci (terbuka). Kenali teknis gesekan dan ciri khas suara yang keluar dari masing-masing senar. Berikutnya, lakukan gesekan secara bertahap dari urutan atas ke bawah untuk kunci G – D – A – E.

Belajarlah melakukan gesekan satu per satu pada masing-masing senar. Berusaha untuk menggesekkan rambut busur di satu senar tanpa menyentuh senar lainnya. Lakukan gesekan pendek dan panjang agar mampu memahami gaya suara.

  1. Berlatih menguasai kunci setiap not

Penekanan senar pada biola tidak seperti gitar. Agar bisa menghasilkan suara not yang baik, jari hanya perlu menekan senar dengan lembut dan teratur.

Di tahap awal, berlatihlah menggunakan jari terkuat ketika menekan senar. Setelah mampu menyesuaikannya, baru Anda bisa melatih jari lainnya.

Langkah berikutnya adalah bagaimana caranya jari-jari Anda bisa menjangkau semua senar dengan posisi manapun.

  1. Mencoba membuat variasi tangga nada

Setelah Anda mampu mengatur pergerakan jari dengan mudah, Anda bisa memulai permainan variasi not untuk menghasilkan suara yang bagus.

Mulailah belajar dari not yang mudah untuk dicoba, yakni D mayor. Semakin Anda paham terhadap not tertentu, tambahkan secara bertahap untuk permainan not lainnya. Ulangi secara terus-menerus sampai Anda mengerti semua teknik not dalam permainan biola.

Demikian teknik dan cara bermain biola yang dapat menjadi panduan Anda. Untuk mendapatkan bakat yang bagus dalam permainan biola, tentu Anda harus rutin belajar dan menambah intensitas berlatih dari hari ke hari.

BACA JUGA :

TIPS MEMILIH ALAT MUSIK BIOLA UNTUK PEMULA

Tiga Hal Penting Untuk Mengetahui Kunci Nada Dasar Belajar Biola

Tips Yang Kamu Harus Diketahui Sebelum Mempelajari Alat Musik Biola

Berbagai Aplikasi Belajar Biola Android

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.