Tiga Hal Penting Untuk Mengetahui Kunci Nada Dasar Belajar Biola

KelasMusik.Com – Bermain alat musik biola sangat populer di beberapa kalangan, terutama sekali di kalangan musisi maupun peminat music klasik, walaupun music populer juga tidak jarang menggunakan biola untuk menciptakan jenis musikalitas tertentu.

Memang alat music biola lebih dikenal sebagai alat music klasik yang berkembang di Eropa sejak beberapa abad sebelumnya.

Namun sekarang selain dipelajari di sekolah tinggi seni dan kursus-kursus seni, biola juga bisa dipelajari secara otodidak. Tetap saja, memiliki mentor atau guru dalam mempelajari permainan biola tentu lebih disarankan.

Hal yang paling utama untuk dilakukan dalam belajar bermain biola, setelah memiliki alat musiknya tentu saja, adalah mengetahui kunci nada dasar belajar biola.

Sebenarnya bukan hanya pada biola, namun sebagian alat music juga memerlukan pemahaman tentang hal tersebut. Untuk mengetahui kunci nada dasar belajar biola ada tiga hal yang perlu dipelajari. Berikut tiga hal tersebut.

  1. Mengetahui nada dasar

Apakah pernah mendengar ungkapan “main di C” atau “main di kunci C” dari para musisi yang sedang bermusik? Ungkapan tersebut memiliki arti bahwa lagu atau musik yang akan mereka mainkan bernada dasar C.

Nada dasar sendiri sangat penting dalam sebuah music, apalagi music yang dimainkan dengan lebih dari satu instrument karena berfungsi sebagai patokan atau kunci dari sebuah komposisi music.

Biasanya nada dasar disebutkan dalam huruf kapital, yaitu nada dasar C, D, E, F, G, A, B. Jika kita memainkan biola menggunakan nada dasar C mayor, maka nada C akan mencadi nada “do”.

Di dalam penulisan akan kita jumpai C = do.

Nada dasar merupakan dasar pemahaman untuk mengetahui kunci nada dasar belajar biola. Ada beberapa kriteria umum yang dapat dipakai dalam menentukan nada dasar.

Sebagai contoh, nada dasar disesuaikan dengan nuansa music yang akan dibuat, atau nada dasar disesuaikan dengan kemampuan vocal dari seorang vokalis, dan sebagainya.

  1. Tangga Nada

Tangga nada adalah sejumlah nada yang tersusun secara berjenjang sesuai dengan nada dasar yang digunakan.

Kita mungkin lebih familiar dengan istilah “solmisasi”, atau bunyi do, re, mi, fa, sol, la, dan si, istilah tersebut adalah jenis-jenis nada yang biasa digunakan dalam teori musik.

Tangga nada ini sangat ditentukan oleh nada dasar yang dipilih. Jika kita tidak mengetahui kunci nada dasar bermain biola, tentu akan sangat menghambat perkembangan kita dalam belajar.

Jika nada dasar mayor selalu mengawali nadanya dari “do”, berbeda dengan nada dasar minor yang mengawali nadanya dari “la”.

Misalnya jika sebuah tangga nada menggunakan nada dasar G mayor, maka do = C, atau nada dasar A maka do akan sama dengan A dan seterusnya. Sedangkan jika menggunakan nada dasar A minor maka nada A akan menjadi la dan seterusnya.

  1. Jarak Nada

Untuk mengetahui kunci nada dasar bermain biola, kita juga harus memahami apa itu jarak nada.

Jarak nada adalah jarak antara sebuah nada dengan nada yang lain pada sebuah tangga nada. Secara berurutan, jarak nada dengan nada di atasnya atau di bawahnya hanya ada dua kemungkinan, yaitu berjarak 1 nada atau setengah nada.

Hal tersebut akan berbeda pada setiap nada dasar yang digunakan. Demikian tiga hal penting untuk mengetahui kunci nada dasar bermain biola semoga bermanfaat dan bisa membantu untuk lebih mudah belajar musik biola.

BACA JUGA :

Cara Mudah Belajar Memainkan Biola

Cara Merawat Alat Musik Biola, Viola, Gitar, Cello

Tips Yang Kamu Harus Diketahui Sebelum Mempelajari Alat Musik Biola

Teknik Yang Benar Bermain Biola Untuk Pemula

Tips Memilih Alat Musik Biola Untuk Pemula

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.