Tips Dasar Bermain Gitar

KelasMusik.Com – Ingin bisa bermain seperti gitaris sekelas John Petrucci, Steve Vai, Yngwie Malmsteen, atau Joe Satriani? Tunggu dulu, ada proses menuju ke sana. Kalau baru pertama kali memegang gitar, kemampuan semacam itu pastinya hanya mimpi. Tidak perlu terburu-buru. Jika ingin bermain lebih baik sampai mampu mempelajari lagu-lagu para gitaris tersebut, coba beberapa tips dasar bermain gitar berikut ini.

Berlatih!

Hanya ada satu cara paling cepat dan terbaik untuk menguasai gitar: berlatih!. Saran ini diberikan bahkan oleh para gitaris-gitaris papan atas. Bagian penting dalam pelajaran bermain gitar adalah kemampuan motorik jari, bagaimana jari ‘mengingat’. Jari-jari harus ‘tahu’ bagaimana bermain gitar tanpa harus diberitahu oleh otak. Satu-satunya cara untuk mencapainya adalah dengan berlatih.

Berapa lama waktu ideal untuk berlatih? Tidak harus banyak, asal rutin. Latihan selama setengah sampai satu jam setiap hari lebih baik daripada tiga sampai empat jam namun hanya sekali seminggu. Yang perlu diingat, kita sedang melatih mengembangkan kemampuan ‘mengingat’ jari, dan itu berarti, diperlukan latihan rutin.

Cari cara agar tetap termotivasi

Bermain gitar tidak akan mudah. Tentu saja, sebenarnya tidak ada instrumen yang mudah dipelajari. Terlebih lagi saat di awal-awal mulai bermain gitar, suaranya akan terasa tidak enak di telinga dan tangan benar-benar tidak berkoordinasi dengan baik. Ujung-ujung jari akan terasa sakit dan mungkin saja terluka. Tidak terhitung berapa lama berlatih, tapi rasanya tidak permainan tidak juga berkembang. Akan sulit menjaga motivasi tetap bertahan dalam waktu lama. Tanpa motivasi kuat, kita barangkali akan meletakkan gitar setelah satu atau dua bulan dan beralih ke hal lain.

Temukan cara agar tetap termotivasi. Apapun motivasinya, tetap jaga itu. Kemudian tentukan target jangka pendek dan berikan reward terhadap diri sendiri setelah berhasil mempelajari sesuatu.

Pelajari teknik-teknik dasar

Bermain gitar sebenarnya hanyalah kombinasi dari teknik-teknik dasar. Jadi, luangkan banyak waktu untuk mempelajarinya dengan benar. Seseorang yang telah menguasai teknik-teknik dasar dengan baik mampu memainkan sebuah solo hanya berdasarkan satu chord, misalnya G. Pelajari variasi bermain ritem dan lead. Pelajari cara memetik gitar. Pelajari teknik-teknik seperti hammer on atau slide. Bahkan, pelajari juga cara menempatkan tangan dan jari pada gitar. Pastikan luangkan waktu, kesabaran, dan ketekunan. Tidak perlu terburu-buru sampai harus melewati satu teknik penting.

Bermain sesuai dengan ketukan

Salah satu masalah yang umum ditemukan pada orang yang pertama kali belajar bermain gitar adalah kehilangan tempo dan ketukan, sebab belum bisa bermain secara stabil. Dia bisa saja bermain agak cepat di awal, tiba-tiba melambat. Tidak jarang petikannya ketinggalan atau kecepatan satu ketukan, sehingga terasa aneh saat diiringi dengan nyanyian. Untuk mengatasi masalah seperti ini, cobalah menggunakan anggota tubuh untuk menjaga ketukan dan tempo. Misalnya ketukkan kaki secara stabil sesuai tempo, dan bermainlah sesuai ketukan tersebut. Jika memungkinkan, belilah sebuah metronom atau gunakan sebuah software metronom.

Belajar dengan mendengarkan

Ini tips penting yang akan diberikan musisi pada siapapun yang ingin bermain musik: belajar mendengarkan. Kita tidak akan bisa memainkan gitar kalau gitar tidak distem dengan benar. Kalau kita merasa ada yang ganjil dan aneh saat bermain gitar, sangat mungkin permainan memang buruk. Coba dengarkan sebuah lagu tanpa banyak teknik, lalu coba temukan chord dan lead gitar di dalam lagu itu. Awalnya akan sulit, seiring waktu kepekaan pendengaran akan meningkat.

Belajar teori musik

Memang benar teori bukan segalanya, namun mempelajari teori musik akan sangat membantu permainan gitar, terlebih bila kita ingin menciptakan sebuah lagu atau lead. Beberapa teori yang perlu dipelajari antara lain: interval, triad, dan skala.

Itulah beberapa tips dasar bermain gitar. Dari semua tips tersebut, tips nomor satu menjadi prioritas paling utama, berlatih dan berlatih. Berlatih secara rutin, pelajari teori dan lagu, dan kembangkan permainan secara bertahap.

 

 

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.