Tips Mudah Saat Belajar Vokal Bagi Pemula

KelasMusik.Com – Bernyanyi merupakan bagian dari seni musik. Bernyanyipun bisa dilakukan dengan alat musik pengiring maupun tanpa alat musik sekalipun.

Pada dasarnya bernyanyi hampir sama saja dengan instumen musik lainnya yang memiliki aturan atau teknik tertentu dan tetap berpatokan pada nada dasar dan turunannya serta mengikuti pola ritme dan tempo tertentu.

Yang membedakan bernyanyi dengan instrumen musik lainnya adalah jika instrumen lain alat utamanya berada di luar tubuh kita, sedangkan bernyanyi alat utamanya ada di dalam tubuh kita, yaitu mulut yang menghasilkan bunyi atau vokal.

Sama halnya dalam mempelajari instrumen musik pada umumnya, bernyanyi memerlukan pemahaman tentang musik dan tentu saja latihan yang cukup. Berikut ini ada beberapa tips mudah saat belajar vokal yang dapat membantu dalam mengolah suara.

  1. Mendengar dan memahami nada

Mendengar dan terutama dapat menghapal dan memahami nada merupakan kunci dalam seni vokal atau bernyanyi. Untuk menguasai nada, dapat dengan cara banyak-banyak mendengar suara vokal maupun instrumen dan menghapalkan nadanya.

Jika hal itu dilakukan terus menerus dan konsisten, lama-lama telinga kita akan lebih peka terhadap nada. Yang mana jika kita sudah menguasai nada, kita bisa bernyanyi dengan harmonis dan tidak fals. Apalagi jika bernyanyi dengan diiringi alat musik, maka suara vokal kita tentu harus sesuai dengan bunyi musik pengiringnya.

  1. Melatih pernapasan

Alat utama untuk kita bernyanyi adalah mulut kita. Untuk mengeluarkan suara, tidak hanya mulut yang bekerja, namun juga sangat erat dengan pernapasan kita beserta alat-alat penunjangnya.

Teknik pernapasan yang digunakan ketika kita berbicara tidak sama dengan teknik pernapasan untuk bernyanyi. Ketika kita berbicara, pernapasan kita adalah pernapasan dada, sedangkan untuk bernyanyi kita lebih dianjurkan menggunakan pernapasan perut atau pernapasan diafragma. Tips mudah saat belajar vokal pada mulanya adalah melatih pernapasan diafragma.

Pernapasan diafragma sendiri adalah pernafasan yang melibatkan diafragma, yaitu otot yang menghubungkan toraks ke perut dan melekat di tulang dada, tulang rusuk, serta lumba. Pernapasan jenis ini dapat menyimpan udara lebih banyak dan tidak terlalu terasa melelahkan pada saat mengeluarkan vokal yang panjang dan terus menerus. Salah satu teknik untuk menguasai pernapasan diafragma adalah dengan melakukan yoga.

  1. Melakukan pemanasan bagian-bagian tubuh sebelum bernyanyi

Untuk mendapatkan suara yang bagus dan konsisten tentu tidak mudah. Bagi yang tidak terbiasa, mungkin akan terasa sangat melelahkan walaupun baru sebentar melakukannya. Untuk itu, salah satu tips mudah saat belajar vokal agar tidak cepat lelah adalah dengan melakukan pemanasan pada tubuh kita.

Kondisi tubuh yang ideal untuk bernyanyi adalah tubuh yang tenang, rileks dan tidak kaku, serta tentunya adalah stamina yang terjaga. Maka dari itu, biasanya penyanyi profesional sekalipun selalu melakukan pemanasan sebelum naik ke panggung.

Misalnya mulai dengan senam mulut, yaitu menggerak-gerakkan mulut hingga batas maksimal secara berulang-ulang. Kemudian meregangkan bagian perut, dada, dan punggung karena bagian-bagian tubuh tersebut sangat berpengaruh terhadap pernapasan. Lalu jangan lupa untuk meregangkan seluruh otot di tubuh untuk mencapai kondisi yang rileks dan tidak kaku.

  1. Melakukan pemanasan suara

Tips mudah saat belajar vokal selanjutnya adalah melakukan pemanasan suara sebelum bernyanyi. Selain tubuh, suara seorang penyanyi juga harus dipersiapkan dengan baik. Caranya adalah dengan mengeluarkan vokal dari nada terendah sampai nada tertinggi dalam sekali nafas.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.