Tips Pemanasan Suara Sebelum Bernyanyi

KelasMusik.Com – Bukan hanya aktivitas fisik atau olahraga saja yang membutuhkan pemanasan, menyanyi juga membutuhkannya agar suara yang dihasilkan terdengar merdu. Langkah ini sekaligus bertujuan untuk menjaga pita suara saat bernyanyi. Agar suara yang keluar dapat dimaksimalkan, sangat penting bagi Anda untuk melakukan pemanasan jika ingin tampil all-out.

Teknik pemanasan suara sebelum bernyanyi memiliki cara yang berbeda. Berikut langkah-langkah pemanasan suara untuk bernyanyi yang dapat Anda terapkan sebelum tampil.

  1. Minum air hangat secukupnya

Cara melakukan pemanasan suara sebelum bernyanyi dimulai dengan meminum air hangat secukupnya. Air hangat sangat penting untuk memastikan pita suara agar senantiasa terhidrasi.

Dengan kondisi semacam ini, pita suara dapat berfungsi dengan baik ketika Anda bernyanyi sekencang atau selama apapun, sebab terhidrasinya pita suara akan membuatnya jadi basah dan mampu menjaga getaran suara agar tidak mengering di saat bernyanyi.

  1. Latihan bernapas panjang

Latihan napas adalah bagian dari cara pemanasan suara sebelum bernyanyi yang harus dilakukan agar suara Anda mampu membuahkan hasil maksimal.

Cobalah untuk berlatih napas panjang. Agar lebih mudah, Anda dapat melakukannya di dalam air. Dengan catatan, air yang digunakan tidak melebihi dada Anda. Melalui latihan ini, Anda akan mengurangi massa tekanan suara sehingga napasnya dapat dikontrol dengan mudah ketika bernyanyi.

  1. Lakukan teknik hamming

Langkah pertama untuk melakukan pemanasan suara  sebelum bernyanyi adalah hamming, atau lebih tepatnya bergumam. Hamming adalah proses mendengungkan suara dengan keadaan mulut tertutup. Keluarkan suara dengungan mengikuti tangga nada dari rendah ke tinggi.

Ingat, langkah ini bukan latihan melainkan pemanasan. Jadi bila Anda tidak mampu mendengungkan nada tinggi, maka jangan dipaksakan. Lakukan teknik hamming ini dengan santai dan rileks.

  1. Melatih kemampuan suara
  • Belajar melafalkan huruf vokal

Untuk memperlancar ketika bernyanyi, lakukanlah latihan huruf vokal secara intensif. Caranya dengan membuka lebar mulut Anda lalu ucapkan huruf vokal A – I – U – E -O. Lakukan cara ini berulangkali sampai mulut Anda terasa lelah.

Berlatih huruf vokal dapat membuat Anda lebih tampil percaya diri. Sebab latihan vokal ini mampu membuat mulut Anda jadi terasa ringan dan mudah untuk melafalkan nada-nada tertentu.

  • Belajar menggunakan teknik pernapasan diafragma

Teknik pernapasan diafragma bisa membuat suara Anda jauh lebih bagus saat bernyanyi. Sayangnya, teknik ini masih banyak yang balum terbiasa, sehingga untuk melakukannya terkesan sulit.

Pernapasan diafragma memungkinkan Anda dapat menyimpan udara lebih banyak di rongga perut. Dengan begitu, Anda dapat memaksimalkan kualitas suara ketika bernyanyi.

Teknik ini dapat dilakukan dengan cara menarik napas sedalam-dalamnya untuk menekan keluar (membesarkan) rongga perut sebisa mungkin guna mengisi oksigen dalam jumlah banyak.

Berikutnya hembuskan udara secara perlahan dan tarik napas kembali tanpa melibatkan otot-otot lain selain otot diafragma. Suara dikeluarkan bersamaan dengan hembusan udara dari paru-paru secara perlahan namun dengan tenaga yang kuat.

  1. Merelaksasi otot di area kepala

Tahap pemanasan terakhir tepat sebelum bernyanyi adalah dengan mengendurkan atau melemaskan semua otot di sekitar wajah. Ini bertujuan untuk membuat Anda jadi rileks dan membuang tekanan di saat bernyanyi.

Seperti halnya bernapas menggunakan diafragma. Anda hanya diperkenankan untuk menggunakan otot diafragma ketika ingin mengontrol oksigen dan suara tanpa melibatkan otot-otot lain.

Untuk mengendurkan otot-otot di kepala ini coba lakukan tarikan nafas menggunakan satu lubang hindung dan menghembusnya melalui lubang hidung yang satunya. Ulangi teknik ini dengan sebaliknya.

Demikian tips pemanasan suara yang dapat Anda praktikkan sebelum bernyanyi. Cara ini tidak hanya Anda lakukan ketika siap tampil, melainkan juga penting dijadikan sebagai rutinitas ketika latihan bernyanyi.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.