Tips Yang Kamu Harus Diketahui Sebelum Mempelajari Alat Musik Biola

KelasMusik.Com – Biola menjadi salah satu alat musik dawai yang banyak pengagumnya. Dari bentuknya yang indah dan kecil namun biola juga memiliki daya tarik bagi setiap pecinta alat musik dawai ini.

Keempat senar pada biola memiliki perbedaan dengan interval yang sempurna diantaranya G-D-A-E dan nada yang paling rendah adalah nada G. Diabad sebelumnya biola hanya memiliki tiga senar dan untuk bentuknya hampir sama dengan biola sekarang ini.

Untuk mempelajari dan menguasai suatu alat musik tentu tidak mudah yang diperlukan adalah ketekunan dan keinginan yang kuat untuk selalu mau belajar dan selalu belajar. Dan sebelum mempelajari untuk memainkan suatu alat musik terlebih dahulu mengenali bagian-bagian dan apa saja yang harus diketahui tentang alat musik tersebut. Tips yang harus diketahui untuk mempelajari alat musik biola:

  • Pegang biola dengan benar

Teknik paling dasar untuk mempelajari alat musik biola adalah bagaimana cara yang benar untuk memegang biola tersebut. Dalam posisi yang benar bukan hanya memegang saja melainkan bagaimana meletakkan biola diantara bahu dan dagu yang menggunakan shoulder rest pada bagian ekor biola.

Terlebih dahulu buat posisi nyaman untuk lebih mudah mempelajari cara bermain biola. Kemudian taruh biola diatas bahu dengan sedikit bahu dimajukan kedepan lalu jepit biola dengan bahu dengan menggunakan shoulder rest. Sedangkan telapak tangan dan ibu jari tangan kiri berada diantara pada posisi leher biola. Usahakan memegang biola dengan benar sehingga tidak mengganggu saat memainkan biola tersebut.

  • Cara memegang bow biola

Cara memegang bow biola menjadi hal paling penting saat mempelajari alat musik biola. Setelah menguasai bagaimana memegang biola dan cara memegang bow berarti sudah siap untuk memainkan biola tersebut.

Memegang bow harus dengan benar usahakan saat memegang bow tidak mengganggu untuk memainkan biola. Selanjutnya menggosokkan rosin pada hair bow supaya saat menggesekkan bow pada senar biola akan menghasilkan suara. Biola tidak akan menghasilkan suara bila hair bw tidak diberikan rosin sebelum memainkannya.

Dan yang harus diperhatikan saat menggosokkan rosin pada hair bow usahakan terlebih dahulu mengencangkan bow dengan cara memutar bagian bawah bow namun jangan terlalu kencang supaya hair bow tidah putus. Kemudian jangan terlalu bayak rosin digoskkan cukup 4 kali karena akan akan berpengaruh dengan suara biola.

  • Cara menggesek biola

Biola mempunyai beberapa nada dasar sama seperti halnya dengan alat musik lainnya gitar yang harus diketahui yaitu pada string senar 1: E, senar 2: A, senar :  D, dan senar 4: G.

Untuk hal ini harus bisa men-tuning biola dengan cara menggesek biola dengan bow sambil memutar pegs biola.

Kemudian selajutnya adalah  bagaimana cara menggesek biola. Menggesek biola bukan hanya sekedar menggesek bow pada senar biola namun hal yang perlu diperhatikan adalah ketepatan dan posisi bow.

Posisikan biola dan dan pegang bow dengan benar pergelangan tangan harus santai. Bow harus selalu dalam posisi lurus saat menggesek biola dengan posisi bow dan biola berbentuk (+) saat menggesek bow pada biola.

Demikian tips dasar untuk mempelajari alat musik biola bagi yang belum mengetahui tentang alat musik biola. Semoga dapat bermanfaat bagi yang ingin belajar biola dan dapat mempermudah pengalaman belajar musik kedepannya.

BACA JUGA :

4 Cara Stem / Tuning Biola

Cara Mudah Belajar Memainkan Biola

Hal yang Perlu Diperhatikkan di Latihan Bow Dasar Biola

3 Cara Mudah Melihat Perbedaan Biola Murah dan Mahal

Lakukan 5 Tips Ini, Agar Biola Kamu Tetap Terawat dengan Baik

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.