5 Jenis Musik Menghilangkan Stress

KelasMusik.Com -Musik memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat dari mendengarkan musik adalah menghilangkan stress. Stress tentunya merupakan suatu keadaan yang tidak bisa manusia hindari. Jika anda mengalami stress, berikut 5 jenis Musik Menghilangkan Stress.

Musik Klasik

Musik klasik adalah salah satu musik menghilangkan stress.  Musik klasik memang sudah terkenal untuk menyegarkan pikiran. Tentunya anda sudah tidak asing dengan musik klasik, ‘kan? Musik klasik adalah jenis musik yang sering melibatkan orchestra besar dan umumnya tanpa ada iringan vocal. Nah, musik klasik ternyata memiliki manfaat untuk menenangkan tubuh dan merangsang pikiran. Maka tak heran musik yang satu ini memang dapat menghilangkan stress. Di samping itu mendengarkan musik klasik juga memiliki efek yang sangat menenangkan bagi detak jantung.  Selain untuk meredam stress, musik klasik juga dapat mencedaskan, loh! Jadi, jika anda sedang belajar tidak ada salahnya sambil mendengarkan musik klasik karena musik klasik akan merangsang otak anda untuk berpikir lebih cepat dan jernih.

Musik Jazz

Musik jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 oleh orang-orang Amerika keturunan Afrika. Aliran musik yang satu ini pertama kali berkembang di New Orleans, AS. Musik jazz marupakan pembaharuan berbagai jenis musik seperti blues, ragtime, brass-band, musik tradisional Eropa dan irama asli Afrika. Instrumen utama pada musik jazz adalah gitar, trombone, piano, trompet, dan saksofon. Musik jazz memang terdengan sangat ringan serta menenangkan. Oleh sebab itu jika anda ingin menghilangkan stress dengan musik, anda dapat mendengarkan musik jazz. 

Musik India Klasik

Jenis Musik menghilangkan stress selanjutnya adalah musik india klasik. Musik india klasik ternyata didasarkan pada raga atau mode melodi dan taal atau siklus berirama tertentu. Raga pada musik india klasik dapat mengaktifkan semua chakra atau suasana hati dan pusat energi dari tubuh. Biasanya musik india klasik ini digunakan dalam yoga dan meditasi. Selain itu musik india klasik juga sering kali digunakan untuk pengobatan insomnia, migrain, sakit kepala, hipertensi, depresi, dan lainnya. Mendengarkan musik india klasik juga terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur pada orang  yang sedang mengalami depresi. Nah, jika anda ingin menenangkan hati dan pikiran maka tidak ada salahnya untuk mendengarkan musik india kalsik sambil bermeditasi.

Musik dengan unsur alam

Musik dengan unsur alam juga sangat ampuh untuk menghilangkan stress. Musik dengan unsur alam ini umumnya memiliki aliran musik seperti musik india klasik atau musik oriental. Suara alam juga dapat meredakan stress, loh! Suara alam yang sering kali disertakan dalam musik tersebut adalah suara ombak, suara air mengalir, dan suara angin. Musik dengan sentuhan suara alam tersebut tentunya akan membuat anda seperti sedang berada di pantai atau pegunungan sehingga anda pun akan merasakan tenang dan lebih relax.

Musik relaksasi

Mungkin sebagian dari anda ada yang baru mendengar tentang musik relaksasi. Musik relaksasi memiliki fungsi untuk menstimulasi otak anda agar masuk pada frekuensi Alpha. Nah, perlu anda ketahui bahwa salah satu kinerja otak dalam mengatasi masalah stress adalah dengan mengkondisikan otak untuk memproduksi gelombang alpha sehingga anda mampu mengatasi tekanan yang anda terima. Oleh sebab itu musik relaksasi sangat membantu untuk memproduksi gelombang alpha pada otak anda. Anda dapat mendengarkan musik relaksasi menjelang tidur atau pada pagi hari sebelum beraktivitas.

Begitulah 5 jenis Musik Menghilangkan Stress. Selain menggunakan musik tentunya anda juga harus memperkuat ibadah agar mendapatkan rasa tenang.

 

Kata kunci pencarian:

musik penghilang stress, lagu untukmenghilangkan stress, musik membuat tidak stres, genre lagu untuk menenangkan otak, lagu yg dapet menghilangkan stres, les musik untuk penghilang stres, melodi untuk menghilang kan stre, mendengarkan musik dapat menghilangkan stres, musik hilangkan stress, musik klasik penghilang, 
Share this article!

Comments

  1. ijin share / copas artikelnya ya Kang…

Speak Your Mind

*