5 Pemain Piano Klasik Terbaik Dunia yang Terkenal Sepanjang Sejarah

KelasMusik.Com - Menjadi seorang pemain piano klasik terbaik dunia tentu menjadi impian semua pianis. Sejak pertama kali alat musik piano ditemukan, yakni sekitar 500 tahun lalu, hingga saat ini sudah banyak sekali pianis handal yang dapat memainkan tuts piano dengan irama dan nada yang khas. Beberapa pianis yang akan diulas pada kesempatan kali ini adalah mereka yang berhasil mengembangkan bakat sehingga namanya terkenal bahkan tercatat di dunia musik sebagai seorang pianis terbaik sepanjang masa. Siapa sajakah mereka?

Franz Liszt

Tak hanya terkenal sebagai seorang pianis saja, Franz Liszt juga terkenal sebagai komposer serta guru musik terbaik di abad ke 19. Karya-karya Liszt di dunia musik sangat banyak hingga membuat namanya kian besar. Setidaknya terdapat sekitar 700 komposisi musik yang ia ciptakan. Tak hanya itu saja, Liszt juga memperkenalkan sebuah bentuk musik baru pada era Romantisisme. Tak heran apabila ia menjadi salah satu pianis terbesar sepanjang sejarah hingga saat ini.

Wolfgang Amadeus Mozart

Siapa yang tak pernah mendengar nama Mozart? Ya, pria yang memiliki nama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozard ini adalah seorang komponis sekaligus pemain piano klasik terbaik dunia. Ia merupakan salah satu komponis di zaman klasik Eropa yang namanya paling terkenal sepanjang sejarah.

Adapun karya-karya Mozart tak kurang dari 700 lagu, termasuk gubahannya yang telah diakui sebagai puncak musik simfoni, piano, opera, dan paduan suara. Apabila Anda suka mendengarkan lagu-lagu klasik, pasti sangat familiar dengan karya Mozart seperti Die Zauberflote dan opera Don Giovanni.

Mozart juga dikenal sebagai pianis paling genius karena telah mulai bermain piano saat berusia 3 tahun dan lihat menguasai alat musik ini pada usia 5 tahun. Bahkan dalam usia yang sangat muda, Mozart telah mengadakan sebuah konser dengan karya-karya yang dibuatnya.

Arturo Beneditti Michelangeli

Pria yang lahir di Brescia, Italia, ini merupakan salah satu pianis terbaik sepanjang abad ke 20. Arturo mulai menyukai musik dan belajar berbagai alat musik sejak berusia 3 tahun. Pada mulanya, alat musik yang dicintainya adalah biola hingga akhirnya ia tertarik memainkan piano karena menganggap bahwa piano dapat mengeluarkan nada-nada yang sangat emosional.

Pada usia 10 tahun, ia telah masuk ke Konservatorium Milan. 8 tahun setelahnya, Arturo Beneditti Michelangeli memulai karir internasionalnya dengan mengikuti ajang Internasional Ysaye di Belgia. Pada saat itu, ia mendapatkan posisi ke tujuh di antara pemusik hebat lainnya. Setahun kemudian, saat usianya menginjak 19 tahun, ia mendapatkan juara pertama di kompetisi musik internasional yang digelar di Jenewa. Dari sinilah kemudian namanya mulai dikenal dan menjadi salah satu pianis klasik terbaik.

Alfred Denis Cortot

Selain Arturo Benedetti Michelangeli, gelar sebagai pemain piano klasik terbaik dunia di abad ke 20 juga dipegang oleh Alfred Denis Cortot. Pria yang lahir di Nyon, Vaud, ini mulai dikenal sebagai seorang pianis handal karena rekaman permainan pianonya yang sangat menakjubkan dengan berbagai variasi dari komposer terkenal dunia seperti Liszt, Chopin, Brahms, dan lain sebagainya.

Salah satu ciri unik yang dimiliki oleh Alfred kala ia bermain piano klasik adalah variasi-variasi yang ia ciptakan sendiri yang menghasilkan nada unik dan istimewa. Dari sinilah kemudian namanya dikenal oleh dunia sebagai pemain piano klasik berbakat.

Walter Wilhelm Gieseking

Ia lahir di Lyon, Prancis, dalam sebuah keluarga dokter. Pertama kali Gieseking memainkan piano adalah saat ia berusia 4 tahun secara otodidak. Pada tahun 1911 hingga tahun 1916, ia memutuskan untuk belajar di Hanover Conservatory. Dari sinilah kemudian bakat musiknya semakin muncul.

Adapun penampilan pertama Gieseking kala bermain piano adalah pada tahun 1915. Penampilannya kala itu berhasil menghipnotis para penonton karena nada-nada piano yang ia ciptakan sangat merdu dan emosional. Kabarnya, Walter Wilhelm Gieseking tak pernah berlatih bermain piano. Ia hanya menghabiskan waktu untuk duduk dalam diam sembari memutar lagu di pikirannya. Namun semua hasil karya yang dihasilkan secara otodidak tersebut sangat fenomenal hingga saat ini.

Itu dia beberapa daftar pemain piano klasik terbaik dunia yang karyanya sangat terkenal dan berharga hingga saat ini.

 

Kata kunci pencarian:

pianis sekaligus komposer piano dunia, pianis terkenal 2017, 
Share this article!

Speak Your Mind

*